MENU
icon label
image label
blacklogo

Black Out Loud, Duel Tuner Audio Terbaik

SEP 17, 2020@18:30 WIB | 250 Views

Audio merupakan salah satu elemen yang tak bisa lepas dari mobil dan juga jadi salah satu kategori di BlackAuto Battle yaitu Black Out Loud. Nah, dalam Blacktalks kali ini, tim BlackXperience mengundang dua dedengkot audio yaitu Maslim Djanuanto, seorang pakar car audio dan juri audio internasional, dan Ferdy dari Glaze Autosound selaku installer dan kontestan BlackAuto Battle.

Berbicara mengenai Black Out Loud yang mengadopsi beragam regulasi audio internasional, ada beberapa kategori yang ditandingkan termasuk SQ, SQL dan SPL. Pembicaraan pun semakin mendalam membahas car audio secara umum dan spesifik, serta bermacam asosiasi yang menaunginya.

Saat ditanya mengenai perkembangan audio lokal dan internasional, Maslim selaku juri yang telah melanglang buana menyampaikan jika Indonesia termasuk yang paling unggul dibandingkan dengan negara Asia Tenggara lainnya termasuk Singapura, Thailand, China, Malaysia, Taiwan dan Filipina dari sisi suara dan tuning, namun dari segi craftsmanship, Thailand masih sedikit unggul.

Dalam kategori SQL, Black Out Loud jadi hiburan tersendiri karena menampilkan kualitas audio keluar dari mobil, lain dengan SQ yang penjuriannya hanya dari dalam mobil tertutup. SQL di Black Out Loud juga jadi kategori istimewa yang selalu penuh dengan peserta.

Lalu pembahasan berlanjut ke alasan orang untuk upgrade audio mobil, dimana Ferdy menjelaskan jika biasanya audio standar bawaan mobil suara outputnya bisa dibilang kurang, terutama bagi pengguna yang suka main audio. "Kalau kita udah terbiasa mendengar audio mobil bagus, tentu kurang puas dengan audio bawaan mobil, walau kini banyak tipe mobil prestige yang sudah memasukkan sistem audio yang tak standar lagi," ucap Ferdy.

Untuk menciptakan sistem audio dengan kualitas penggunaan harian, Ferdy menambahkan "Kalau kita mau upgrade audio, ibaratnya stage one atau tahap awal adalah mengganti speaker, menambahkan amplifier dan subwoofer serta prosesor sebagai tambahan".

Semisal ada dana minim, menurut Ferdy pergantian atau penambahan utama sebagai pembuka adalah speaker atau driver. "Begitu ganti speaker, pasti udah beda, karena pada dasarnya, yang menghasilkan suara ya speaker".

Ketika ditanya mengenai pilihan sistem speaker 2-way atau 3-way, Maslim menerangkan jika sesungguhnya telinga manusia hanya mampu menangkap rentang frekuensi 20hz hingga 20Khz, "jadi kalau 2-way dengan tuningan tertentu mampu menghadirkannya tentu sudah lengkap, namun semua tergantung keinginan orang, karena ada yang mengharapkan kualitas audio pro atau home ke dalam sistem audio mobilnya, nah disinilah hadir 3-way dan seterusnya".

Selain speaker, head unit, wiring, amplifier dan prosesor, ada hal yang tak kalah penting perlu diperhatikan dalam setup audio mobil yaitu peredaman. Maslim menjelaskan jika ada tiga tipe peredaman dalam mobil termasuk peredam panas, getar, dan peredam suara yang wajib dipasangkan agar kualitas akustikal mobil semakin mantap. Kontes audio termasuk dalam BlackAuto Battle juga jadi barometer perkembangan audio juga sebagai pembuktian, ajang gengsi pemilik, toko dan tuner demi membesarkan namanya di kancah audio. [leo/timBX]

Tags :

#
black talks,
#
black out loud,
#
blackauto battle