MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Honda CBR250RR, Hulkbuster Extreme Decal

AUG 03, 2018@14:50 WIB | 3,815 Views

Mengenai dunia modifikasi motor, nyatanya sampai saat ini masih digandrungi oleh banyak orang. Trend yang terjadi pun tidak hanya membuat modifikasi motor terlihat begitu garang, namun bisa saja karakter yang ditimbulkan sesekali berkaitan dengan karakter yang sudah dikenal sebelumnya. Begitulah yang ada di dalam benak Irwanto darmawan, salah satu pecinta modifikasi di indonesia. Motornya yaitu, CBR 250RR diubahnya menjadi lebih berkarakter, layaknya bintang Marvel Cinematic Universe, yaitu sosok Hulkbuster.

Lelaki, 32 tahun ini awalnya sempat gandrung dengan kendaraan beroda empat klasik. “Saya dari SMA sangat suka dengan mobil klasik seperti Mercedes Benz W123 alias Mercy Tiger. Saya punya satu di rumah mobil itu, dan sudah kita rekondisi lagi seperti baru keluar dari showroom,” ujar Irwanto di awal pembicaraan.

Sejak mengenal mobil dari SMA, ia pun tidak menyukai dunia motor. Baginya, kendaraan roda empat itu memiliki keunikan tersendiri dari pada sepeda motor. Lalu setelah pabrikan sepeda motor Jepang, Astra Honda Motor mengeluarkan motor sport teranyar, CBR250RR, Irwanto perlahan-lahan “kepo” mengenai keunggulan dan spesialnya motor ini.

"Pas Honda ngeluarin CBR250RR, saya lihat motor ini beda dari yang seukurannya. Mulai dari bodynya yang oke, bentuknya juga lebih bagus. Karena saya penasaran, makanya saya beli," kata pria yang bekerja di pasar modal ini.

Selanjutnya, setelah membeli motor sport tersebut, Irwanto kemudian mencari-cari klub motor sesama pengguna CBR 250RR, dan dapatlah klub yang bernama ‘Tim Racun’. Di dalam klub itu menurutnya,  sering kali membahas mengenai modifikasi terbaik untuk CBR 250RR.

“Aku dapat klub namanya Tim Racun. Disitu kita sering sharing satu sama lain dalam club, kayak "meracuni" yang lain buat modifin motor. Trus kalau dipikir, kok jadi bagus begini ya? Makanya dari situ kita terinspirasi buat modifikasi ini motor,” kata pria yang berusia 32 tahun ini.

Sebagai modifikasi awal, Irwanto mengatakan bahwa ia datang ke Layz Motor dan mempercayakan seluruh hasil modifikasi ke bengkel modifikator yang berada di Jalan Arteri Kelapa Dua No. 90 Kebon Jeruk, Jakarta Barat. "Awalnya saya mengganti ban motor dengan Michelin biar lebih nge-grip di Layz Motor setelah itu saya modif-modif yang lain," kata Irwan.

Selain ban motor yang diganti dengan Ban Michelin Power RS ukuran 120/60 & 160/60, Irwanto kemudian mulai memodifikasi part yang lainnya. Tidak ada modifikasi potong-memotong untuk mengubah CBR 250RR ini, karena semua partnya adalah plug in. Ada pun part yang diganti selain ban yaitu velg yang memakai Velg Gold Marchesini Anodized 3,5 & 4,5, kemudian Muffler Akrapovic Full System.

Tidak sampai disitu saja, Irwanto meminta ke Layz Motor untuk menggantikan sistem pengereman dengan menggunakan part dari Brembo seperti Brembo Master Rem RCS 19, Selang Rem Hel, Kaliper Brembo P34 Grey untuk bagian depan, dan Kaliper Brembo Belakang P2 Grey untuk bagian belakang. Menarik bukan?

"Saya mengganti sektor pengereman agar sesuai dengan berat motor dan beban serta kondisi ban yang sudah di rubah,” kata Irwanto. Selain dari sektor kaki, CBR250RR ini juga dipermak di bagian shock, dengan menggantinya dengan Shock Ohlins. Kemudian untuk menambah keindahan, Layz Motor memasangkan beberapa part carbon seperti di bagian spakbor depan, cover arm, dan hugger. Agar juga empuk ketika diduduki, bengkel modifikasi ini mengganti bangkunya dengan Luimoto Seat Cover + Luimoto Gold Gel. Tak lupa pula, CBR250RR ini mengganti spion dengan Spion Ride Rich, dan handgrip dari Domino Handgrips.

BlackPals, berkaitan dengan hobi dan karakter yang diinginkan Irwanto, ia diarahkan untuk mengunjungi Graphic Factory, yang berada di Jl. Perjuangan no 25. Rcti Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Graphic Factory memang terbiasa menangani urusan decals baik motor maupun mobil.

