MENU
icon label
image label
blacklogo

All New Honda Jazz Part I - Upgrade Simpel Mesin New Honda Jazz Buat Harian

MAY 18, 2018@13:00 WIB | 2,514 Views

Siapa bilang menambah tenaga mesin All New Honda Jazz menguras kocek? Pendapat seperti itu jelas tidak tepat. Asalkan bukan mengejar penambahan tenaga yang ekstrim, langkah tuning untuk yang disarankan oleh Taqwa Surya Swasono berikut ini cukup mudah. Mesin L15A i-VTEC sudah lama menjadi salah satu mesin yang menjadi idaman pecinta modifikasi mobil, karena tenaganya yang besar dan fleksibel untuk dimodifikasi, baik yang berkonsep harian maupun racing.

Punggawa bengkel Garden Speed di Cilandak, Jakarta Selatan itu pun berpendapat hal paling mendasar jika ingin memodifikasi mesin mobil dengan cara apapun adalah memastikan kalau kondisi mesin sehat. Untuk itu harus dilakukan general tune up seperti penyetelan celah klep, mengganti busi, mengganti filter oli dan filter bensin, mengganti oli lama dengan oli yang bagus, serta melakukan cleaning injektor bila diperlukan.

Selanjutnya barulah mulai berurusan dengan part-part racing bolt-on seperti filter udara, header, knalpot, kabel busi dan part-part pengapian semacam koil dan busi. Kalau mobil sudah menggunakan ECU, penambahan piggy back diperlukan disini.

Sistem pengapian dalam mesin mobil sebenarnya sangat kompleks, tetapi ada beberapa bagian penting yang jika anda perhatikan sedikit akan membuat tenaga mobil anda meningkat. Salah satunya yaitu pada bagian sistem udara yang masuk ke dalam mesin yang digunakan untuk proses pembakaran, disini terdapat beberapa bagian yang bisa anda rubah sedikit untuk meningkatkan performa mesin yaitu filter udara dan penggunaan pipa cold air intake.

Ya, sesuai namanya fungsi pipa ini adalah untuk mendinginkan udara sebelum masuk ke ruang bakar. Kenapa harus didinginkan? Karena udara dingin itu lebih padat dari pada udara panas sehingga walaupun volume udara yang masuk ke ruang bakar sedikit namun kandungan oksigen (O2) lebih banyak sehingga proses pembakaran akan lebih baik dan tenaga yang dihasilkan mesin lebih besar.

Lebih lanjut, menurut pria yang juga terlibat langsung dalam pengembangan Jazz versi balap dari tim Honda Bandung Center ini, bagian filter udara dapat dimodif sedikit untuk meningkatkan performa mesin. Di pasaran banyak disediakan bermacam-macam filter udara, ada tipe Open Pod dan ada yang tipe Drop In. BlackPals dapat memilih sesuai tipe mobil Anda.

Tipe open pod biasanya digunakan untuk mobil dengan transmisi manual sedangkan yang tipe drop in untuk transmisi otomatis, alasannya karena tipe open pod bekerja lebih baik saat RPM tinggi sehingga anda dapat mengganti transmisi dengan stabil saat putaran mesin tinggi sedangkan tipe drop in efektif digunakan saat RPM rendah sehingga cocok bagi mesin matic.

Terakhir, jangan lupa meningkatkan kepakeman rem dari Jazz. Terutama hal ini dilakukan, karena Jazz mereka biasanya sudah ditingkatkan kemampuan akselerasi beserta top speed-nya. “Tentunya dengan mobil yang semakin cepat tentu juga dibutuhkan kinerja rem yang makin mumpuni untuk menghentikan laju kendaraan tersebut. Beberapa modifikasi rem yang bisa BalckPals lakukan antara lain mengganti rotor lebih besar, serta kaliper dan bantalan rem yang emang didesain buat mobil kencang,” tutup Taqwa. [bil/timBX]

Tags :

#
auto mods,
#
all new honda jazz,
#
modifikasi,
#
modifikasi mesin,
#
garden speed,
#
taqwa surya swasono