MENU
icon label
image label
blacklogo

Melihat Ukiran-Ukiran Unik yang Terdapat di Caseback Rolex

NOV 25, 2021@18:30 WIB | 98 Views

Mulai dari "Domino’s Pizza", "22 Special Air Service",hingga "Attack Helicopter".

Bagian menarik dalam sebuah jam tangan tidak hanya bagian dial-nya. Memang bagian muka jam ini sering menjadi tanda perubahan zaman dalam brand. Namun bagian caseback juga menjadi bagian penting dalam desainnya. Ukiran dalam bagian caseback ini lebih banyak cerita personal kolaborasi atau pemiliknya.

Ukiran caseback ini biasanya menjadi bahan custom untuk mereka yang tidak berencana untuk menjual arloji misalnya. Ata ada juga yang menggunakannya untuk merayakan hal tertentu, misalnya Keanu Reeves yang menghadiahkan Rolex untuk tim John Wick 4-nya dengan ukiran khusus dan nama di belakang.

Rumah-rumah lelang juga sering mendapatkan angka tinggi dalam penjualan arloji personal orang-orang terkenal. Misalnya Rolex GMT-Master milik Marlon Brando yang terjual $2 juta dan Rolex Day-Date John F. Kennedy yang merupaka hadiah dari Marilyn Monroe. Berikut adalah ukiran-ukiran unik di caseback jam tangan Rolex yang dikumpulkan oleh Hypebeast.

1. Rolex Explorer II 22 Special Air Service

Special Air Service (SAS) adalah sebuah divisi operasi khusus dalam tentara Inggris yang didirikan tahun 1941. Organisasi militer dikenal sebagai salah satu yang paling dihormati di dunia.

Tahun ini, Rolex memberikan kesempatan bagi anggota aktif 22nd Special Air Service Regiment untuk membeli versi eksklusif Rolex Explorer II ref. 216570. Mereka pun memproduksi hampir 100 contoh.

Tidak hanya membuat dua versi dial hitam dan putih, semua jam tangan ini memiliki ukiran caseback nama “22 Special Air Service”, logo pisau bersayap khasnya, dan motto meeka “Who Dares Wins” di bagian samping arah jam 9.

2. Rolex Daytona Sports Car Series Champion

Rolex Sports Car Series adalah nama kompetisi balap otomotif yang dijalankan oleh Grand American Road Racing Association sebelum berubah nama menjadi United SportsCar Championship.

Dan hadiah pemenangnya adalah Rolex Daytona yang menjadi khusus dengan logo Rolex Sports Car Series lengkap dengan tulisan Champion. Tidak heran arloji menjadi lambang status para pemenang dan menjadi barang yang disimpan dengan hati-hati.

Baca juga: Skeleton Concept buat Rolex Daytona Gaya Maldonado

3. Rolex MilSub

Rolex MilSub adalah arloji hasil modifikasi khusus dari Submariner dive untuk diberikan kepada anggota militer Inggris antara akhir tahun 1950-an hinga akhir 1970-an.

Ada banyak tambahan yang sangat khas militer, seperti jarum jam berbenrtuk pedang, bezel hitam bergerigi, dan tali jam NATO Strap. Selain itu, di bagian belakang dial mereka, ada ukiran nomor stok militer dan symbol Broad Arrow milik Kementerrian Pertahanan Inggris.

4. Rolex COMEX Submariner

Bersama dengan MilSub, COMEX Submariner adalah edisi label privat lain dari arloji selam legendaris milik Rolex yang menduduki wishlist kolektor.

Comex sendiri adalah perusahaan menyelam laut dalam dari Prancis dan bekerja sama dengan Rolex dari tahun 1970-an hingga 1990-an.

Arloji COMEX Submariner sendiri memiliki beberapa referensi berbeda. Namun setiap jamnya memiliki ukiran caseback dengan nama COMEX dan nomor anggota tiap individual.

5. Rolex Oyster Perpetual 116000 Domino’s Pizza

Sebagai bagian dari kerjasama Rolex dan Domino’s Pizza, Oyster Perpetual ini dihadikan kepada manager Dominos yang bisa menjual pizza hingga $25.000 selama 4 minggu berturut-turut.

Arloji ini memiliki plat logo Domino di bagian bracelet dan ukiran yang sama di bagian caseback. Tiap manajer yang mendapatkannya juga diserahkan surat resmi dari Domino’s Pizza.

Baca juga: Arloji Rolex Roger Federer Saat Kembali ke Wimbledon

6. Rolex Explorer II 216570 Attack Helicopter

Satu lagi arloji militer dengan caseback unik dari Rolex adalah ukiran Attack Helicopter ini. Edisi spesial Explorer II ini dibuat untuk militer Inggris Attack Helicopter Regiment.

Tidak hanya berjumlah terbatas 48 arloji dan terasosiasi dengan militer, casebacknya juga diukir special Union Jack/Apache. Hingga saat ini hanya ada 4 arloji ini yang muncul dalam lelang.

7. Rolex Submariner 16610 Cinderella Man

Jam tangan ini dinerikan khusus oleh Russell Crowe kepada anggota krunya untuk merayakan syuting Cinderella Man.

Arloji yang dibeli di Toronto tahun 2005 ini adlaah Rolex Submariner 2014 ref 16610. DI bagian caseback adalah ukiran “Cinderella Man 2004” di bagian atas dan “Vincit Qui Se Vincit – RC” di bawah.

Arloji ini pernah dijual oleh pemiliknya karena membutuhkan uang. Namun katanya Russell Crowe membelinya sendiri dan diberikan lagi kepada penjualnya.[eve/shf/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
caseback rolex,
#
rolex,
#
jam tangan rolex,
#
ukiran unik caseback rolex