MENU
icon label
image label
blacklogo

Audi A4 ini Berhasil Dinobatkan Sebagai Contest BlackAuto Master BAVB 2021

JAN 15, 2022@09:00 WIB | 134 Views

Setelah perhelatan BlackAuto Virtual Battle di tiap regional seperti di East Region, Central Region, dan West Region, selesai sudah gelaran modifikasi terbesar di seluruh Indonesia, BlackAuto Virtual Battle 2021-Final Battle. BlackAuto Virtual Battle 2021-Final Battle tahun ini ditayangkan secara live streaming yang dapat disaksikan oleh para pecinta modifikasi di seluruh Indonesia. Hasil penjurian dan pengumuman sendiri sudah ditayangkan di kanal Youtube BlackXperience.

Untuk pemenang kategori BlackAuto Modify Contest, para juri pun akhirnya memutuskan Leonard dari komunitas Audi Verein yang mengusung Audi A4 ini untuk mendapatkan trophy Contest BlackAuto Master.

Audi A4 lansiran tahun 2008 ini sudah berubah total. Tampilan kap mesin serupa dengan milik RS4, namun dari sisi mesin sudah dilakukan swap engine dengan menggunakan mesin RS5 dengan konfigurasi V8. Modifikasi ini yang kemudian membuat Audi A4 milik Leonard ini harus menggunakan wide body dengan tampilan over fender, hood dan roof berbahan karbon. Dengan grille depan yang lebar, side skirt, front skirt, diffuser dan knalpot racing buatan Kline Performance.

Generasi terakhir V8 RS5 natural aspirated dalam kacamata Audi-lovers mencuri perhatian sebagai mesin V8 terbaik. Mesin berkapasitas 4.163 cc, V8 FSI dengan tenaga 444 bhp ternyata menjadi incaran peminat mobil di Indonesia. Disebut sebagai generasi terakhir, downsizing pun terjadi setelah produksi 2010-2013 untuk mengejar emisi rendah sehingga pabrikan asal Jerman ini pun akhirnya membuat mesin yang lebih ramah lingkungan, namun dengan tenaga yang tidak kalah dengan tenaga V8.

Mobil Audi A4 dengan mesin yang di-swap ke RS5 ini butuh waktu panjang, yaitu sekitar 3 tahun secara keseluruhan untuk membangunnya. Goal yang dikejar Leonard, membangun mobil dengan spesifikasi balapan, namun tetap fungsional untuk digunakan harian.

Untuk swap engine ini dibilang cukup langka di dunia. “spend a lot of money  just to swap RS5, but this modification is something different,” tutur Leonard menirukan gaya teknisi Audi. Namun ketika modifikasi mengarah ke stage two, mulai dari header hingga exhaust, air filter, ignition coil,  ECU remap, dan kaki-kaki menggunakan track spec Audi 034 motorsport, para teknisi harus bekerja secara ekstra keras.

Selain mesin, transmisi quattro, dan axle harus diganti, perubahan mendasar dari mesin berpenggerak depan, diubah menjadi all wheel drive. “Kami mengganti header dengan bahan Inconel 625 Catless yang digunakan Kline Innovation dari Rumania. Sistem exhaust valvetronic berbasis wireless. Dan karena ini part modifikasi, kami mendapatkan emblem khusus untuk B80RED”, ungkap Leonard.

Perubahan ekstrim berikutnya terjadi di sektor eksterior. “Bagian bonnet depan saya convert menggunakan RS4 Wagon 2016-2017, mulai dari grille hingga kap mesin. Sedangkan lampu belakang serta ducktail menggunakan S4 dari versi sedan. Secara sistem menggunakan RS5, pada kecepatan tertentu ducktail bisa membuka sendiri, dan ketika kecepatan menurun bisa menutup sendiri. Sedangkan untuk widebody, dikerjakan secara detail di platinum motorsports. "Menggunakan line desain seperti mobil aslinya untuk meminimalisir distorsi”, jelas Leonard.

Leonard juga menambahkan: “Velg ADV1 5.0 Track Function Competition Spec diameter 20 inch lebar 12 inch, dengan ET12. Dengan special order, refinishing dengan inner barrel warna red candy, step lips black chrome dan palang xyralic black serta rivets menggunakan red candy.  Dipadukan dengan pengereman caliper Audi Ceramic diameter 390mm six pot bagian depan dan belakang”. Tampilan yang dynamic stance  didukung dengan Accuair Air Suspension with EndoVT Black Anodyze.

Sektor interior tak kalah dengan sektor lainnya. Alih-alih tenaga mesin yang besar, dashboard dan instrument cluster mengadopsi RS5, display monitor, panel dashboard yang sudah di-finishing carbon. “Dengan model 4 pintu, keempat tempat duduknya menggunakan RECARO Sportster CS special Edition 2012 di bagian depan, sedangkan untuk bagian belakang RECARO Sportster CS 2017.  Pada bagian setir menggunakan R8GT, termasuk paddle shift bawaan R8GT. Secara look telah di finishing carbon. Untuk bagian atas dipasang sunroof Webasto Hollandia 730”, kata Leonard.

Sistem audio yang mendukung sound quality dipercayakan kepada FI Audio. Bagian depan menggunakan Ground Zero tweeter speaker berbahan emas 24 karat. Pada midrange, dan midbass menggunakan Ground Zero. Sedangkan untuk amplifier mengunakan Ground Zero Uranium 2 inci, 4 inci dan 6 inci. Di bagian belakang dilengkapi Ground Zero Uranium Subwoofer 8 inci, 4 buah. Dengan sebuah prosesor Helix Digital Sound Two dan di-finishing menggunakan acrylic subwoofer box. [fkg/timBX]

Tags :

#
blackauto virtual battle 2021,
#
bavb 2021,
#
blackauto master,
#
final battle blackauto virtual battle 2021