MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Honda CRZ 2010: More Than Street Racing

MAY 22, 2018@11:58 WIB | 1,907 Views

Untuk diketahui, aliran modifikasi Super Street belum banyak diminati di tanah air. Pecinta modifikasi mobil lebih sering mengusung aliran street racing. Nah, kali ini tim Blackxperience dengan akan menyajikan modifikasi Honda CRZ lansiran 2010 dengan style mobil balap, yang sering kita lihat sedang beradu di lintasan sirkuit. Gaya Super Street benar-benar mengusung gaya balap seperti mobil balap yang bertarung di World Endurance Championship (WEC). 
 
AlBara Titan, sebagai owner Honda CRZ 2010 ini telah memodifikasi bentuk mobilnya ke berbagai gaya. Awalnya Bara memulai modifikasinya dengan gaya Rocket Bunny. Kemudian ditahun  2017, dirinya tertarik dengan gaya Super Street, dan mempercayakan pengerjaannya pada H20 Bodywork Bandung. 

Secara tampilan luarnya sudah seperti mobil balap. Dengan menggunakan bodykit yang terbuat dari plat,  fiber dan beberapa diantaranya berbahan karbon. Modifikasi bodykit tersebut meliputi front bumper, rear bumper, sideskirt, front wide body, rear wide body, carbon engine hood, dan carbon GT wing. 

Mengusung warna Black Purple Passion, rupanya AlBara  harus merelakan  mobilnya mengusung warna dasar hitam dan ungu, karena modifikasi audionya telah menggunakan part audio dari brand venom. Kebutuhannya bagaimana CRZ ini menjadi demo car saat pameran IIMS 2018 di booth Venom saat itu.

Mengimbangi kinerja powertrain yang masih standar, AlBara yang diwakili oleh Ronny dari Venom Indonesia menjelaskan spesifikasi  mobil bergaya super street ini. Modifikasi engine dengan menambahkan Tubro Kit intercooled dengan blow-off HKS dan managemen sistemnya Unichio Q4. Nah untuk mendukung kinerja mesin Honda 1,5 liter, SOHC 4 silinder segaris, pada bagian pembuangan digunakan racing full exhaust mulai dari downpipe hingga muffler. Kinerja mesin standar pabrik yang awalnya hanya menghasilkan daya 118 hp bertambah menjadi 191 hp, tenaganya jadi lebih melimpah.

Dengan daya yang melimpah, Ronny mengungkap sektor pengeremannya menggunakan AP Racing 6 pot 320 mm, dibagian belakang dan 4 pot 280 mm dibagian depan. Ekspektasinya agar sistem pengereman lebih pakem dan sejalan dengan dukungan aerodinamika dari bodywork.

Masuk ke ranah audio, Honda CR-Z lansiran 2010  milik kang Bara telah dimodifikasi cukup banyak dan mendukung bermain di sound quality loud (SQL). Ronny menjelaskan bahwa speaker depan menggunakan 1 set Black Series tipe VX 6D II. Kemudian dibagian belakang  dilengkapi 2 buah subwoofer Venom tipe VX1112. Tingkat detail musikal semakin mengalir jernih ketika didukung penggunaan 1 set horn tweeter Venom di bagian belakang.

Di bagian amplifier, didukung dengan Venom type Silver Series 2 piece, 4 channel dan sebuah amplifier monoblock VD2600. Penggunaan main aktif, diperjelas dengan instalasi prosesor Pandora VPR2 MK II yang mendistribusikan suara secara detail ke masing-masing bagian audio, dan  dua buah  speaker Venom fullrange  8 inci. Selain itu, sebuah TV LED LG 22 ini, Sony PS3 dan CDJ Pioneer untuk  melengkapi perangkat entertainment.

Bagian pintu depan telah mengadopsi gaya gullwing dengan teknik semi manual, sedangkan pintu bagai belakang telah didukung dengan motorized. Pada bagian interiornya, Ronny mengisahkan cerita AlBara, dengan mengkolaborasikan dua warna black dan beigge, untuk kabin dan memberikan kesan mewah. Dipadukan dengan jok racing Bride Cuga carbon, dengan warna yang sama memadukan warna dashboard. Beberapa aksesoris dipasang untuk mempertajam kesan mobil racing.

Nah bodywork yang sudah melar dari size aslinya, Albara memadukan kaki-kakinya menggunakan velg 18 inci Rota, dipadukan dengan balutan ban semi slick Nitto dengan lebar ban depan 245 dan ban belakang 285. Penggunaan satu set coilovers HotBits DT2 3 way system, memiliki 3 setingan, height, rebound dan compression.

Untuk menambah tampilan depan gaharnya, Honda CRZ beraliran Super Street ini dibantu dengan penggunaan lampu dari auto vision, penggunaan sunroof, antena hiu. Siapa yang tidak tergoda dengan penampilan CRZ 2010 dengan paduan warna purple black passion ini. 

Oke, Black Pals, mungkin Anda bertanya-tanya berapa banyak biaya yang dikeluarkan untuk modifikasi Honda CRZ 2010 ini? Ronny menjelaskan budget yang dikeluarkan dikisaran Rp300 jutaan untuk semua sektor, dari bodywork, kaki-kaki, audio dan entertainment.[Ahs/timBX]


 

Tags :

#
auto mods,
#
modifikasi,
#
honda crz 2010,
#
h20 bandung,
#
venom,
#
venom indonesia