MENU
icon label
image label
blacklogo

Ketahui Pentingnya Kualitas Tidur bersama Walker Lewat Buku “Why We Sleep”

SEP 05, 2020@14:00 WIB | 146 Views

Pernahkah Anda berpikir bahwa kemampuan bekerja yang baik dimulai dari  kualitas tidur yang baik? Ya, itu adalah fakta yang tak dapat disangkal. Bahkan orang-orang terkemuka dunia mengakui hal ini. Sebab ketika memiliki kualitas tidur yang baik, kinerja tubuh dan produktivitas akan berada di level maksimal. Pada hakikatnya tidur adalah saat tubuh dan pikiran kita beristirahat, untuk mempersiapkan diri beraktivitas keesokan harinya. Namun, tak sedikit orang yang mengalami kesulitan tidur hingga memerlukan alat bantu tidur. Lantas, benarkah produk tersebut mempengaruhi tidur kita? Atau mungkinkah ada efek samping untuk jangka panjang?

Menjawab pertanyaan tersebut, pakar ilmiah terkemuka, Profesor Matthew Walker, Direktur dari UC Barkeley Sleep and Neuroimaging Lab berbagi eksplorasinya tentang tidur lewat buku Why We Sleep : Unlocking the Power of Sleep and Dreams. Buku ini berisi ekplorasi terobosan tentang tidur, menjelaskan bagaimana kita dapat memanfaatkan kekuatan transformatifnya untuk mengubah hidup kita menjadi lebih baik.

Tidur adalah salah satu aspek terpenting tetapi ini juga adalah aspek paling tidak dipahami dalam hidup. Sampai baru-baru ini, sains tidak memiliki jawaban mengapa kita tidur, atau apa manfaatnya, atau mengapa kita mendapatkan efek samping ketika kita tidak tidur. Dibandingkan dengan dorongan dasar lain dalam hidup, seperti makan, minum, dan bereproduksi, tujuan dari tidur tetap sulit dipahami.

Sebuah ledakan penemuan ilmiah telah memberikan pencerahan baru pada aspek fundamental kehidupan kita. Matthew Walker, yang dikenal sebagai ahli saraf dan ahli tidur terkemuka, memberi kita pemahaman baru tentang pentingnya tidur dan mimpi. Di dalam otak, tidur memperkaya kemampuan kita untuk belajar, menghafal, dan membuat keputusan logis. Ini mengkalibrasi ulang emosi kita, mengisi kembali sistem kekebalan kita, menyempurnakan metabolisme kita dan mengatur nafsu makan kita. Sementara mimpi berfungsi untuk meredakan ingatan yang menyakitkan dan menciptakan ruang realitas virtual, di mana otak menggabungkan pengetahuan masa lalu dan masa kini untuk menginspirasi kreativitas.

Walker menjawab pertanyaan penting, bagaimana kafein dan alkohol mempengaruhi tidur. Apa yang sebenarnya terjadi selama tidur REM? Mengapa pola tidur kita berubah sepanjang hidup? Serta agaimana alat bantu tidur mempengaruhi kita dan adakah efek samping yang menyertai?

Buku Why We Sleep : Unlocking the Power of Sleep and Dreams memetakan terobosan ilmiah mutakhir, dan mensintesis penelitian dan praktis klinis selama puluhan tahun. Walker menjelaskan bagaimana kita dapat memanfaatkan tidur untuk meningkatkan pembelajaran, suasana hati dan tingkat energi. Ini juga membantu kita mengatur hormon, mencegah kanker, alzheimer dan diabetes. Selain itu, tidur yang cukup akan memperlambat efek penuaan, membuat umur panjang, mengingkatkan efisiensi, kesuksesan dan produktivitas bisnis.

Dengan segudang manfaat tidur berkualitas, masihkah Anda memandang tidur sebelah mata? Pergunakan waktu tidur Anda dengan baik, lewat panduan mandiri dari Walker. Sebagai referensi, Why We Sleep : Unlocking the Power of Sleep and Dreams adalah salah satu New York Times Bestseller dan mendapatkan respon baik dari para pembaca. Buku yang pertama kali pada September 2017 ini bisa Anda dapatkan di berbagai platform belanja online. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
walker,
#
buku recomended,
#
rekomendasi buku,
#
buku why we sleep