MENU
icon label
image label
blacklogo

Kilas Balik BlackAuto Battle: The Champ Balikpapan

NOV 22, 2019@08:00 WIB | 592 Views

Piye Kabare BlackPals! Tak terasa penghujung tahun sudah dekat. Final BlackAuto Battle pun sudah dekat, yang akan dilaksanakan di Jogja Expo Center pada tanggal 30 November hingga 1 Desember 2019 mendatang, tinggal 10 hari lagi. Seperti biasa, dalam event akbar ini, Final BlackAuto Battle akan mencari mobil-mobil modifikasi yang terbaik, yang akan mendapatkan titel “The BlackAuto Master”. Namun sebelum itu, kita kembali dulu ke pemenang The Champ di BlackAuto Balikpapan.

Suzuki Swift hasil gubahan R Garage mendapat gelar The Champ di BlackAuto Battle Balikpapan 2019. Diora Project, nama mobil garapan R Garage, Makassar ini sebelumnya dari Bulan Desember 2018 hingga Agustus 2019 telah mengalami rombakan modifikasi.  Di sektor mesin, menggunakan turbo dan supercharge. Rama dari R Garage mengaku kombinasi part performance tersebut tetap bekerja sebagaimana mestinya. Supercharge AMR 500 bekerja memberikan tenaga tambahan saat mobil melaju di RPM rendah, sekitar 3000 rpm. Sedangkan Turbo Garret TD05 bekerja untuk RPM tinggi.

“Kita kombinasikan dua part performance untuk mengejar poin kreativitas, sekaligus menambahkan sektor kesulitan dalam hal modifikasi mesin, dan ternyata dua-duanya fungsional. Pada saat putaran mesin sampai di 3000 rpm, supercharge memberikan boost secara aktif. Sedangkan saat putaran mesin tinggi 4000-5000 rpm, diperbantukan kinerja turbo secara pasif atau on off,” jelas Rama dengan maksud mengejar poin skor sheet dan itu menjadi ide originalnya.

Kedua, sektor undercarriage cukup fokus mengejar kenyamanan penggunaan coilover ISC dipadukan dengan air suspensi menjadi bagian yang cukup menantang. Dengan tenaga yang besar, diperlukan pengereman yang maksimal. Dan kali pertama, Rama menginstalkan dua caliper AP Racing  6 pot sekaligus di ban belakang untuk sektor pengereman dan diban depan 8 pot menggunakan caliper Altech.

Ketiga, untuk ikut kembali di ajang BlackAuto Battle 2019, Rama merombak desain seperti bodykit baru, mesin, undercarriage hanya dalam tempo 3 bulan. Perubahan warna, velg, caliper dan mesin ditambahkan aksesoris dan NOS. Waktu yang singkat tersebut Rama ditopang dengan 20 rekan kerja dibawah bendera R Garage.

Dirinya juga telah menggunakan motorize di beberapa titik seperti TV, hood dan back door. Penggunaan air suspension dan motorize telah ditanamkan dalam management system berbasis Android. Dirinya mengaku banyak mendapatkan ilmu dari rekan-rekan Kupu-kupu Malam, namun basic tersebut kemudian dikembangkan sendiri secara aplikasi berbasis Android.

Untuk proyeksi modifikasi kedepan, Rama mengaku telah mempersiapkan paket swap engine V6 atau V8 untuk beradu di BlackAuto Battle seri selanjutnya, apakah itu Yogyakarta atau di tahun depan, kita tidak tahu. Yang jelas, bagi kalian yang penasaran ubahan apa yang selanjutnya dibuat oleh R Garage, datang langsung ke Final BlackAuto Battle 2019, di Jogja Expo Center (JEC), tanggal 30 November dan 1 Desember 2019.[prm/timBX]

Tags :

#
auto battle,
#
the champ,
#
blackauto battle,
#
the champ balikpapan