MENU
icon label
image label
blacklogo

JS Garage, Transformasi Bengkel Balap Jadi Spesialis Produksi Car Aerodynamic Print 3D

OCT 14, 2022@12:00 WIB | 1,669 Views

JS Garage, yups kalau kalian pecinta modifikasi khususnya soal performa mesin pastinya nama bengkel satu ini enggak bakalan asing di telinga. Yups JS Garage memang membesarkan namanya di sektor modifikasi mesin terutama untuk kebutuhan ajang balap.

Namun beberapa tahun terakhir, JS Garage akhirnya bertranformasi menjadi sebuah bengkel yang khusus menggarap aerodynamic kit mobil sebagai langkah weight reduction alias memperingan bobot mobil.

Hal tersebut bukan tanpa sebab, atas dasar pengalamannya di dunia balap mobil balap garapan JS Garage memang menjadi percobaan dipasangkan part aerodynamic buatan sendiri dan berhasil menyabet berbagai gelar juara.

"Awal mula JS Garage fokus garap aerodynamic kit pada saat buat projek BMW E36 M3 ETTC 3000 pada tahun 2016, HP mobil kami terkecil namun mampu memecahlam rekor fastest lap. Dari situ terbukti bahwa aerodinamik sangat berperan penting terutama dalam ajang balapan," tutur Jasa CO Founder JS Garage.

Secara singkatnya, bengkel satu ini mampu membuat bobot sebuah mobil menjadi jauh lebih ringan. Misal saja seperti mengganti part kap mesin, fender, bagasi, atap dan beberapa bagian lainnya.

Bahan yang digunakan pun beragam, Jasa mengatakan bengkelnya memiliki berbagai jenis bahan. Mulai dari fiber, carbon hilly, carbon infusion. Namun ada satu jenis bahan yang jadi andalan bengkel yang lokasinya sangat hidden game ini.

"Kalau bahan kami beragam, fiber, carbon hilly, carbon infusion, dan dry carbon. Nah yang paling ringan dan kuat ada andalan kami nihm yaitu dry carbon dengan bahan baku carbon prepeg. Biasanya bahan ini dipakai di super car," lanjut cowok berambut gondrong ini.

Setelah bahas bahan bakunya, tim BX pun penasaran bagaimana tahapan pembuatan part aerodynamic kit ini. Usut punya usut JS Garage membuatnya dengan menggunakan print 3D loh Blackpals.

Jasa pun menjelaskan, tahapan pertama yaitu body mobil akan di Scan 3D dengan menempel stiker khusus lalu lanjut design.

Kemudian tim JS Garage akan membuat moulding berbahan khusus dengan menggunakan print 3D, outputnya tersebut bertujuan untuk mendapatkan fitting pas.

"Setelah fitting, kita lanjut bikin moulding. Moulding tersebut sebagai cetakan, tinggal customer pilih mau pakai bahan apa misal fiber atau jenis carbon yang mana," lanjut Jasa.

Saat tim BX berkesempatan mengelilingi bengkel, terlihat banyak sekali mobil-mobil kece dalam tahapan aerodynamic kit. Mulai dari Honda Civic Ferio, Civic Ferio Conver EK9, hingga Nissan Skyline R34 yang sedang dalam tahap fitting.

Dan disebuah sudut, terdapat Toyota FT86 yang sudah jadi nih Pals. Body sport car ini jauh lebih sporty dan pastinya memiliki aerodinamis yang baik, terlihat dengan terpasangnya over fender baru, kap mesin dan atap full carbon hingga sirip-sirip runcing di bumper depannya.

So.. biar makin banyak ilmu soal aerodynamic kit mobil, tonton videonya di Beyond D'Garage Youtube BlackXperience, [Aziz/timBX].

Tags :

#
js garage,
#
bengkel,
#
bengkel balap,
#
aerodynamic kit,
#
car,
#
carbon,
#
fiber,
#
body,
#
mobil,
#
blackxperience

X