MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Audio All New Terios - Memaksimalkan Kinerja Speaker dan Subwoofer

OCT 10, 2018@11:40 WIB | 535 Views

All New Daihatsu Terios memiliki head unit standar didukung dengan 6  mild speaker, 2  diantaranya tweeter dibagian pillar A dan keempat speaker three way di masing-masing pintu. Pada bagian equalizer telah  didukung 15 band, yang pihak Daihatsu menyebutnya sebagai Advance Audio System (R All).  Head Unit-nya (HU) telah mengadopsi 2 DIN, touchscreen dilengkapi  fitur DVD, USB, Aux in, Tunner dan Web Link, dan sudah bisa mirror link tentunya. Nah, dengan sistem audio yang lebih canggih dan posisi speaker yang baik menghasilkan staging audio yang baik. 



Saat tim Blackxperience.com mencoba performance head unit-nya untuk memutar saluran radio, kami mendapati tangkapan sinyalnya kurang bagus. Dan beberapa frekuensi stasiun radio yang dikenal kuat sinyal frekuensinya pun, dihasilkan output suara yang kurang jernih. Hal ini mungkin menjadi rasa penasaran kami, sehingga  perlu dipecahkan secara teknis, atau Black Pals lebih memilih memutar lagu dari  smartphone misalnya, tentu hasilnya akan kembali normal tidak ada gangguan sedikitpun. 



Kami coba menelusuri ketidakjernihan suara dari HU standar All New Terios dengan mengkomunikasikan ke pihak Lemans Car Audio Works agar mendapatkan solusi tepatnya. Dan selebihnya, Balck Pals akan melihat secara langsung bagaimana upgrade audio yang bakal meningkatkan kualitas standarnya. Bersama installer Dri Winda Setyo Rahayu dari Lemans Car Audio, Black Pals akan dipandu secara langsung cara upgrade simple di All New Daihatsu Terios.

Mungkin diantara Black Pals tidak ingin mengganti head unit standar atau speaker bawaan namun butuh power lebih untuk meningkatkan kualitas audionya. Atau bagi kalangan pecinta audio benar-benar ingin meningkatkan kualitas audio lebih dari standar. 



Langkah pertama dengan menambahkan  power processor Vox Pro 6 Amp, untuk meningkatkan kualitas audionya. Meski dengan jumlah band equalizer yang mumpuni, dengan bantuan power processor tambahan, hasilnya akan membantu peningkatan kualitas frekuensi audionya. Kelebihan penggunaan power processor Vox Pro 6 Amp selain memperkuat frekuensi, juga bisa menaikkan level equalizer-nya. Processor ini memiliki software khusus untuk membantu proses setting audio secara manual melalui laptop. Kelebihannya, jika Black Pals terpaksa ganti accu, settingan audionya masih tersimpan di laptop atau power processor. Dan setting audio melalui software-nya bisa didapati interval yang cukup banyak dan detail di setiap band, dibanding mengandalkan HU standar.



Langkah kedua adalah dengan mengganti Head Unit, menambah processor dan subwoofer aktif.  Fungsi processor lebih untuk menaikkan mid bass dan karakter vokal pada speaker standar. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Vox Pro 6 Amp telah memiliki amplifier untuk menaikkan power suara didukung 31 band equalizer  untuk mendongkrak speaker standarnya.  Nah untuk pilihan subwoofer aktif bisa menggunakan  LM 80S Audio. Bentuknya yang slim tidak susah untuk penempatan dalam kabin All New Terios. 



Pemilihan Head Unit Kenwoods DDX918 WS  berfungsi untuk menggantikan Head Unit standar yang kurang bagus dalam menangkap sinyal frekuensi radio.  Didalam HU juga telah dibekali semi processor. Kombinasi antara HU Kenwoods DDX918 WS dengan processor Vox menghasilkan power yang besar. Enam channel yang dihasilkan dari power processor bisa dibagi untuk speaker dan subwoofer aktif.  Sedangkan kemampuan head unitnya juga bisa difungsikan untuk dual kamera depan dan belakang, selain 13 band equalizer pendukung sudah termasuk fitur time alignment (team delay) untuk  breakdown level tweeter, mid range, midd bass dan woofer. Fitur-fitur tersebut selaras untuk kualitas suara yang lebih baik.



Nah seperti apa sih perbedaan kualitas suaranya nanti? Windha menerangkan dengan HU biasa pada speaker standar, suara yang dihasilkan cenderung tertahan antara mid bass, dan mid range-nya.  Dengan perpaduan head unit dan power processor lebih bisa diolah range equalizernya dari high  sampai lower secara detail dan itu dilakukan secara manual. Setiap band equalizernya  bisa disetting secara detail untuk keperluan speaker kanan, kiri, belakang secara masing-masing.

Tim Blackxperience.com melihat secara langsung bagaimana Windha membuat formulasi audio car environment yang baik. Setiap posisi speaker yang sudah terinstal di kabin All New Daihatsu Terios diukur kembali antara jarak speaker dengan telinga pengemudi. Dari angka-angka yang tercatat, kemudian bakal menjadi acuan Windha saat men-setting audio terhadap time delay (time alignment) dengan menggunakan laptop. Tujuannya adalah agar suara yang keluar dari speaker kiri dan kanan tidak terlalu jauh ke telinga pendengar (path length differences). 

"Dengan head unit standar kita harus meratakan posisi equalizer menjadi setting flat. Baru kemudian disetting melalui laptop yang didukung software processor, subwoofer yang minimal pun tetap masih bisa kita setting. Hasilnya komposisi suara yang keluar dari setiap speaker tertata lebih bagus. Terutama power suara lebih kuat, detail mid range, mid bass, subwoofer dan tweeter sudah tidak lagi terhalang oleh speaker standar sekalipun," jelas Windha salah satu punggawa Lemans Car Audio Work.

Nah, Black Pals, dengan uraian diatas Anda tidak perlu lagi ragu untuk meng-upgrade audio mobil All New Terios Anda lagi. Pasalnya, semua potensi head unit yang standar pun bisa dimaksimalkan oleh Power Processor Vox Pro 6 Amp. Potensi mid range, mid bass, tweeter bisa di-setting secara manual melalui software. Untuk paket pertama pemasangan power processor di-range harga mulai Rp3 jutaan. Sedangkan paket kedua, meliputi pemasangan Head Unit Kenwoods DDX 918 WS, Vox Pro 6 Amp, dan Subwoofer Aktif LM - 80S hanya membutuhkan budget mulai Rp12 jutaan, termasuk biaya instalasi. [Ahs/timBX]

Tags :

#
modifikasi,
#
audio,
#
all new terios,
#
lemans car audio work,
#
auto jurnal