MENU
icon label
image label
blacklogo

Mobil Ikonik Film Box Office Internasional Sampai Indonesia

NOV 11, 2022@14:30 WIB | 1,781 Views

Blackstory kali ini kami mengulas tentang mobil-mobil ikonik pada film box office internasional sampai Indonesia. Ada 13 mobil yang kami kupas habis dalam Blackstory ini mulai dari Dodge Charge milik Dominic Toretto hingga BMW E30 325i yang ada pada film 'Mas Boy' di era tahun 1990an. Tapi untuk lebih serunya, pastinya wajib banget nih tonton videonya sampai habis.

1. Fast And Farious: Dodge Charger 1970

New Dodge Charger 1970 yang dikendarai dan identic dengan tokoh di film Fast Farios Domic Torrento yang diperani oleh vin diesel menjadi mobil populer yang disukai banyak orang karena bentuk dan design yang unik, gril yang ramping dan spoiler yang memukau, fun to drive. Dodge Charger 1970 juga dilengkapi dengan perlengkapan dan keselamatan yang sangat baik, seperti lampu depan LED dan Lampu LED Daytime Running yang dapat memberikan penerangan yang jelas pada siang atau malam hari. Selain itu, mobil ini juga ada dua fog lamp depan LED yang  otomatis dan lampu belakang LED, serta defroster kaca depan dan belakang. 

Mobil ini adalah pemeran utama di film perdana serial Fast and Furious. Di filmnya, mobil ini bisa meghasilkan tenaga hingga 900 hp. Tetapi versi aslinya mobil ini ditenagai mesin V8 yang memiliki output 390 hp. Dodge Charger R/T 1970 sanggip melesat dari posisi diam sampai 100 km/jam dalam 6,2 detik dengan kecepatan maksimum 235 km/jam. Gara-gara film ini, mobil ini sekarang menjadi koleksi langka yang bernilai sampai US$ 175 ribu atau sekitar Rp 2,5 miliar

2. Fast and Furious: Nissan Skyline R34 GT-R 

Dipopulerkan dengan tokoh bryan o’conner yang diperankan oleh Paul Walker di Film Fast Furious. GT-R pertama diproduksi tahun 1969–1973. Setelah 16 tahun, nama GT-R kemudian muncul lagi tahun 1989 dengan Skyline R32 menjadi ikon sportcar tahun 90-an. Mobil ini disebut oleh Top Gear sebagai satu-satunya kontribusi Jepang di dunia mobil  Nissan Skyline bukan Cuma satu kali tampil di serial Fast and Furious.

Pertama, Nissan Skyline R34 GT-R tahun 1999 berwarna biru dikemudikan Brian O’Conner (Paul Walker) di film 2 Fast 2 Furious tahun 2003. Paul juga pernah mengemudikan Nissan Skyline di film Fast and Furious (film ke-4). Bahkan Nissan Skyline R33 GT-R berwarna kuning tampil di film perdananya (The Fast and the Furious). Mobil ini memproduksi tenaga 276 hp dengan kecepatan puncak 251 km/jam. Menariknya, banyak penggemar otomotif pemilik mobil ini yang sukses mengoprek Nissan GT-R miliknya sampai menembus 800 hingga 1.000 hp.

3. Fast and Furious Tokyo Drift: Mazda RX-7

Muncul di Fast and Furious Tokyo Drift, mobil tunggangan Hans ini dimodifikasi full menggunakan part VeilSide mulai dari bumper depan, side skirt, cover body samping, headlamp, hingga spoiler dan bumper belakang. Untuk dapur pacu, Mazda RX-7 ini menggunakan mesin rotary dengan dorongan turbo, intercooler, dan knalpot berbahan titanium yang membuatnya memiliki 306 horse power. Tampilan dan aura khas JDM dalam mobil ini dapat ditebus dengan harga Rp 1,2 milyar.

4. Fast and Furious 9: Jaguar SE XV Project 8

Project 8 adalah mobil yang dikembangkan Jaguar dengan tujuan untuk meluaskan stigma petrol head untuk image mobil Jaguar yang selalu mewah tapi juga mampu untuk membuat mobil dengan orientasi performa, alias mobil sport. Mobil Jaguar ini adalah mobil terkencang dalam sejarah Jaguar untuk mobil street legal-nya. Hanya ada 300 unit saja, Project 8 menggendong mesin V8 5000cc dengan tenaga terukur 600 HP dan torsi 700 Nm.

Untuk gearbox ia menggunakan model otomatis 8 speed dengan kalibrasi ulang yang memungkinkan ia shifting antar gear dengan kecepatan 200 ms.

