MENU
icon label
image label
blacklogo

Bikin Kilap Cat Bodi All New Toyota Rush Dengan Nano Dual Coating

JAN 23, 2019@12:00 WIB | 1,482 Views

Modifikasi Bodi All New Toyota Rush

Membuat All New Toyota Rush kesayangan tampil keren dan menjadi pusat perhatian orang tidak mesti dengan pakai bodi kit, aplikasi cutting stiker apalagi ganti kelir cat. Ada cara lain lebih terjangkau dengan menjaga kilap catnya agar mobil kita selalu terlihat baru dengan nano ceramic coating.

Dengan meningkatnya teknologi, banyak produk-produk diluar yang menjanjikan dapat memberikan proteksi maksimal terhadap cat, ada yang menjanjikan anti baret. Jadi sudah berapa majukah teknologi ceramic coating di indonesia ini?

Dibandingkan dengan tradisional wax dan sealant, nano ceramic coating memberikan lapisan yang lebih keras dan tebal sehingga memberikan perlindungan terhadap cat lebih lama dan kuat. Kalau wax dan sealant dapat memberikan perlindungan dalam hitungan bulan, nano ceramic coating dapat memberikan perlindungan dalam hitungan tahun.

Coating mobil adalah suatu upaya melapisi permukaan cat mobil dengan suatu bahan / formula khusus yang selain mampu membuat tampilan cat kendaraan kita lebih mengkilap juga berfungsi sebagai pelindung cat dari cuaca ekstrim ataupun goresan ringan. Dengan memberikan lapisan coating ke permukaan cat mobil kita, maka resiko kerusakan terhadap cat body mobil bisa kita tekan seminimal mungkin atau bahkan dihindari.

Kalau nano coating adalah cara melapisi bodi mobil dengan cairan kandungan khusus berukuran nano. Nano coating memberikan proteksi lebih ke permukaan cat karena melapisi hingga ke partikel berukuran nano.

Teknik ini pada dasarnya adalah dengan melaburkan cairan chemical untuk memproteksi cat eksterior mobil. Mobil yang sudah diaplikasi nano ceramic coating akan tampak kinclong dan warna cemerlangnya tetap awet alias tidak mudah kusam. Tak hanya itu saja, aneka kotoran yang menempel di badan mobil juga mudah dibersihkan.

Layaknya sebuah kertas putih bersih yang anda laminating, selama lapisan laminating tidak rusak maka warna kertas tadi tetap terjaga, begitupun dengan coating nano ceramic yang diterapkan ke cat mobil ini.



Lapisan nano ceramic coating ialah lapisan super tipis tembus pandang dengan ketebalan partikel penyusun coating ini berukuran nano ( 0.000000001 m ) yang dibuat dengan teknologi tinggi ( nano ) dimana pada awalnya berbentuk cairan kimia. Setelah dioleskan pada permukaan cat maka cairan tadi akan masuk kedalam pori pori cat dan kemudian lapisan ini akan mengeras, sehingga permukaan cat anda pun menjadi tidak memiliki pori pori bagaikan keramik.

"Aplikasi nano ceramic coating pada mobil tujuannya satu, melindungi cat kendaraan agar awet maksimal. Bodi mobil mampu memantulkan kilap seperti kilap kaca. Karena menggunakan struktur nano, material silica yang diaplikasikan pada badan mobil akan mengeras dan menempel masuk ke dalam pori-pori cat," ungkap Jonathan Susanto, General Manager Glass Fusion Indonesia.

Kegunaan nano ceramic coating pun beragam. Menggabungkan teknologi terbaru dari Jerman dan Jepang, Glass Fusion memproduksi lapisan pelindung cat mobil berdaya tahan tinggi yang berbahan kaca in-organik & aman.

Diantaranya tentu menciptakan Hydrophobic effect dimana mobil mendapatkan efek daun talas (air menjadi beeding dan mudah turun). Lalu Self – cleaning effect sehingga kotoran-kotoran tidak akan menempel membuat mencuci mobil menjadi mudah.

Yang ketiga melindungi dari kontaminasi natural acid atau hujan asam. Kemudian melindungi cat dari cacat yang sering diakibatkan UV seperti oksidasi. Dan terakhir membuat cat tahan terhadap baret-baret halus seperti swirl mark akibat teknik cuci dan lap yang salah.

Oleh karena itu sebelum ceramic coating diaplikasikan, kondisi cat mobil harus dipastikan 100 persen bebas dari kotoran, kontaminasi dan cacat yang ada di permukaan cat, jika tidak, begitu coating diaplikasikan defects ini akan sangat sulit untuk dihilangkan.

Stage pertama yang perlu dilakukan adalah mencuci mobil sehingga permukaan bersih dan mengclay dengan menggunakan clay bar untuk mengangkat kotoran-kotoran yang tidak terangkat pas proses mencuci. Kotoran-kotoran yang diangkat oleh clay bar ini biasa tidak terlihat dengan mata, biasa terasa kasar di permukaan cat.

Multi-stage paint correction adalah stage kedua yang dilakukan setelah mobil dicuci dan di clay. Multi-stage correction biasa dilakukan oleh professional detailer Glass Fusion untuk menghilangkan semua cacat yang ada di permukaan cat dengan menggunakan polish, compound, dan lainnya.

Setelah multi-stage paint correction selesai, nano ceramic coating baru diaplikasikan. Untuk mengaplikasikan nano ceramic coating, ruangan steril tertutup dengan suhu udara yang pas (sekitar 21-23 derajat celcius) sangat direkomendasikan untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Hasilnya? cat mobil yang sudah dilindungi oleh Glass Fusion (Dual Coating) Body Guard memiliki sifat sangat kilap, anti oksidasi UV, tahan terhadap cuaca hingga bergaransi 5 tahun lamanya. Cat mobil All New Toyota Rush yang biasanya kusam setelah 6 bulan pemakaian, sekarang jadi kilap seperti baru bahkan setelah bertahun-tahun.

Itu baru pelindung cat mobilnya. Dengan teknologi yang sama inovatifnya, Glass Fusion memiliki pelindung pula untuk kaca mobil All New Rush. Namun apakah ini coating kaca seperti pada umumnya? Tidak, Glass Fusion memiliki teknologi Covalent Molecular Bond, bersifat menyatu dengan kaca itu sendiri, karena memiliki perekat kimiawi berteknologi nano yang diimplementasikan untuk molekul.

Ketika kaca dalam kondisi yang sangat mulus, maka koefisien friksi mengecil kecil sehingga meminimalisasi resiko baret dan keretakan, kondisi tersebut juga meminimalkan dispersi cahaya yang datang dari depan, sehingga tidak terjadi bias, yang tentunya meningkatkan faktor keselamatan dalam berkendara.

Hal yang penting juga adalah Glass Fusion memiliki kemampuan menolak air, sehingga visibilitas saat hujan tidak lagi menjadi masalah, proteksi Glass Fusion melindungi kaca anda dari hujan asam, sisa emisi kendaraan, jamur, kerak sehingga tampilan kaca selalu nampak baru setiap hari.

Glass Fusion memberikan garansi 2 tahun terhadap, noda permanen, perubahan warna, buram, mengelupas. Sebaiknya untuk menjaga performa Glass Fusion dan mengembalikan fitur Hydrophobic kada kaca All New Rush BlackPals, lakukan maintanance setiap 6 bulan sekali, ya. [bil/timBX]

Tags :

#
glass fusion,
#
all new toyota rush,
#
nano ceramic coating,
#
hydrophobic,
#
covalent molecular bond,
#
auto jurnal