Namun ternyata, indahnya decals alias stiker tak seindah prosesnya. Irwanto mengatakan butuh waktu yang sangat lama untuk menjadikan CBR250RR nya seperti yang dilihat sekarang. "Butuh waktu lama saya berdiskusi dengan Koh Wandy, pemilik Graphic Factory untuk mendeskripsikan konsep Hulkbuster seperti yang saya inginkan," ujar Irwanto.

Ia mengatakan tidak ingin decals yang terpasang di motornya memiliki banyak warna, sehingga terlalu mencolok dan terlihat norak. Ia juga mengatakan bahwa beberapa part dari motor yang sudah diganti seperti Velg Gold Marchesini Anodized, dan warna awal body motor yang merah sudah lumayan memperkuat karakter Hulkbuster. Pekerjaan decals ini pun dilakukan selama 2 Minggu penuh.

Selain memikirkan konsep decals agar tidak terlihat "norak", bagian tersulit lainnya adalah bagaimana memotong stiker dan menempelkan stiker tersebut agar lebih presisi dan sesuai konsep yang diidamkan. Pemotongan stiker pun harus perlahan dan mengikuti kontur body motor agar tidak terlewat maupun terlalu kecil atau pendek.  

"Proses pemasangan hampir tidak ada kendala dan sesuai dengan lay out design yang sudah direncanakan,” tambahnya.
Perawatan stiker alias decals ini tidak sembarangan lho BlackPals! Kamu yang ingin juga memakai decals pada motor juga harus mencuci sendiri dengan menggunakan sabun poles khusus stiker, dan dapat ditemukan ditempat stiker terpercaya.
Intinya, jika ingin motor kamu terlihat menawan dengan hiasan decals, kamu harus memikirkan konsep dengan baik, yang mendukung dengan motor kamu agar tidak kelihatan norak. Ditanya mengenai waktu pengerjaannya, Irwanto mengatakan butuh waktu hingga dua bulan lamanya untuk mengganti part dan juga pengerjaan konsep decals dengan konsep hulkbuster. Baginya, motor tersebut hanya digunakan untuk melepaskan keinginan hobi saja, seperti kopdar sabtu minggu dengan komunitasnya.

"Saya biasanya pakai motor ini pas sabtu-minggu saja, sama teman-teman komunitas. Lumayan buat hilangin stres. Biasanya juga jarang naik motor," kata Irwan. Biaya untuk mengerjakan modifikasi CBR250RR miliknya ini dikatakan cukup fantastis, bahkan ia mengatakan bahwa keseluruhan biaya ini seharga satu buah CBR250RR, bahkan lebih. Sebagai masukan, harga CBR250RR untuk OTR Jakarta berada di rentang Rp 63 jutaan hingga Rp 73 jutaan.

Setelah pengerjaan selama dua bulan, Ia mengaku sangat nyaman dengan hasil modifikasi barunya ini, terutama di sektor pengereman dan juga suspensi. "Setelah di modifikasi, jadi lebih puas naik motornya. Bisa membedakan CBR250RR saya dengan CBR punya teman-teman lain atau yang ketemu di jalan. Selain itu, kalau pengereman lebih baik, dan suspensi lebih empuk jika lewat jalan bergelombang," katanya.

Selain itu katanya, para anggota komunitas motornya mengapresiasi perubahan yang terjadi di motornya, terutama dari konsep decals yang dikerjakan. Dengan begitu, ia dan teman-temannya bisa dengan santai touring keliling Jakarta bersama.
Tak hanya itu, CBR250RR milik Irwanto ini juga telah menyabet juara 1 di kejuaraan Honda Modif Contest 2018, yang diadakan PT Astra-Honda Motor bulan lalu khususnya kelas decal.[prm/timBX]

CBR250RR Hulkbuster
- Knlpot akrapovic Full SYstem
- Velg Marchesini Gold anodised 3,5 & 4,5
- Brembo Master Rem RCS 19
- Kaliper Brembo P34 Grey
- Selang Rem Hel
- Kaliper Brembo Belakang P2 Grey
- CNC Racing Fluid tank Carbon Front & Rear
- Ban Michelin Power RS 120/60 & 160/60
- Shock depan dan belakang Ohlins
- Spion Ride Rich
- Lever Guard Lightech Italy
- Frame Sliders Agna
- R&G Exhaust Protector
- Agna Exhaust Protector
- R&G Tail tidy
- CNC Racing LED Indicator Lights
- Kabon Carbon Parts: Spakbor depan, Cover arm, Hugger, Deltootstep Cover
- Tank pad Tank Grip
- Domino Handgrips
- R&G Exhaust Hanger
- Luimoto Seat Cover + Luimoto Gold Gel

Tags :

#
honda cbr250rr,
#
modifikasi honda cbr250rr

RELATED ARTICLE