5. Fast and Furious 9: Ford Mustang GT-350

Masih di FF9, mobil yang wira-wiri dan standout adalah GT-350 yang dibuat pertama kali tahun 1965 oleh sang master Carroll Shelby yang bertujuan untuk menghadirkan sports car yang bisa resmi dan affordable untuk turun di jalan. Versi terbarunya dalam film menunjukkan body yang sudah jauh berbeda dengan tampilan yang lebih berotot, spoiler keren dan tentu saja teknologi yang canggih.

Mesin V8 bernama Voodoo ini memiliki kapasitas 5,2 liter dengan tenaga 526 HP pada RPM 7500 berikut torsi di 582 Nm. Kecepatan maksimalnya tercatat di angka 249 kpj dengan transmisi 6 speed penggerak roda belakang. Terbilang affordable, harga mobil ini dibanderol hanya sekitar Rp 800 jutaan.  

6. James Bond: Aston Martin DB5

Mobil ini jadi sangat dikenal berkat serial film agen rahasia Inggris, James Bond, Aston Martin DB5 tampil perdana pada serial film James Bond berjudul Goldfinger. Saking suksesnya penampilan DB5 pada film Goldfinger, mobil ini kembali muncul pada serial film James Bond lainnya, Thunderball dan Spectre.

Memiliki Mesin 3.995 cc yang digunakan, mampu menghasilkan tenaga sebesar 282 dk dan torsi 390 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam mampu dituntaskan dalam 8 detik. Sangat cepat, bahkan jika dibandingkan dengan figur akselerasi yang dihasilkan mobil-mobil modern. Mobil ini bahkan diklaim mampu untuk meraih kecepatan puncak di angka 230 km/jam. Bagi yang tertarik meminangnya, lansiran tahun 1964 dijual di kisaran harga ASS 850.000 atau sekitar Rp 1,2 miliar.

7. The Legend Of Speed : Mitsubishi Lancer Evo V

Kali ini berasal dari film mandarin berjudul The Legend Of Speed yang dibintangi oleh Ekin Cheng, di dalam film terdapat scene dimana terjadi ajang adu balap antara Mitsubishi Lancer Evo V vs Subaru Impreza dengan menggunakan sistem Nos. Mitsubishi Lancer Evo V mampu menghasilkan top speed mencapai 237 km/h dengan 5 percepatan manual,all wheel drive, saat kemunculannya bisa dikatakan sebagai varian Evolution terbaik pada masanya, karena dari sasis hingga cangkang bodi, desain interior, fitur, perlengkapan keselamatan, dan yang terpenting, transmisi telah diubah.

Mesinnya tidak semuanya baru tetapi mendapatkan perbaikan mereka sendiri untuk meningkatkan driveability, efisiensi bahan bakar dan kenyamanan. Desain eksterior satu-satunya yang minus karena banyak yang tidak menyukai designnya.

8. The Legend Of Speed: Subaru Impreza

Lawannya adalah Subaru Impreza WRX : mobil ini bisa menghasilkan top speed 238 km/h dengan transmisi 6 percepatan all wheel drive. Mobil ini adalah salah satu mobil ikonik di kejuaraan reli dunia dan menjadi mobil impian untuk banyak penggemar reli dilengkapi dengan mesin flat-empat turbocharged yang menghasilkan hampir 280 hp. Itu sangat cepat pada setiap standar waktu. 0-100 kpj (0-62 mph) dalam 5,5 detik adalah bukti.

Sistem all-wheel-drive adalah salah satu yang terbaik di dunia, jika bukan yang terbaik pada saat peluncurannya. Suspensi independen di semua sudut meningkatkan kenyamanan dan kecepatan menikung juga. Sama seperti lawannya Subaru tidak pernah dipuji karena desain mobilnya baik interior dan eksteriornya.

9. Iron Man: Audi R8

Bagaimana rasanya jadi Tony Stark, ganteng, tajir dan pintar biar ngerasain coba aja ngedarain  Audi R8. Audi R8 dirasa cocok dengan karakteristik Tony Stark yang nyentrik dan flamboyant. Sejak awal serial film Iron Man, Marvel menetapkan sejak awal bahwa mobil andalan Tony Stark adalah Audi R8. Dalam film Iron Man pertama yang dirilis pada tahun 2008, Tony Stark terlihat mengendarai Audi R8-nya. 

Audi bisa ditemukan di 7 dari 22 film MCU. Dengan dirilisnya Avengers: Age of Ultron (2015), semakin banyak mobil baru yang diperkenalkan, seperti Audi TTS (2015), Audi A3 Cabriolet (2015) dan Audi R8 V10 Plus (2016). Audi A3 Saloon tak ketinggalan tampil sebagai cameo singkat pada film Ant-Man (2015).

