MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi BMW G310R: 2 Konsep Plug in Play

DEC 12, 2017@14:24 WIB | 1,951 Views

Motor yang diimpor lansung dari BMW Motorrad Indonesia 'BMW G310' membuat banyak masyarakat yang penasaran dengan kemampuan dan juga performa serta desain yang dimilikinya termasuk di Indonesia. Tetap mengusung konsep style dari BMW S1000R setidaknya membuat bandrol harga BMW G310R yang diberikan resmi oleh pihak BMW Motorrad tetap tinggi.

Sementara itu selain menekankan kesempurnaan pada sektor tampilan, motor supersport yang satu ini juga diperkuat dengan beragam teknologi dan juga fitur mengesankan di dalamnya. Namun apa jadinya bila motor lansiran BMW Motorrad Indonesia ini dimodifikasi dengan gaya Scrambler yang berpadu dengan tracker? Nah bagi Anda yang mungkin merasa penasaran dan juga tertarik untuk membeli dan lansung memodifikasinya, simak ulasannya disini

Produsen motor lansiran BMW ini cukup menarik perhatian, pasalnya mereka berani dalam bermain di ranah modifikasi. Dengan motor BMW G310 pihak BMW mempercayakan kepada sang modifikator untuk merubah tampilan BMW G310 bergaya scrambler dan tracker. BMW Motorrad pun mempercayakan rumah modifikasi ‘Katros Garage’ milik Ateng yang berlokasi di sekitaran Bintaro. Tidak berpikir lama, sang modifikator ‘Ateng’ langsung mensetujui apa yang diinginkan oleh pihak BMW Motorrad dalam upaya merubah tampilan motor BMW G310 dengan gaya modifikasi masa kini.

Untuk konsepnya sendiri, sang modifikator mengambil detail yang diinginkan oleh pihak BMW Motorrad yang menginginkan konsep plug in play. Penampakan perubahan motor BMW G310 sepertinya sang modifikator membuat sebuah karya yang benar-benar menarik pasalnya sang modfikator membuat plug-in yang siap dibongkar pasang yang artinya dari perubahan motor ini bisa dikembalikan ke standar pabrik.

Mulai dari fairing depan sang modifikator membuat layaknya khas tracker bersamaan kesan strip biru hitam merah yang mencirikan khas BMW, fender depan serta cover shockbreaker dibikin handmade. Sementara untuk setangnya mengadopsi fatbar yang berkesan tracker. Untuk lampu utama menggunakan lampu aftermarket yang memiliki 2 mode yakni lampu utama dan lampu strobo. Dan uniknya lampu sein pada bagian depan terpampang di bawah tungkai besi yang melindungi sisi samping mesin.

Cluster instrument masih tetap mempertahankan aslinya. Di dalamnya tak hanya mampu menampilkan kesan eksklusif saja, panel digital yang diusung BMW G310R ini pun juga akan memperlihatkan informasi terkait keadaan motor. Sebut saja seperti indikator bahan bakar, kecepatan dalam hitungan km/jam, posisi gigi/gear, suhu mesin, dan jarak tempuh. Selain itu, ada juga lampu indikator yang ditempatkan pada sisi kanan maupun samping.

Sementara untuk bagian tangkinya sang modifikator hanya membuatkan kondomnya saja sedangkan tangkinya masih mempertahankan aslinya. Fender belakang dan cover pada kedua sisi sampingnya pun dibuat handmade. Sementara ada penambahan pada bagian belakang yaitu breket yang terbuat dari besi sebagai kebutuhan bagi pemilik entah itu untuk menempatkan helm atau untuk kegunaan yang lainnya.

Atenk, selaku sang modifikator pun menyatakan, "Gue bikin konsep ini sebenarnya ada 2 konsep, scrambler dan tracker. Bisa diliat dari depan, konsep yang dibuat seperti tracker dengan pemakaian fairing kustom untuk tracker, sementara kesan scramblernya ada di bagian kaki-kaki yaitu roda ban yang mengusung scrambler."

Dari kerangkanya sendiri terlihat tidak ada yang berubah. Sementara urusan jantung penggeraknya masih membawa mesin asli BMW G310. Sedikit informasi bahwa mesin BMW G310 memakai mesin 1 silinder, 4-Valve, DOHC berkapasitas 313 cc yang bertransmisi 6-Speed, Constant Mesh.

Pada bagian jok kemudi dan ekor motor ada perubahan meskipun sedikit, jok dibuat dan dijahit secara handmade yang dibalut dengan kulit berwarna merah dan bagian belakang disematkan breket untuk kebutuhan pengemudi.

Ada yang menarik pada bagian profil mesin. Sang modifikator membuat rangka pelindung bagi mesin [Frame Slider] yang terbuat dari batang pipa besi dan plat baja pada sisi kedua mesin dan bawah mesin.

Sedangkan pada bagian roda ban sang modifikator memasang ban sinko yang berdiameter 130/80 pada bagian depan dan 150/70 pada bagian belakang yang dibalut dengan Velg asli bawaaan BMW G310.  Pengerjaannya sendiri pun terbilang cepat, Atenk hanya memerlukan waktu sekitar satu minggu untuk mengubahnya dari tampilan pabrik.

Nah itu dia Blackpals, meskipun konsepnya plug in play namun konsep modifikasi seperti ini nampaknya cukup menarik, kenapa? Karena motor yang dimodifikasi bisa dikembalikan dalam keadaan pabrikan. Dan ini pun bisa menjadi acuan bagi kalian yang sudah ataupun mau memiliki motor BMW G310R dan ingin memodifikasi dengan konsep plug in play.[yus/timBX]

Spesifikasi:
Motor: BMW G310R
Modifikasi: Scrambler Tracker Plug in Play
Fairing depan: Custom Handmade
Condom tank: Custom 
Fender Front and rear : Custom Handmade 
Jok: Custom
Velg : factory default 
wheels: Sinko 130/80 front - 150/70 rear
Pencahayaan: Aftermarket

Tags :

#
modifikasi bmw g310r,
#
modifikasi bmw,
#
modifikasi,
#
automods