MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Scorpio : The Mother Scrambler

MAY 26, 2017@17:34 WIB | 2,884 Views

Modifikasi dengan menggunakan gaya scrambler tidak akan pernah ada habisnya. Gaya modifikasi ini terbilang minimalis namun tidak mengenal batasan, karena semua bergantung kepada sang modifikator dan juga pemilik.

Sang pemilik menyerahkan konsep modifikasi ke Street Arts Custom. Untuk basisnya, Yamaha Scorpio 2011 menjadi pilihannya. Karena Scorpio memiliki tampilan dimensi mesin yang cukup besar.

Untuk membuat wajahnya semakin kekar, Arie dari Street Arts Custom menyematkan suspensi depan dari saudara Scorpio, yaitu Byson. Namun tidak serta merta disematkan begitu saja, karena segitiga bawaan Scorpio dirombak agar lebih lebar hingga 3 cm.

Rangka bagian belakang nyaris tidak bersisa, semuanya digantikan dengan rangka custom buatan sendiri, termasuk swing arm. Rangka bagian belakang terbuat dari bahan plat dengan ketebalan 6 mm.

Monoshock bawaan digantian dengan kepunyaan Jupiter MX yang diletakkan di samping, Arie mengakui penempatan ini terinspirasi dari Yamaha R6. Velg mengadopsi rossi ring 18, bagian depan dibalut dengan ban Shinko Big Block 120/ 80 18  pada bagian depan, dan Shinko 140/70 18 di bagian belakang.

Untuk memaksimalkan pengendalian, sistem pengereman depan maupun belakang sudah menggunakan sistem cakram. Gear belakang dirubah menjadi ukuran 46 dari 44. “Perubahan ini diperlukan untuk menyesuaikan tapak belakang yang semakin lebar, karena mesin tetap dalam keadaan standar,” ungkap Arie.

Tangki menggunakan tangki custom handmade dengan ketebalan 1 mm. Logo autobot memang sengaja dipilih atas permintaan konsumen. Nada airbrush serupa dapat ditemukan pada fender depan custom. Foot step juga dibuat custom untuk menyesuaikan dengan postur pengendara.

Setiap modifikasi karya Street Arts Custom selalu mengindahkan peraturan dan keselamatan berkendara. Pada bagian buritan, meskipun tidak terlihat, Arie menyematkan lampu belakang, lampu rem, dan lampu sein. Sedangkan pada bagian depan menggunakan lampu after market. Lampu sein custom dipasang pada stanchion dan juga di ujung handle bar. Dan speedometer menggunakan aftermarket dari Gorilla. [aag/timBX]

Modifikasi: Yamaha Scorpio 2011 Mother Scrambler
Lampu depan: Aftermarket
Sein depan: Custom
Lampu belakang & sein: Aftermarket
Knalpot: Stainless Steel Custom
Ban depan: Shinko Big Block 120/ 80 18 dengan velg Rossi 18

Ban belakang: Shinko Big Block 140/ 70 18  dengan velg Rossi 18
Panel bodi: Custom
Speedometer: Gorilla
Handgrip: Gorilla
Jok: Custom

Setang : Fatbar

Tags :

#
modifikasi,
#
scrambler,
#
yamaha,
#
scorpio,
#
bxrides