MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Ninja ZX-7: Racing Look yang Modern

JAN 23, 2018@15:35 WIB | 2,788 Views

Terkadang memiliki motor lawas itu suatu kebanggan tersendiri, BlackPlas. Tapi tidak semua orang menyukai motor lawas dengan keasliannya, mungkin karena perkembangan dunia otomotif yang terus berkembang.

Salah satunya Kawasaki Ninja ZX-7R yang baru saja diselesaikan oleh rumah modifikasi Dj Custom. Motor Gede (Moge) yang identik dengan warna hijau itu tidak ada lagi terlihat kotak-kotak. Kini motor tersebut lebih modern dengan sentuhan modifikasi yang apik oleh sang tuner, Dedi.

“Kawasaki Ninja ZX-7R ini kan tahun 90an jadi bodinya terlihat old atau kotak kotak. Tapi sang pemiliik lebih suka lebih sporty, dinamis dan juga modern,” bilang dedi kepada tim BlackXperince.com

Tak pikir waktu lama, Dedi pemilik bengkel Dj Custom sekaligus modifikator langsung merancang motor lawas ini. Semua bodi motor langsung di ‘telanjangi’ mulai dari depan sampai belakang. Dedi, langsung membuat fairing bodi, buntut di rubah lebih modern.

Dengan mengusung konsep Moge Look motor Ninja ZR 7R ini tidak tidak lagi menjadi lawas, melainkan tampil modern dan berkat desain yang diusungnya. Desainya sendiri sang pemilik meminta kepada Dedi untuk memakai fairing BMW 1000 yang diaplikasikan ke Kawasaki ZX ini. Karena dengan fairing BMW ini Ninja ZX ini terlihat lebih modern dan keran.

“Fairing BMW 1000 ini original tapi fairing ini versi balap. Memang kalau BMW 1000 itu tidak memiliki lampu depan. Lagi pula motor ini juga bukan motor daily use. Ini juga motor buat display di took pemiliknya,” tegas Dedi.

Untuk fairingnya sendiri kata Dedi, di impor langsung dari USA. Tapi kalau dipasang di Ninja ini sangat cocok dari segi desain, dimensi dan juga ukuran terlihat lebih prposional. Untuk pemasanganya Dedi mengatakan memang hanya perubahan pada bagian dasbord, bagian bawah.

“Saya harus membuat dudukan lagi bagian bawah, tengah dan juga dibagian speedometer untuk fairing. Kemudian kita juga membuat tambahan airscoops biar lebih aerodinamis,” ujar Dedi. Pindah bagian belakang tak ada lagi bodi kotak yang menmpel pada motor Kawasaki ini, Dedi langsung membuat lebih modern. Body custom hasil tangan dinginya dibuat agak runcing dan lebih kecil agar bisa menyesuaikan bentuk bodi depan.

Kemudian Dedi harus ‘mensunat’ kerangka yang lama dan kemudian dirubah dengan yang baru. “Soalnya kalau rangka yang sekarang kan bisa odd an atau bisa bongkar pasang. Nah rangka motor tua itu tidak bisa jadinya mau tidak mau kita potong,” imbuhnya.

Desainnya sendiri memakai desain CB 100 dan diaplikan dengan dj custom akhirnya  jadi. “kita memakai bodi cb 100 itu cocok karena kecil dan pas banget sama motornya,” katanya lagi.

Untuk tangkinya sendiri Dedi menganti dengan yang baru, karena tangki aslinya tidak selaras dengan body dan juga fairing. “Tangki aslinya kecil mas jadi tidak serasi kalau pakai itu. Lagi pula tangki aslinya kan terbuat dari bahan plat. Kini sekarang pake plat.,” katanya.

Menariknya Dedi mendapatkan tantangan tersendiri, tangki tersebut harus memiliki aquarium atau tranparan agar bensijn terlihat. “Alasanya agar sang pemiliki dapat melihat bensi ketika habis atau tidak. Dan tangki ini sudah diujii,” imbuh Dedi.

Untuk penunjang lainnya Dedi hanya mengantikan dengan part aftermarket seperti Foot step pakai b-pro. Kemudian kaki kaki masih dipertahankan karena kata Dedi masih support dengan ukurannya yang besar. [ddy/timBX]

Spesifikasi:

Motor: Kawasaki Ninja ZX-7R

Bodi: Fairing BMW 1000 Original, tangki custom, buntut belakang custom,

Lampu: DRL aftermarket

Kaki kaki: Suspensi depan, arm belakang masih menggunakan aslinya

Footstep B-Pro,

Tags :

#
modifikasi ninja zx-7,
#
modifikasi ninja,
#
modifikasi ninja zx,
#
modifikasi,
#
automods