MENU
icon label
image label
blacklogo

Jadilah Entrepreneur yang Awas Data

APR 07, 2019@14:25 WIB | 160 Views

Jika Anda seorang pengusaha yang kerap melakukan perjalanan bisnis bisa dipastikan akan selalu membawa data untuk pelengkap. Namun apakah Anda sadar bahwa semua data, kerja keras Anda, sangat rentan terkena risiko saat dibawa keluar kantor? Bisa dari sekadar terkena tumpahan kopi atau klien tidak sengaja menghapus file yang ternyata belum Anda salin. Apapun bisa menghancurkan kerja keras Anda dalam sekejap.

Berikut adalah lima tip tentang cara memastikan pekerjaan terlindungi dan bagaimana memastikan Anda tidak pernah mengalami apa yang bisa dikatakan sebagai bencana data.

Pertama ingat selalu soal keamanan siber. Saat berada di jalan di luar kantor, data Anda lebih rentan. Kapanpun Anda melakukan pekerjaan saat bepergian, Anda membuka diri terhadap sejumlah risiko keamanan. Misalnya, menggunakan jaringan WiFi yang tidak aman dapat berarti mempertaruhkan data rahasia yang dipercayakan kepada Anda. Jika orang lain dapat memperoleh akses ke informasi sensitif ini, maka Anda bertanggung jawab atas kehilangan itu.

Jadi buat hotspot pribadi yang dapat Anda lindungi dengan kata sandi di mana pun berada. Tanyakan pada penyedia layanan nirkabel Anda apakah dapat menambahkan fitur ini ke paket ponsel Anda. Dengan cara ini, Anda bisa yakin bahwa koneksi WiFi yang digunakan aman dan terlindungi.

Kedua adalah jaga laptop Anda seperti menjaga nyawa sendiri. Jika sedang bekerja di luar kantor atau rumah, semisal kedai kopi dan ruang tunggu bandara - maka laptop atau tablet Anda bias berisiko diambil orang alias dicuri. Artinya setiap informasi rahasia yang ada sekarang jatuh di tangan si pencuri. Apalagi jika data proyek Anda hanay ada di laptop tersebut. Bencana bukan?!

Apa yang harus dilakukan adalah setiap kali Anda membawa laptop ke luar rumah, pastikan semua file di dalamnya di-backup dulu ke hard drive eksternal. Pastikan juga kata sandi laptop bukan sesuatu yang semudah 1234.

Ketiga adalah berbagai akses data tidak selalu berarti bagus. Jika bekerja dengan banyak klien, maka Anda pasti perlu membagikan akses ke data pekerjaan. Tetapi apa yang terjadi jika rekan kerja secara tidak sengaja menghapus file dari penyimpanan cloud? Progress pekerjaan itu bisa hilang untuk selamanya. Selalu pastikan bahwa Anda memiliki salinan dan beberapa versi file apapun yang dikirim ke klien atau kolega.

Berikut jadilah entrepreneur deengan tingkat keamanan seperti perusahaan besar. Kebanyakan perusahaan besar sudah memilik sistem berbagi file yang aman dan hanya untuk antarkaryawan, jadi freelancer dan bahkan klien tidak memiliki akses ke sini.

Jika belum bisa membangun sistem sendiri, Anda hanya perlu memastikan jika file sensitive yang dikirim terlindungi dengan kata sandi. Lalu password untuk file tersebut dikirim terpisah melalui jalur pribadi jika memungkinkan. Jangan pernah mengirim tautan yang dapat diklik dan digunakan siapa pun untuk mengakses file. Bayangkan jika Anda secara tidak sengaja meneruskan tautan yang salah ke klien yang salah. Anda dapat membahayakan reputasi diri sebagai mitra yang bertanggung jawab.

Terakhir adalah rutin melakukan backup data. Selalu sediakan waktu untuk mem-backup progress pekerjaan Anda. Jangan lupa untuk membuat lebih dari satu backup untuk semua file. Ini perlu dilakukan sebagai safety net kalau-kalau data backup Anda j\ternyata juga mengalami masalah.

Sebagai tambahan, perlu diingat data adalah nafas sebuah usaha. Jadi meski Anda baru di level seorang entrepreneur, tidak ada ruginya sudah mulai memikirkan keamanan data dari awal. Investasi lebih di keamanan data akan sangat membantu mempercepat pertumbuhan perusahaan.

Tags :

#
entrepreneur,
#
business,
#
big data,
#
data security