MENU
icon label
image label
blacklogo

Tuning Serem Type-R FK8, Didukung Part Engine USA Tenaga 400 whp Lebih

JAN 19, 2022@19:00 WIB | 409 Views

Trend modifikasi mesin memang terus dikembangkan oleh workshop Engine Plus. Pasalnya mobil-mobil berbasis FK8 dikembangkan untuk mendapatkan peak tertinggi. Honda Civic Type R yang masuk dalam ranah development Engine Plus ternyata bukan mobil spesifikasi balap, melainkan mobil harian. Surprise tentunya BlackPals, mobil sedan yang sedang naik daun beberapa tahun di SEMA, namun disisi lain varian FK8 sudah tidak dilanjutkan produksinya.

Dalam wawancara singkat kami dengan bro Yudis dari Engine Plus, kehadiran sedan Civic Turbo FK8 Type R adalah pemandangan yang jarang di BlackAuto Dyno Test. Kali ini kami dihibur dengan dua Civic Type R kuning dan Putih yang keduanya sudah dirancang sebagai varian tertinggi. 

"Emang dua tipe ini menjadi role model, banyak sektor engine yang kami kembangkan untuk menghasilkan tenaga buas, namun yang perlu dicatat adalah dua mobil Civic Type R ini masih dalam riset, belum menjadi capaian final," ungkap Bro Yudis Engine Plus pemegang rekor Dyno Test tahun lalu dengan 790 hp pada Mitsubishi Evo.

Kalau dibilang final, kedua mobil dengan kode mesin K20C1, statusnya masih under development. Dan hebatnya, meski produksi Civic Turbo dihentikan, Honda Jepang malah menjual mesinnya ke market secara bebas. Acuan ini mungkin menjadi pertimbangan Black Pals untuk swap engine dari tipe Civic biasa menjadi Type R. Kalau Civic Turbo pabrikan dengan 176 hp, maka Type R menghasilkan tenaga 340 hp on engine. Torsi Type R juga meningkat 450 Nm, dari varian biasa 400 Nm.

Kenyataanya kedua Civic Type R putih dan Kuning dikembangkan dengan treatment yang berbeda. Jadi tenaga yang dihasilkan pada mesin Dyno Mainline menghasilkan tenaga yang berbeda jauh.  Civic Type R Putih mencatatkan running diatas mesin dyno dengan 413,7 whp pada rentang putar mesin 4300 rpm. Bila patokan penghitungan Dyno Mainline mendegradasi 20% tenaga dari mesin, diperkiran tenaga on engine sudah 500 hp, meski berpenggerak roda depan. Sepintas memang part diimpor dari USA untuk dikembangkan instalasinya di Engine Plus dan dituning dengan ECU yang berbeda.

"Perubahan internal engine kami kembangkan dari tim Engine Plus. Menggunakan Piston JE, didukung Connecting Rod Carillo dari USA, bagian Porthead sudah berbahan CNC by 4P daru USA, kinerja mesin dikendalikan dengan tuning dari ECU Motec serta penggantian sektor turbo dengan Turbo Kit Rampage dari USA," tutur bro Yudis. 

"Dengan basic mesin sudah 2000 cc, type R memang dikembangkan untuk konsumsi balap oleh Honda Racing Team. Jadi tidak kami swap. Secara modifikasi sudah ditahap highly modified. Piston, conrod, valve spring, camshaft, pada internal engine. Sementara eksternal dengan mengganti Turbo dan tuning dengan ECU yang tidak standar," ungkap Lucas Head of Development Engine Plus, mengomentari Civic Turbo Type R putih.

Secara hasil dirinya mengaku belum puas. Ada banyak faktor yang menyebabkan tenaga on wheel tidak tersalurkan dengan baik. 

"BlackAuto Dyno Test harus diadakan terus, sebagai seorang builder, dyno Mainline ini menjadi alat ukur yang fair," tutur bro Lucas. 

Bagaimana dengan Civic Turbo Type R Kuning? Rupanya treatmentnya agak berbeda, terlihat dengan beberapa part yang diganti mulai dari piston, connecting rod, dan reflash ECU menggunakan tuning dari Hondata. Type R Kuning menghasilkan tenaga on wheel sebesar 443,4 whp.

Type R kuning ini sekaligus menjadi pilot project Engine Plus mengembangkan mesin K20 series yang cukup fenomenal dan dikembangkan secara detail oleh rumah modifikasi di Amerika Serikat.

"Dengan hasil 440whp pernah kami coba di mesin dyno lain. Banyak faktor yang membuat keberhasilan saat test dyno, mulai dari ngurut gas, gak perlu dibejek harus pakai feeling, perlu pendingin lebih," tutup Alfian owner FK8 Kuning.[Ahs/timBX]

Tags :

#
black auto dyno test,
#
civic type r,
#
engine plus