MENU
icon label
image label
blacklogo

BlackOut Loud East Region : Aroma Balas Dendam di SQL/SPL, Kelas SQ Tiga Tim Saling Berbagi Podium

OCT 22, 2021@16:40 WIB | 502 Views

Kontes car audio cukup memberikan shock effect  karena tim jagoan audio installer pada turun gunung untuk menghadiri BlackOut Loud BlackAuto Virtual Battle East Region 2021 yang dipusatkan di Grand City Surabaya.   Peserta Sound Quality terkumpul lima belas mobil, saling beradu menghasilkan tuning terbaik dengan menyertakan dua asosiasi car audio EMMA dan I-CAN. 

Dalam kompetisi Sound Quality,  penjurian menitikberatkan pada sektor imaging, sound stage, tonal accuracy, over all spectral balance, dan listening pleasure. Dua juri dari kedua asosiasi menilai mobil secara bergantian, diskusi dengan peserta setelah penilaian menjadi momen penting, karena kemampuan tuning dan jam terbang peserta harus terupdate, atas masukan dari para juri. Dari asosiasi EMMA diwakili Mr. Steven AJM dan asosiasi I-CAN oleh Mr. Iwan Spectral Audio.

Kelima belas peserta mewakili tim dari Anak Sekolahan, Dynamic Audio, Team AMC, MAC, Soundlab, ML Audio, Amogaz, dan Concerto. Tiga besar tim dengan scoring terbaik dari dua asosiasi tercetus (grand total) diraih oleh Team AMC dengan Innova Reborn total scooring 5146,8 point. Posisi kedua diraih tim Soundlab dengan Honda CRV  total scooring 5118,4 point dan posisi ketiga diraih oleh team Concerto dengan 5112,6 point. Selamat atas ketiga pemenang BlackOut Loud Sound Quality BAVB East Region 2021.

Kelas lain yang bertanding Sound Quality Loud (SQL) dan Sound Pressure Loud (SPL). Ada 9 peserta yang bertanding, masing-masing dari tim FAC, IMP A3, RNS, Begundals, RNS, Maximos, dan ICA Bengkulu. Panitia mewajibkan semua peserta SQL untuk tanding di SPL. Jadi ketika penilaian SQL oleh Mr. Maslim Djanuanto dilakuan dengan bagasi terbuka, dengan jarak 5 meter. Kebalikannya, SPL dilakukan dengan bagasi belakang tertutup, menggunakan penghitungan digital Term Lab. 

Parameter penilaian SQL dilihat dari tonal balance, listening pleasure, ambient, subwoofer, bass, midrange, high, dan overall. Yang harus diperhatikan kepada setiap peserta, setiap suara yang dikeluarkan harus memenuhi aspek Sound Quality, juga harus diimbangi dengan loud suara. "SQL itu lebih memperhatikan tonal dan balance, yaitu keseimbangan antara frekuensi tinggi, rendah dan bawah. Installer harus mengejar titik itu, agar mendapatkan point plus.  Selain 9 parameter penilaian itu, juga menitik beratkan pada instalasi, dan pengukuran SPL. Jadi keseluruhan nilai itu ditotal secara general, yang paling tinggi nilainya bakal menjadi pemenang," ujar Mr. Maslim, selain tonal, instalasi dan juga mempertimbangkan pengukuran SPL dari SPL meter. 

Kalau perhatikan peserta, ICA Bengkulu adalah tim yang bertanding di BlackOut Loud Central Region. Dan tim ini tidak mendapatkan posisi 3 besar, kecuali di kelas SPL yang saling berhadapan dengan tim Amogas. Tim ICA Bengkulu menyabet Runner Up di SPL Central Region. Dengan persiapan yang lebih matang, tim ICA Bengkulu yang memiliki cabang di Jombang ini berhasil menuntaskan dua slot SQL di kelas FFA Class.

Juara pertama SQL FFA Class direbut oleh Toyota Innova dari ICA Bengkulu dengan point tertinggi 289 poin. Sementara juara kedua diraih oleh tim Maximos dengan Daihatsu Xenia dengan 284,6 poin. Poin yang terpaut tipis juga diraih oleh tim ICA Bengkulu melalui Honda Jazz, dengan tautan 284,5 poin.

Kualitas settingan dari Innova dan Jazz milik tim ICA Bengkulu ini kembali beradu di kelas SPL. Alhasil keduanya saling berbagi juara Honda Jazz menyabet angka paling tinggi 156,5 desible, terpaut tipis dengan Innova dengan 156,2 desible. Juara ketiga diraih oleh Bagin dari tim IMP A3 dengan Honda HRV skornya 153,5 desible. Sebagai parameter jarak pengukuran Term Lab ini dipatok 5 cm dari bagasi.[Ahs/timBX]

Tags :

#
blackauto virtual battle 2021,
#
bavb east region 2021,
#
blackout loud,
#
sql ffa class,
#
spl ffa class,
#
sq unlimited class,
#
ica bengkulu,
#
team maximos,
#
imp a3,
#
team amc,
#
team soundlab,
#
team concerto