MENU
icon label
image label
blacklogo

Harley Davison Sportster 1200 : Killer Boardtracker Full Custom ala Kromworks

JUL 07, 2022@19:52 WIB | 382 Views

"Membangun motor yang belum terfikirkan oleh builder lain," ungkapan seorang builder kawakan Andika Pratama yang menggawangi Kromworks berkarya membangun motor custom untuk market dalam dan luar negeri. Kali ini tim Blackxperience membedah motor Harley Davidson dengan bahan metal stainless steel. Hasil yang cukup classy, mewah dengan berbagai teknis yang terbilang tricky.

Harley Davison Sportster 1200 mengusung konsep boardtracker dengan sentuhan classic dan modern. Tidak ditemukan jejak pabrikan, alias dikerjakan secara handmade, hanya mesin dan kaliper saja. 

"Saya terbiasa membangun motor custom dengan konsep terbaru. Bagaimana motor custom itu bisa nyaman riding harian, dengan tidak menghilangkan unsur estetika. Ada builder bangun motor ekstrim tapi menyisihkan fungsional, sehingga kenyamanan motor tidak diperhatikan secara penuh," ungkap Andika Kromworks.

Boardtracker berbahan full stainless steel ini menggabungkan unsur modern dan klasik. "Modern secara bentuk yang sudah retouching,  klasiknya karena tetap mengikuti konsep atau pakem boardtracker serta bahan stainless untuk sasis, body part lainnya. Efek krom pada permukaan stainless sebenarnya adalah efek polish," tambah Andika.

Efek yang ingin dikejar adalah memperlihatkan kualitas material dari hasil handmade. Jadi permukaan stainless yang memang sudah bisa buat ngaca, dipertajam dengan cairan polish. Hasilnya, kiclong banget. "Kualitas permukaan murni stainless, dan ini yang ingin kita show off ke two wheelers enthusiast," cetusnya.

Soal materi stainless steel menurut Andika mulai dari tipe 201, 304 dan 316. Dirinya memilih 316 dengan grade paling kuat. Terlebih saat pembuatan atau shapping serta welding.  

"Material stainless beda dengan material lain. Jadi cara pengerjaan pun kita harus hati-hati, gak bisa panas berlebih seperti logam lain," sambut Andika menerangkan secara build lebih tricky. 

Karakter boardtracker dipadukan dengan girderfork dengan mekanisme kerja suspensi lebih modern. Goalnya pakai girderfork tetap fungsional yang secara timing lebih oldschool , dengan materi stainless steel bagian dari sisi modernitas yang bro Andika tonjolkan.

Wheelbase menggunakan ukuran stok HD 1530mm (standar genuine). Swing arm secara look rigid, namun tetap menggunakan suspensi tidur menyokong ke mainframe. "Suspensi belakang sistem tarik, menggunakan suspensi HD Softail EVO, menghubungkan swing arm ke mainframe dengan titik grafitasi pengendara yang pas. Hasilnya ridingnya pun tetap nyaman," ungkapnya menyembunyikan suspensi belakang yang secara look terlihat rigid.

Soal kenyamanan, rake angle Harley standarnya 26 derajat, tetap dipertahankan oleh Andika. Komposisi inilah yang membuat handling motor custom ini tetap ringan saat belok.

Tampilan velg depan dan belakang 23 inci cukup mewah karena diproses secara CNC. Berbahan alumunium billet, juga diterapkan pada pembuatan diskbrake dengan teknik CNC. Pilihan ban Metzeler 23 inci menjadi perkawinan apik karena look ban terlihat tipis dan makin elegan.[Ahs/timBX]

Tags :

#
modifikasi motor,
#
modifikasi boardtracker,
#
kromworks,
#
kastemkulture,
#
the builders