MENU
icon label
image label
blacklogo

5 Langkah Menjaga Kesehatan Bagi Entrepreneur

JUN 07, 2019@15:40 WIB | 207 Views

Ketika Anda sedang bekerja untuk membangun bisnis, mudah untuk mengesampingkan kebutuhan Anda sendiri sehingga dapat mencurahkan waktu dan energi sebanyak mungkin untuk membuat usaha berhasil. Tetapi mengabaikan kesejahteraan Anda sendiri sama buruknya dengan mengabaikan angka-angka atau lupa untuk mengikuti tender proyek.

Bahkan di tengah menjalankan bisnis yang sibuk, Anda harus mengurus diri sendiri. Meskipun mungkin tampak aneh, perawatan diri harus menjadi tujuan bisnis yang penting. Jika Anda membiarkan kebiasaan tidak sehat meresap ke dalam hidup, Anda mungkin juga membiarkan produktivitas tergelincir.

Seiring dengan tuntutan bisnis, Anda perlu memastikan kesehatan tetap menjadi prioritas. Ikuti 5 tip penting ini untuk menjaga diri (dan perusahaan Anda) dalam kondisi prima agar Anda dapat terus berkembang bersama bisnis Anda.

1. Tertawa

Mungkin ada saat menjalankan bisnis ketika Anda tidak tahu apakah harus tertawa atau menangis. Pilih tawa saat Anda bisa. Ini akan membuat perbedaan besar dalam menghilangkan stres dan membantu Anda melewati masa-masa sulit.

Menemukan cara untuk tertawa bisa membuat lebih bahagia dan sehat, dan memungkinkan kita untuk merasa lebih rileks dan muda kembali. Kita dapat menemukan humor dalam segala hal, baik pada situasi yang konyol, menemukan hal-hal lucu untuk dibaca atau ditonton, atau sekadar bergaul dengan orang-orang yang melihat sisi lucu dari situasi apapun. Buatlah tujuan untuk memiliki setidaknya sekali tawa yang baik dan lepas setiap hari.

2. Sosialisasi

Manusia adalah makhluk sosial. Kita berkembang dalam interaksi sosial dan menemukan kenyamanan dalam komunitas yang mendukung. Tidak peduli seberapa sibuknya Anda, jangan biarkan diri menjadi terisolasi. Luangkan waktu untuk teman, keluarga, mitra, dan anak-anak - semua orang yang berarti bagi Anda. Mengembangkan dan memelihara ikatan ini adalah elemen penting dari kesehatan emosi, mental dan fisik. Ini tidak selalu tentang jumlah waktu yang Anda habiskan untuk bersosialisasi; melainkan tentang kualitas waktu yang dihabiskan bersama orang-orang yang Anda cintai.

3. Bergerak

Olahraga teratur adalah bagian penting dari gaya hidup sehat. Menjadi aktif dapat berarti memiliki sesi latihan teratur di gym atau bermain sport. Menggerakkan tubuh secara teratur dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan, menurunkan tekanan darah, meningkatkan suasana hati, dan mengatasi stres, kegelisahan, serta depresi. Sisihkan setidaknya 30 menit sehari untuk aktivitas fisik sehari.

4. Makan sehat.

Ketika kita merasa tergesa-gesa dan tertekan, mungkin terlalu mudah untuk mengambil makanan cepat saji atau camilan tanpa pikir panjang. Tetapi ketika tubuh kita diberi makanan yang buruk, stres mengambil risiko lebih besar pada kesehatan kita dan membuat tubuh dan otak lebih sulit untuk berfungsi secara optimal. Makan sehat adalah cara dasar untuk mendukung tubuh dan pikiran Anda ketika merasa di bawah tekanan.

Makan teratur menjaga kadar gula darah Anda lebih stabil dan membantu otak bekerja lebih baik. Konsumsilah lemak sehat - termasuk asam lemak omega-3 karena mendukung fungsi otak.

5. Istirahat cukup

Pengusaha adalah salah satu pelanggar terburuk ketika berbicara mengenai istirahat cukup setelah bekerja. Banyak yang tidak pernah mengambil cuti karena mereka percaya itu akan berdampak negatif pada kemampuan mereka untuk tetap maju atau menjadi sukses.

Pastikan Anda mengenali kapan Anda perlu istirahat. Memberikan tubuh dan pikiran waktu tidur dan istirahat yang cukup untuk merasa diremajakan dan diisi ulang akan memungkinkan Anda menjadi lebih produktif dan fokus selama jam kerja.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
entrepreneur,
#
healthy life,
#
success bussines,
#
healty entrepreneur