MENU
icon label
image label
blacklogo

Dyno Test Final BAVB 2021 Mengukur Performance Peak Engine

JAN 13, 2022@14:30 WIB | 226 Views

BlackAuto Virtual Battle 2021 memasuki tahap final yang rencananya bakal disiarkan secara langsung pada 14 Januari 2021 pukul 19.00 WIB. BlackPals dapat melihat secara langsung melalui streaming di blackautobattle.blackxperience.com. Kelas yang paling ditunggu-tunggu oleh petrol heads selain mobil apa yang bermain di Contest Car dan Culture Car adalah dyno attraction atau yang dikenal sebagai BlackAuto Dyno Test. Para peserta yang masuk final BlackAuto Modify Contest Car harus beradu diatas mesin dyno untuk mengukur aspek performa mesin yang sudah diinstal.

Sementara bila menilik ke BlackAuto Battle secara offline, BlackAuto Dyno Test memiliki beberapa spesifik kelas yang dilombakan. Pertama kelas Naturally Aspirated, bakal diisi dengan mobil dengan mesin 4 silinder non turbo dan tetap menjadi kelas yang bergengsi terutama untuk mobil-mobil dengan internal part yang sudah upgrade ke part performance, seperti conrod, bearing, valve, sistem ECU stand alone. Bahkan, tidak sedikit dari peserta yang sudah swap engine.

Kelas kedua, mobil mesin dengan force induction (FI) yang sudah dimodifikasi mulai dari ganti turbo, dengan mesin standar, penambahan boost, pergantian ECU, remap ECU, upgrade exhaust system. Mesin 4 silinder dengan turbo diwakili dengan mobil Jepang, Eropa dan mereka saling ingin mencatatkan angka paling baik.

Menggunakan parameter dari Mainline DynoLog Dynamometers, peserta secara mental harus siap patah hati karena hasilnya bakal tereduksi 30% dari hasil tuning pabrikan atau bengkel. Namun setiap peserta diberikan kesempatan untuk running dua kali, untuk mempresentasikan peak terbaik engine, hasil dynometer paling besar bakal menjadi catatan scoring dan saling beradu dengan peserta lain yang juga memiliki kesempatan running yang sama. Apabila terjadi trouble saat akan run pertama, biasanya diberikan waktu untuk setting mobilnya lebih baik.

Kelas ketiga adalah kelas FFA (Free For All) di kelas ini sudah tidak ada batasan mobil apa yang mau bertanding di BlackAuto Dyno Test. Rata-rata peserta yang ikuti di kelas ini karena tuningan bengkel performance. Mereka para peserta biasanya sudah memperkirakan angka yang pernah dicapai, saat pengujian mereka dipersilahkan memilih transmisi mana yang digunakan untuk mencapai peak yang diinginkan hingga putaran RPM berapa untuk mencatatkan angka maksimum. 

Kecenderungan peserta yang terlanjur membejek dalam di running awal mendapatkan angka pencapaian yang besar. Sementara running kedua turun disekitar 10-30hp.  Dan saat mobil running, blower dyno dipastikan hidup guna mendapat pendinginan mesin secara maksimal. Bicara even final BlackAuto Virtual Battle 2021 ini, sepertinya ketiga kelas tersebut dibatasi hanya untuk engine 4 silinder berpenggerak roda depan atau belakang dan sudah dibekali turbo. Nah seperti apa keseruan BlackAuto Dyno Test ini, ikuti update terbaru kami BlackPals. [Ahs/timBX]

Tags :

#
blackauto virtual battle 2021,
#
bavb 2021,
#
blackauto virtual battle,
#
bavb