MENU
icon label
image label
blacklogo

Kaleidoskop Modifikasi Motor Terbaik 2019

JAN 13, 2020@18:00 WIB | 1,597 Views

Tahun 2019 menjadi tahun penting bagi kebangkitan dunia modifikasi motor roda dua. Selain popularitas modifikasi roda dua yang terkatrol oleh motor modifikasi Presiden Jokowi, diluar itu dunia customize roda dua cukup gencar meramaikan dunia modifikasi tanah air. Buktinya selain para builder yang eksisting, banyak builder yang tidak terlalu populer namun berhasil menciptakan modifikasi berkelas. Diluar itu para builder eksisting cukup tegar menghasilkan karya-karya terbaiknya, salah satunya bengkel Chromework dengan karyanya yang mendunia.

Dari 9 motor modifikasi yang berhasil tim Blackxperience.com liput, tim Blackxperience.com berhasil menyaring tiga modifikasi motor terbaik versi Blackxperience.com yang memenuhi poin terbanyak dari orisinalitas ide, harmonisasi komponen, craftsmanship, dan desain.  Tanpa mengurangi nilai pada modifikasi yang lain, akhirnya pilihan kami mengerucut pada tiga motor, Pandawa 5 Boardtracker, Yamaha XMax dan Suzuki GSX500.

3. Pandawa 5 Boardtracker

Motor berbasis mesin Mega Pro  telah dimodifikasi menjadi 250 cc, dengan gaya modifikasi L- engine yang mulai menyebar popularitasnya, melalui builder-builder pendahulunya. Namun, Wawan Hermawan punggawa Onks Custom Bekasi adalah sosok yang autodidak membangun mesin L engine. Meski sebenarnya gaya boardtracker ini adalah sebuah karya kolaborasi yang terhenti.

“Konsep boardtrecker ini kami bangun guna mengenang era balap jaman bahula dengan menggunakan mesin L-engine,” tutur bro Mehe, sapaan akrab bro Wawan. Gaya suspensi springer, yang lebih gaya cangkang melihat posisi per yang ada ditengah. Mesin L engine ini tidak sembarang mesin karena masing-masing head didukung oleh pengapian dual koil, dual pulser dan dual CDI.

Lanjutnya, dimulai pengelasan crankcase bawah. Kemudian dibikin kruk As, dan diteruskan dengan stang seher dan mulai dipacking dengan block mesin. Selanjutnya adalah mencari titik pengapian, agar menimbulkan ketukan suara knalpot yang bergantian, saat throttle di buka, Cukup istimewa karena di acara Pardjo 2019, karya bro Mehe ini dianugerahi best of the best.

2.  Yamaha XMax

Modifikasi motor big matic milik bro Aldo ini meminjam tokoh Gundam Vidar. Pilihan coloring mewakili tokoh Gundam Vidar ini memadukan grafis warna biru, silver dan krem coklat.Tema robotik yang dipilih Aldo memang sedikit lebih match dibanding tema lain, karena memang bentuk Xmax yang mengandalkan lekukan ekstrim, menyeimbangkan aerodinamika motor itu sendiri. Kolaborasi beberapa bengkel menjadikan motor milik Aldo menyabet penghargaan sebagai best Fashion Matic Standar di Kontes Modifikasi Pardjo  2019

Selain airbrush, baluran carbon printing, juga menjadikan matik besar Yamaha ini terkesan istimewa. Apalagi dengan part-part hedon seperti suspensi Ohlins dan caliper Brembo serta knalpot Akrapovic ER6 juga menjadi pilihan istimewa.  Sebagai kelengkapan, Aldo juga menambahkan camcorder untuk faktor savety saat riding jauh.

"Saya menginstalasi camcorder untuk merekam momen penting selama turing. Apabila terjadi kejadian, Saya punya punya database yang bisa direview kembali," jelas Aldo yang sudah melahap jalanan Jakarta-Bali, Yogyakarta dan Lampung.

1. Suzuki GSX 500

Karya-karya KromWork telah diakui dunia sebagai motor modifikasi yang istimewa. “Untuk semua desain, part,  konsep semuanya dipercayakan ke saya. Ini konsepnya scrambler yang bukan scrambler, karena dipadukan dengan bodi unsur klasik dan futuristik. Kalau dilihat, lampu depannya sudah berkonsep futuristik, yang menyatu dengan bodi. Selain itu, materialnya berasal dari stainless steel,” kata punggawa dari KromWorks ini.

Gaya exhaust yang digunakan merupakan kustom full stainless steel 2 in 1 yang juga memakai silencer kustom. Suspensi belakang mono terlihat cukup futuristic, dengan balutan krom yang telah  diperbarui lagi agar sesuai dengan bentuk baru motor ini. Suspensi depannya menggunakan upside down milik Honda VTR 1000.

Bagian craftmanship yang paling menggiurkan mata adalah pembuatan sasis, Termasuk swing arm yang mengedepankan simpelnya, dengan pipa melengkung di bagian belakang. Hal itu tentu butuh perhitungan tepat untuk menentukan kekuatan dan centernya.[Ahs/timBX]

Tags :

#
kaleidoskop 2019,
#
motor modifikasi terbaik,
#
yamaha xmax,
#
suzuki gsx 500,
#
honda boardtracker