MENU
icon label
image label
blacklogo

Aloes dari Permata Variasi Sabet Juara Pertama SQL BlackOut Loud BlackAuto Battle 2019 Balikpapan

AUG 17, 2019@15:38 WIB | 870 Views

BlackAuto Battle Balikpapan 2019 telah melangsungkan kontes car audio melalui BlackOut Loud dengan kategori SQL Max Twin Boombox. Kontes Audio ini diikuti oleh 5 peserta. Namun dalam kenyataannya yang hadir  untuk mengikuti kontes hanya 3 mobil saja. Salah satu pemenang SQL Max Twin Boombox, Muhammad Kusniadi atau biasa dipanggil dengan Bro Aloes, dari Permata Variasi Samarinda.

Mobil Suzuki Swift tahun 2012, telah dimodifikasi dengan gaya street racing, atau Bro Aloes menyebutnya sebagai racing harian. Selain bermain di kelas BlackAuto Modify, dirinya juga mendaftarkan sebagai peserta BlackOut Loud dan menyabet juara satu kategori SQL Max Twin Boombox.

Dengan Head Unit Pioneer AVH X5850BT, didistribusikan melalui speaker mid bass Venom VX6511. Kemudian speaker 3way Venom VX3FR, dan Tweeter Venom seri VX 4HT. Sektor power digunakan 4 channel Venom V480X dan monoblok Prokick 6000, menggunakan subwoofer Venom VX6012 dan framing dengan menggunakan box cosmetik. Kinerja head unit dipermudah dengan menginstal processor Venom Pandora yang memudahkan setting tinggi rendah suara.

Kelas SQL bagi bro Aloes bukan hal baru, meski dirinya hanya pendatang baru di dunia Audio. "Monoblock prokick 6000 salah satu yang terbaik dipadukan dengan subwoofer paling tinggi Venom VX6012. Saya melakukan setting pada malam hari untuk mengetahui kejernihan suara yang ditangkap oleh pendengaran. Vokal, tweeter, mid bass, dan bass harus sama, tidak boleh salah satunya terlalu tinggi atau terlalu rendah. Dan itu mendukung tonal akurasi, staging dan imaging," jelas bro Aloes kepada tim Blackxperience.com.

Untuk setting equalizer dirinya menggunakan laptop. Tahun 2016,  bro Aloes mendapatkan juara 3 dalam kategori masih belajar setting car audio saat itu. "Tahun 2016 saya memberanikan diri untuk ikut kontes car audio, meski jujur hasil buat saya nomor dua. Setelah setting yang baik, antara tonal, staging dan imaging, faktor yang menentukan adalah tingkat pendengaran dari seorang installer," aku bro Aloes.

Dirinya mensetting audio mobilnya pada malam hari, karena di malam hari tidak ada kegaduhan. "Setting butuh kondisi yang kondusif. Dimulai dari volume rendah, kurang dan pasnya settingan dimana. Hingga volume dinaikkan ke middle dan ke high, harus berjalan dengan pendengaran yang baik. Hingga suara dikeluarkan melalui speaker dari jarak 5 meter. Tidak boleh ada suara pecah, tweeter kelebihan, dan midbass harus keluar dan terdengar dari jarak 5 meter," jelas bro Aloes yang mensetting Suzuki Swift hingga menjelang subuh.

Audio Swift miliknya diinstal pada 2 tahun silam, tepatnya 2017. Belum ada update part lagi, hingga saat ini diikutkan di lomba BlackOut Loud 2019. "Karena belum ada yang mengalahkan, saya tetap pertahankan instalasi yang ada. Kalau ada yang mengalahkan, baru saya  upgrade lag," tutur Aloes. Dirinya dengan Swift hitam beraliran street racing mengaku telah memenangkan gelaran kontes audio 5 piala di beberapa lomba di Samarinda. 

Harapannya penyelenggaraan BlackAuto Battle 2019 sukses hingga final nanti. "Harapannya setelah sukses di Balikpapan, BlackAuto Battle bisa singgah di kota Samarinda." Terkait ketatnya kontes modifikasi di Balikpapan dirinya menyayangkan rekan-rekan builder dan installer tidak sempat mengikuti acara BlackAuto Battle 2019 ini karena faktor pendeknya jeda waktu dan jarak tempuh. [Ahs/timBX]


Hasil SQL Twin Boombox BlackOut Loud 2019 Balikpapan

Juara 1 Suzuki Swift Permata Variasi dengan 299,9 point 
Juara 2 Kijang Innova Prosckit dengan 292,3 point
Juara 3 Suzuki Swift RC Garage Modification dengan 268,6 point


 

Tags :

#
blackout loud,
#
blackauto battle 2019 balikpapan,
#
sql twin boom box,
#
kontes car audio,
#
permata variasi samarinda,
#
rc garage modification,
#
porsckit