MENU
icon label
image label
blacklogo

Janoko, No Founder Just Brother

DEC 01, 2019@09:00 WIB | 733 Views

Toyota Innova yang hadir pertama kali sejak tahun 2004 cukup banyak menarik minat para pecinta otomotif. Bahkan sejak peluncuran pertamanya, sudah beberapa komunitas yang siap mendeklarasikan dirinya. Namun, setelah 10 tahun hadir di tanah air,  komunitas Innova Yogyakarta juga turut mendeklarasikan dirinya dengan nama Janoko (Kijang Innova Community) yang berdiri sejak awal tahun 2014 lalu.

Ardian Bimo Putranto, Humas Janoko menjelaskan, awalnya Janoko merupakan kepanjangan dari Jawa Innova Community karena dideklarasikan di Yogyakarta. Namun, banyaknya antusias anggota dari luar Yogyakarta atau Pulau Jawa yang ingin bergabung, akhirnya Janoko berubah kepanjangan menjadi Kijang Innova Community.

“Kami tidak ada pendiri komunitas, karena kami semua bersaudara, sesuai dengan motto kami No Founder, Just Brother. Deklarasinya pun kami lakukan bersama-sama dengan semua anggota pada saat Jambore Nasional (Jamnas) di Yogyakarta tahun 2014 lalu,” ungkap Bimo sapaan akrabnya. Secara garis besarnya, Janoko saat ini tidak memiliki ketua umum tetapi ada satu yang dituakan atau dianggap sebagai ketua umum yang mereka sebut Lurah dan juga Dewan Syura yang setara dengan Dewan Penasehat.

Keberadaan Janoko sudah cukup luas, ini terbukti dengan jumlah anggota yang dimiliki lebih dari 1.500 anggota yang tersebar di Pulau Sumatera, Jakarta, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Bahkan setiap tahunnya, Janoko selalu mengadakan Munas (Musyawarah Nasional) dan juga Kopdargab (Kopi Darat Gabungan) yang digelar setiap dua tahun sekali. “Kopdargab pertama dilaksanakan di Yogyakarta, yang kedua di Madiun, ketiga di Klaten dan yang kopdargab yang keempat rencananya akan digelar di Jakarta awal tahun depan,” imbuh Bimo.

Bimo mengungkapkan, untuk membentuk chapter, anggota dari chapter tersebut awalnya harus mengikuti minimal satu kali kopdargab atau jamnas Janoko dan jumlah member minimal 5 orang dan pastinya harus Toyota Innova dari segala model dan tahun. "Kedepannya kami dapat terus berkembang di daerah-daerah lain di Pulau Jawa dan Sumatera. Dan juga berharap dapat terus solid dan keakraban yang kami bina selayaknya seperti saudara,” pungkas Bimo. [ryn/timBX]

Tags :

#
car community,
#
final battle,
#
blackauto battle 2019 yogyakarta,
#
janoko