MENU
icon label
image label
blacklogo

First AutoWrap, Treatment Premium Perlindungan Cat Mobil

DEC 26, 2021@15:00 WIB | 3,472 Views

Pola perlindungan cat mobil tidak sebatas kimiawi seperti nano ncoating, kini sudah merambah dengan bahan stiker bahkan PPF yang memiliki kemampuan self healing punya kans melindungi permukaan paling mutakhir. First AutoWrap sebuah workshop yang menawarkan beberapa teknis wrapping dengan berbagai pola treatment yang ditawarkan semakin menambah tampilan mobil makin ganteng secara look dan value.

Pola sticker memberikan tampilan bodi berubah total dengan pilihan satin, gloss, matte bahkan chrome. Sementara PPF, mempertahankan warna pabrikan tetap wet dalam beberapa tahun, mengkilat meski dengan cuaca ekstrim sekalipun, dan tahan dari zat korosif yang merusak permukaan cat mobil.  Bro Elvan sang owner membangun lini bisnis yang cukup digemari pecinta otomotif, menjaga tampilan luar semakin becek, personal dengan kualitas pengerjaan dan material premium.

Secara material PPF punya tiga klasifikasi grade, mulai dari basic, superior dan platinum.  Material punya ketebalan yang berbeda, terdiversifikasi berikutnya fitur yang punya kelebihan masing-masing.  Material PPF basic  belum punya fitur self healing, berbeda dengan superior dan platinum malah sudah dibekali fitur tersebut. 

Material PPF yang berupa plastik film bisa melindungi cat selama 3 tahun. Sementara setelah 3 tahun, permukaan cat body masih seperti kualitas pabrikan saat pertama kali keluar. Dianjurkan saat memasang PPF dari baru, agar pengerjaan koreksi dan detailing cat belum banyak mengalami baret atau lainnya.  Tim Blackxperience.com pun diperkenankan untuk mencoba kemampuan self healing PPF.

Sebuah kap miniatur berlapis PPF  kami gores dengan sikat kawat secara acak, dan permukaan menjadi scratch (baret). Untuk memulihkan permukaan yang baret, bisa dijemur dibawah terik sinar matahari atau alat pemanas (heat gun). 

"Cukup 3-5 menit dari sinar matahari, bila ingin lebih cepat dengan hit gun dalam beberapa detik akan kembali dengan permukaan yang mulus tanpa baret. Grade PPF superior punya kemampuan self healing hingga 3 tahun sejajar dengan umur maksimum cat pabrikan," ungkap koh Elvan, punggawa First AutoWrap kepada tim Blackxperience.com. Kerusakan PPF bisa diganti per panel jika terjadi kerusakan perrmukaan yang parah seperti terbentur benda tajam atau gesekan yang keras.

Material PPF yang basic belum memiliki tampilan yang kinclong (gloss atau fully wet), sementara fitur superior dan platinum  bisa cukup wet look karena sudah dibekali material thermo plastic urethane (TPU).  Punya fitur ultra gloss, TPU, clarity lebih oke dan sudah hydrophobic yang bertahan hingga periode maksimum hingga 3 dan 5 tahun.

Garansi PPF basic selama 1 tahun pemakaian, superior   3 tahun, dan platinum 5 tahun, jika terjadi permukaan menguning lebih cepat (anti Yellowing). Garansi lebih ke aplikator, jika menguning lebih cepat  maka akan direvisi hingga tampilan kembali sempurna.

Elvan sendiri juga mewanti-wanti customernya untuk menggunakan material wrap yang sudah berstandar otomotif.  Material wrap yang tidak berstandar otomotif, dalam waktu penggunaan 2 tahun akan meninggalkan bekas lem. "Ada stain (noda) bahkan luka yang melekat ke permukaan cat.  Saat mengangkat wrap dengan grade non otomotif, butuh effort, bahkan agak kasar, hingga permukaan benar-benar bersih. Bahkan ngegerus permukaan cat," ungkap Elvan.

Case by case ternyata ada juga material wrap bagus tapi tetap muncul efek stain. Elvan memberikan contohnya ke mobil yang sudah pernah repaint. "Guna menanggulangi kasus seperti ini, saya dan tim selaku aplikator wrap bisa tetap mengaplikasikan ke mobil yang sudah repaint. Tetapi saya tidak memberikan garansi penuh. Risiko seperti ini tetap kita sampaikan ke customer, saat stiker dicabut  clear coating terangkat bahkan pada lapisan cat," jelas Elvan.

Sebuah Porsche Macan diwrapping dengan warna black membutuhkan waktu tiga hari.  Kontur body yang curvy  memang memakan waktu, dibanding bentuk body Alphard yang boxy.  Meski dimensi Alphard lebih besar,  pengerjaan lebih cepat dibanding kontur Porsche.

Kelas wrapping juga punya grade tertentu berdasar brand yang masuk First AutoWrap. Secara tidak langsung wrap juga melindungi cat.

Material wrap yang berteknologi PET, dengan tingkat gloss metalic dan solid yang seperti cat. Dan jangan takut salah memilih brand wrap, karena semua brand telah dikurasi, terkait durabilitas yang tidak terjamin. Sedang untuk material wrap non standar otomotif hanya dianjurkan untuk pemakaian 1-1.5 tahun.  Karena demand market yang besar, akhirnya First AutoWrap tetap menyediakan stiker tersebut. Harga seperti brand ORACAL 651 ini dimulai dari Rp5 jutaan dengan pilihan warna  gloss dan matte, tidak ada warna metalik.

Brand Vinyl asal Cina, punya ratusan warna, dan harga terjangkau dari Rp11 jutaan, merupakan brand yang paling diminati. Kualitas material dan lem sudah bagus, sehingga disukai market. "Indikator harga ditentukan apakah mobil tersebut standar atau sudah modif, seperti wide body. Kita sebagai aplikator harus tahu nih mobil seperti apa, modifikasi seperti apa,  dan warna material," jelas Elvan yang tidak menyediakan price list terkait produknya.

Brand Inozetek, yang paling premium adalah produk USA, karakter warnanya lebih ke gloss metalic dan gloss solid.   "Untuk customer yang ngincer stiker namun dengan warna tidak seperti stiker bisa menggunakan INOZETEK.  Harga dimulai dari Rp26 juta," terang Elvan.

Ceruk market wrapping makin lengkap dengan kehadiran brand KLTfilm. Brand premium dengan teknologi stiker sekelas brand USA,  sudah berteknologi PET, dengan harga miring Rp17 juta. Pilihan warna mulai dari gloss, satin, krom, bunglon.

Penggantian body dengan cat memang memberikan sensasi look tersendiri. Setelah warna mobil berubah, paling terlihat adalah warna velg apakah sesuai dengan hasil modifikasi warna body.   Layanan repaint velg akhirnya ditawarkan agar match dengan warna body. Sementara ada pihak  customer yang tetap tampil dengan velg original, maka Elvan pun menawarkan ganti velg baru, agar tampilan mobil semakin match.

Makin banyak layanan First AutoWrap bisa dilihat langsung melalui media sosial seperti instagram @first.autowrap dan youtube : @First Autowrap. Check it out Black Pals. [Ahs/timBX]

Tags :

#
first autowrap,
#
perlindungan cat mobil,
#
paint protection film,
#
elvan first autowrap,
#
oracal 651,
#
inozetek,
#
vinyl,
#
kltfilm

RELATED ARTICLE