MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Scorpio Scrambler - Still Dual Sport

FEB 27, 2018@14:00 WIB | 3,566 Views

Yamaha Scorpio 225 cc mungkin sudah lewat masanya, bila  hanya mempertahankan body pabrikannya. Namun bagi Black Pals yang menginginkan penampilan lebih, pastinya akan melirik ranah modifikasi dengan style yang mereka sukai. Nah, kali ini kita akan membahas modifikasi motor basic mesin Scorpio menjadi gaya Scrambler.

Bengkel Modifikasi Street Art Custom yang berada di bilangan Depok bisa menjadi rujukan Anda. Banyak pilihan gaya modifikasi, namun kali ini gaya Scrambler era 60-an masih mewarnai trend modifikasi di tanah air.  Namun ada yang bergeser di era sekarang, dimana motor Scrambler tidak lagi digunakan khusus untuk membabat jalanan berlumpur atau  off-road, namun juga digunakan untuk jalanan beraspal, bahkan sebagai motor harian dengan mempertahankan gaya vintage awal mula abad 20-an. Itu yang menjadi aliran scrambler biasa disebut a dual sport.

Bersama Bro Robbi dari Street Arts Custom, tim Blackxperience membahas modifikasi secara detail.  Dari basic rangka Scorpio lebih mudah untuk dimodifikasi, artinya  menurut Bro Robbi cukup mempertahankan rangka mesin, dan memotong bagian buritan sesuai dengan kebutuhan, untuk single seat atau untuk double seat.

Dengan menambahkan tangki, accu cover, sparkbor depan dan belakang serta kaki-kaki yang mendukung endurance di tipikal jalanan yang variatif. “Bagian kaki-kaki kami rubah dari pola monoshock ke dual shock untuk meredam getaran yang lebih berat saat di jalanan rusak atau berlumpur. Sedangkan shock depan menggunakan pola upside down aftermarket. Karena custom bukan sekedar gaya, unique, namun tetap mempertahankan aturan dan fungsionalnya,” jelas Bro Robbi.

Setelah penggunaan suspensi yang kuat, dipadukan dengan velg jari-jari 17  merek Rossi di bagian depan 17/300  dan bagian belakang 17/350. Dibalut ban depan Shinko type big block 130/80 dan belakang Shinko 150/70. Secara keseluruhan look, desain rangka tetap mempertahankan ground clearance yang tinggi, tanpa harus merubah style exhaust  gaya old scrambler yang menjulur ke samping kanan atau kiri. Tujuannya Robbi tidak ingin mempersulit posisi kaki rider saat riding dari pada mengadopsi gaya scrambler luar negeri yang kurang menguntungkan.

Guna mendukung riding position, stang fatbar dan raiser bermerek Moto GP, secara purpose memang dibutuhkan stang yang kuat untuk mengimbangi kinerja suspesi upside down.  Front lamp menggunakan aftermarket, handle brake custom, tachometer aftermarket, stop lamp, sein dan spion aftermarket.

Nah, untuk masalah coloring, Robbi mencoba  memadukan warna hitam metalik, merah maron dan stip gray.  Jok dengan warna coklat dan suspense depan warna gold dirasa cukup selaras dan jauh dari kesan pabrikan. Dipadukan dengan exhaust custom, dan exhaust wrap menambahkan kesan scrambler yang kental.

So Black Pals, bagaimana tampilan Scorpio Scrambler karya Custom Art kali ini, cukup menarik bukan?. Yang paling penting dalam modifikasi menurut Robbi, adalah bagaimana owener  mampu memilih konsep yang tepat untuk aliran scrambler. Tema scrambler memiliki pakem antara lain pasti naked, menggunakan mesin single atau double cylinder, pipa knalpot dengan ground clearance tinggi, ban dual purpose atau big block, dual shoch rear, short seat, tangki lebih kecil, lampu kecil dan mini gauges.  Jadi itulah pakem aliran scrambler. Nah  Black Pals, simak terus perkembangan modifikasi hanya di Blackxperience.com. [Ahs/timBX]

Spesifikasi

Mesin                   : Yamaha Scropio

Konsep                 : Scrambler

Tangki dan tutup  : Custom

Suspensi              : Rear Aftersales, Front Upside Down

Jok                       : Custom

Light                     : Aftermarket

Fender                 : Custom

Side Cover          : Custom

Velg                    : Rossi

Ban                    : Shinko Big Block

Exhaust             : Custom

Tachometer       : Aftermarket

Tags :

#
auto mods,
#
scorpio,
#
yamaha,
#
scrambler,
#
modifikasi,
#
street art custom