Mobil Audi R8 V10 Spyder diperkuat mesin 5.200 cc quattro FSI. Dengan besarnya kapasitas meisn tersebut Audi R8 V10 Spyder dapat menempuh jarak 0-100 km/jam hanya dengan waktu 4,1 detik dari 525 Hp yang dihasilkan oleh mesin V10. Memiliki penggerak all wheel drive di bagian exterior dilengkapi dengan lampu LED, dan bagian ventilasi udara terdapat grill yang terbuka lebar.

10. Gone In 60 Seconds: Shelby Mustang

Ford Mustang Shelby GT500 alias Eleanor. Dirilis di tahun 2000 dan dibintangi oleh Nicholas Cage, nama Eleanor makin melekat hingga sekarang. Ciri khas Eleanor, dua lampu kabut di tengah gril, ceper dan menggunakan ban 17 inci. Tambahan lain, tombol untuk mengaktifkan NOS dengan tulisan ”Go Baby Go” pada dashboard.

Eleanor dibekali mesin Ford Racing 5,8 liter V8 yang mampu hasilkan tenaga hingga 400 hp. Mesinnya dipadukan dengan sistem transmisi manual 4-percepatan yang disalurkan melalui roda belakang. Modifikasinya didesain oleh Steve Stanford dan Chip Foose.

11. Initial D: Toyota Sprinter Trueno AE86

Ini mobil drift yang kita kenal sebagai pengantar tahu yang digunakan oleh Takumi Fujiwara untuk melintasi jalan berkelok di gunung Akina. Dengan dapur pacu mesin berkode 4A-GE 1600c, DOHC, 4 silinder segaris menghasilkan tenaga 130 hp dan torsi 140 Nm. Walau tenaga tidak begitu besar, Toyota AE86 memiliki bobot yang cukup ringan 900kg dan dilengkapi dengan Limited Slip Differential jadi cukup enjoy diajak drifting. 

Toyota AE86 memiliki arti yang mendalam. Kode A mewakili kode mesin seri 4A, tepatnya 4A-GE. Sedangkan kode E, mewakili model Corolla dan kode 8 mewakili model E80 alias generasi kelima dari Corolla. Terakhir, kode 6 merupakan model keenam dari E80.

12. The Italian Job: Mini Cooper

Alih-alih mengakali kebijakan Pemerintah AS di New York yang melarang mobil konvensional yang menghasilkan emisi di terowongan kereta bawah tanah. Sutradara film Italian Job Gary Gray mengakali scene tiga mobil mini yang kabur dari terowongan bawah tanah dengan menggunakan Mini Cooper yang sudah dikonversi menjadi elektrik.

Gary Gray meminta, John Carpenter  untuk mencoba mengkonversi mesin yang ada di mobil MINI itu jadi motor listrik.  Dan ternyata dia berhasil membuat MINI listrik yang satu-satunya ada di dunia saat itu (tahun 2003). Adegan kejar-kejaran mobil di terowongan kereta bawah tanah hanya bisa diwakili Mini Cooper dengan handling seperti gokart. Sementara tugas Gary Gray memberikan efek suara knalpot buatan agar adegan lebih meyakinkan dalam aksi kejar-kejaran. 

13. Catatan SI Boy: BMW E30 

Mengulas kembali keterkaitannya dengan film Catatan si Boy. Euforianya boleh dibilang hampir bersamaan saat mobil tersebut masuk ke Indonesia. Mempergunakan BMW 318i E30 hijau miliknya, Boy yang diperankan Only Alexander kerap memperagakan sejumlah adegan aksi maneuver seperti menukik.

Mobil rancangan Claus Luthe ini memang diciptakan dengan konsep ultimate driving machine. Mesinnya dibuat sedemikian rupa agar begitu bertenaga saat dipacu. Akrab dikenal sebagai M40, hingga saat ini keberadaannya masih petrolhead yang mengindamkan kehadirannya di garasi mobilnya. Menggunakan kapasitas mesin 1.800 cc, mesin 4 silinder dan 8 katup, M40 memang dikenal memiliki mesin yang sangat bandel di zamannya. Kendaraan roda empat ini mampu melaju dengan tenaga maksimal 150Hp @5.800 RPM dan torsi 145 Nm @4,500 RPM. Mobil ini bahkan dilengkapi dengan bahan bakar jenis injeksi yang membuatnya lebih irit. ​

Tags :

#
blackstory,
#
drive it,
#
blacklyfe,
#
mobil ikonik

X