MENU
icon label
image label
blacklogo

Peringkat Film Batman Terburuk hingga Terbaik

JUL 15, 2020@13:00 WIB | 479 Views

Batman adalah pahlawan super ikonik yang telah digambarkan dalam banyak versi maupun media. Yang terbaru adalah kabar mengenai film The Batman yang akan dibintangi oleh Robert Pattinson, untuk rilis di tahun depan. Dari sejumlah film Batman yang kita kenal, ternyata ada beberapa judul yang dianggap gagal menarik penggemar. Berikut peringkat film Batman dari yang buruk ke film terbaik.

Pertama, ada film Batman & Robin rilisan tahun 1997. Film yang dibintangi oleh George Clooney sebagai Batman dan Chris O’Donnell sebagai Robin ini mendapat predikat film Batman yang paling tidak disukai dalam waralaba. Sutradara Joe Schumcher adalah sutradara yang baik, tetapi sepertinya ia terbara aura para pahlawan dan mencoba melakukan terlalu banyak pada seri ini.

Film berikutnya yang dinilai gagal menggambarkan pahlawan super ini adalah film Batman vs Superman. Termasuk rilisan terbaru, film ini ternyata tidak dapat memenuhi ekspektasi penggemar. Ini merupakan pertemuan sinematik pertama antara Ksatria Kegelapan dan putra favorit Krypton, dengan dikomandoi sutradara dibalik Man of Steel, Zack Snyder. Ekspektasi yang sangat tinggi bagi sutradara tampak memberi tekanan dengan plot yang kacau, tidak masuk akal dan topik terbagi.

Sang pahlawan mulai bergerak menuju penerimaan yang baik lewat film Batman tahun 1989 yang disutradarai Tim Burton. Dirilis pada momen Natal, film ini sajikan plot yang seimbang dan sedikit konyol dengan menampilkan Michael Keaton sebagai Batman. Adapun Jack Nicholson memerankan Joker dan Kim Basinger sebagai Vicki Vale. Film ini berhasil kantongi pendapatan $411 juta AS atau hampir Rp6 trilyun, sebuah angka fantastis di kala itu.

Batman Begins yang diluncurkan pada tahun 2005 di bawah arahan Christopher Nolan juga menghasilkan aura positif. Film ini diadaptasi secara longgar oleh sang sutradara dengan menggandeng sejumlah nama papan atas, yang tak mungkin mengecewakan. Ada Michael Caine, Morgan Freeman, dan Gary Oldman yang memastikan kembalinya Bruce Wayne dengan sinematik. Kisah ini lebih konvensional dan dinilai lebih relevan dengan kisah sebelumnya. Christian Bale sukses berada di balik topeng Batman, dengan raupan $371 dolar AS atau setara Rp5,3 trilyun rupiah.

Posisi puncak waralaba Batman diisi oleh The Dark Knight pada 2008. Sebagian besar kesuksesan ini kerap dikaitkan dengan perubahan Health Ledger sebagai Joker, ditambah plot yang seimbang, cerita yang menyentuh moralitas, politik dan filsafat. Film yang dibintangi oleh Christian Bale ini merupakan film tersukses dengan rating 9 dari IMDb, 94% Rotten Tomatoes dan 84% dari Metacritic. Kehadiran Maggie Gyllenhaal sebagai tokoh yang memperbaiki cinta yang hancur, kombinasi Hans Zimmer dan James Newton Howard, semua membawa skor sempurna. [yub/timBX]

Tags :

#
film batman,
#
film terbaik,
#
film,
#
batman