MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Interior All New Toyota Rush

FEB 13, 2019@12:00 WIB | 1,593 Views

Bikin Mewah Jok All New Toyota Rush Dengan Bahan Microfiber

Memiliki All New Toyota Rush, bagi sebagian pemiliknya tentu menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Dan yang pasti banyak juga yang tak ingin mobil barunya tersebut sama dengan milik orang lain.

Langkah awal adalah melakukan modifikasi ringan, selain mengganti pelek mobil, hal yang paling sering dilakukan oleh pemiliknya adalah mengganti pelapis jok. Oleh sebab itu, banyak dari mereka yang memilih untuk mengganti pelapis jok mobilnya. Karena selain mudah, biayanya pun tergolong masih terjangkau. Juga dari sisi kenyamanan dan penampilan terlihat lebih bagus.

Pelapis jok kulit tak hanya mampu meningkatkan penampilan interior kendaraan, namun juga memberikan perlindungan terhadap busa jok dari kotoran. Saat ini berbagai inovasi di bidang interior mobil terus muncul termasuk aplikasi kulit yang cocok untuk digunakan hingga membuat kendaraan semakin nyaman, indah dan trendy. Salah satunya seperti yang dilakukan Hardianto, punggawa dari Classic Car Interior dengan memberikan sentuhan pada jenis kulit microfiber.



Modifikator interior yang berpengalaman lebih dari 10 tahun di bidang jok ini, mengaku sedang kebanjiran order jok All New Toyota Rush.  Lewat sentuhan baru ini, mobil All New Toyota Rush yang menyasar pasar keluarga tampil lebih stylish dan eye catching dengan padu-padan warna yang elegan.

Material Microfiber ini merupakan bahan sintetis yang memiliki kemiripan struktur dengan kulit asli. Meski memiliki kemiripan, microfiber memiliki kekuatan lebih baik dari kulit dan tidak berbau. Menurut Hardianto, salah satu kelemahan jok mobil All New Toyota Rush adalah kondisi jok yang mudah kotor dan berdebu.

“Ya, kami ubah kulit joknya dengan microfiber yang memiliki beragam keunggulan, di antaranya tahan terhadap debu, mudah dibersihkan, dan lebih tahan lama,” tuturnya. Menariknya, pelapis jenis ini tak membutuhkan perawatan khusus seperti kulit.

Soalnya struktur lembut microfiber memberikan penggunanya kemudahan membersihkan kotoran. Selain itu, formula microfiber mampu melindungi warna dari risiko pudar. "Kelebihan lainnya, microfiber ini memiliki pori. Sehingga tidak panas jika diduduki, apalagi berlama-lama," bilang modifikator berusia 27 tahun ini.

Pengusaha interior mobil yang yang bermarkas di kawasan Pekayon, Bekasi, Jawa Barat ini juga mengatakan, memodifikasi pelapis jok ada tantangannya. Apalagi sekarang All New Toyota Rush memiliki fungsi keselamatan pada jok seperti airbag samping. “Seringkali modifikasi jok seperti mengubah pelapis membuatnya tidak berfungsi,” ujar Hardy panggilan akrabnya.

Para modifikator kerap mematenkan jahitan jok kendaraan saat mengganti jok. Padahal harus ada titik lemah agar airbag dapat mengembang saat ada tabrakan dari samping. Ubahan yang tidak cermat ini jelas merugikan pengguna terutama di saat darurat.

Meski jok terlihat mudah dimodifikasi namun saat dilakukan kurang cermat dapat menjadi masalah. Hal seperti ini dapat mengakibatkan garansi bawaan kendaraan dari pabrikan gugur terutama saat klaim kerusakan.

All New Toyota Rush juga memiliki airbag penumpang biasanya menggunakan sensor berat di bawah jok. Dengan begitu komputer dapat mengetahui saat ada yang menduduki bangku penumpang depan dan mengembangkan airbag penumpang saat kecelakaan.

Karenanya, saat melepas jok dari dudukannya, Hardy memastikan soket sensor dilepas dengan baik. Pemasangannya tidak bisa sembarangan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

"Pada segi pemotongan bahan harus sesuai dengan ukuran jok asli, serta tarikan jahitan double stitch harus rapi dan lurus, tidak berantakan dan miring," jelasnya. Hardy menambahkan, pada saat pemasangan, bahan yang akan dibuat harus sesuai dengan pola dari bentuk jok kulit untuk menghindari bahan tertarik di satu sisi atau terlalu mengkerut.

Kemudian yang sering menjadi masalah adalah apabila jok mobil memiliki fitur airbag samping (side airbag) seperti All New Toyota Rush. Pemasangan yang sembarangan akan mengganggu fungsi dari airbag serta merusak sistem elektrikal jok yang nantinya malah menjadi bahaya bagi pemilik mobil.

"Untuk jok dengan airbag tidak boleh tertutup seluruhnya dengan bahan kulit, harus ada pola jahitan yang membuat celah atau akses pada dop knock cover airbag ketika terjadi insiden tetap bisa mengembang tanpa terhalang," ujar Hardy.

Soal kualitas, lebih lanjut dia menegaskan tidak pernah main-main.  Sebab, Classic Car Interior telah terdaftar sebagai member Indonesia Authorized Trimmer Summit (IATS), sebuah asosiasi resmi para pelaku di industri interior mobil khususnya jok yang bersertifikat standar internasional.

“Makanya selain kerapian dan ketepatan waktu dalam pengerjaan, Classic juga terus melakukan inovasi, salah satunya dalam hal desain dan motif yang terus mengikuti selera jaman,” jelas Hardy.

Tak heran selama ini pihaknya juga selalu mengutamakan material terbaik dalam setiap karyanya. Untuk itulah, Hardy banyak memakai material impor dari berbagai negara di dunia seperti Jerman, Italia, Austria, dan Thailand. Ini penting karena terkait dengan kenyamanan, keamanan, dan kemewahan. Sebab, ketiga hal tersebut menjadi dasar terpenting dalam berkendara. [bil/timBX]

Modifikator:

Classic Car Interior

Jl. Raya Pekayon No.26, Bekasi, Jawa Barat

Telp: 08122020665

Tags :

#
modifikasi,
#
jok kulit,
#
microfiber,
#
toyota,
#
all new toyota rush,
#
classic car interior,
#
indonesia authorized trimmer summit,
#
iats,
#
airbag,
#
side airbag,
#
auto jurnal