MENU
icon label
image label
blacklogo

5 Penyebab Bisnis Gagal Berkembang

APR 29, 2019@18:20 WIB | 178 Views

Memiliki bisnis atau usaha sendiri adalah impian banyak orang. Setiap orang pun bisa menjadi pemilik sebuah usaha  karena yang diperlukan sebagai modal awal ialah niat dan sedikit dana. Namun lain hal memulai dengan menjaga perkembangan bisnis Anda. Jika salah langkah atau tindakan bukannya bertumbuh dan sukses, bisnis Anda malah bisa runtuh dan bubar.

Mengetahui faktor-faktor yang bisa membuat bisnis sukses adalah sebuah keharusan seorang wirausahawan baru. Namun yang tidak kalah penting adalah mengenali hal-hal apa saja yang bisa menghambat atau malah menyebabkan sebuah bisnis gagal berkembang. Nah bagi blackpals yang mau memulai bisnis baru, berikut beberapa hal yang patut diwaspadai agar usaha tidak gagal.

1. Tidak Fokus

Memiliki banyak ide bisnis dan target pasar memang penting dalam bisnis, tetapi jika terlalu banyak ide bisnis dan memulainya secara bersamaan malah akan berdampak jauh dari baik. Sumber daya akan tersebar dan tidak bisa fokus menguatkan bisnis yang ingin dibangun. Sebagai permulaan, tentukan satu bidang bisnis yang menurut Anda mampu dikuasai dan fokus pada hal tersebut terlebih dahulu.

Dengan memfokuskan terlebih dahulu pada bisnis tersebut Anda akan terbantu dengan struktur yang jelas dan energi yang tidak sia-sia dalam menjalankannya. Nanti jika bidang tersebut sudah memiliki fondasi kuat, barulah blackpals melakukan pengembangan bidang bisnis.

2. Tidak Tertib Administrasi

Tertiblah dalam hal administrasi adalah wajib. Entah itu dalam bentuk transaksi yang terjadi di dalam bisnis atau dalam hal pajak dan segala hal yang terkait dalam pembangunan bisnis Anda.

Sekecil apapun itu catatlah semuanya agar jelas bagaimana alur transaksi yang terjadi dalam bisnis Anda. Hal ini nantinya memudahkan untuk mengetahui pengeluaran dan pemasukan serta melihat langsung bagaimana perkembangan sejauh mana keberhasilan bisnis Anda. Perusahan yang baik dan kredibel adalah yang setiap tindakan dan transaksinya akuntabel.

3. Tidak Berpromosi

Kebanyakan bisnis pemula gagal karena kurang giat dalam berpromosi. Tanpa promosi maka Anda akan susah mendapatkan basis klien baru, dan itu berarti pertumbuhan perusahaan akan stagnan atau malah menurun. Rajinlah berpromosi dalam cara apapun yang terbaik menurut Anda. Sisihkan modal untuk menyewa iklan secara online maupun offline. Jika Anda belum memiliki cukup modal untuk berpromosi, gunakanlah media sosial yang gratis.

4. Kurang Pegawai dan Tidak Mendelegasi

Anda bukan Superman, jadi tidak semua hal bisa dikerjakan sendiri. Pekerjakanlah pegawai yang cocok untuk bisnis Anda dan mulailah bekerja bersama secara kolektif untuk membangun bisnis. Perhatikan pengalaman dan loyalitas dalam diri calon pegawai Anda. Jangan menyeleksi hanya berdasarkan kemampuan akademik saja, terutama jika bisnis Anda mengutamakan praktik.

Jangan lupa mulai memilih orang yang bisa memimpin sebagian pekerjaan menggantikan Anda. Delegasikan kepemimpinan bisa membantu Anda dalam mengurangibeban kerja pada diri. Terlebih itu memberi Anda lebih banyak waktu untuk berpikir hal-hal baru demi mengembangkan bisnis.

5. Tidak Ada Dana Cadangan

Sebuah perusahaan yang sehat dan siap bertumbuh selalu menyediakan dana cadangan dalam kas mereka. Jika diumpamakan, itu laiknya berkas penting di komputer di mana Anda harus mem-backup-nya untuk menghindari kehilangan secara permanen. Begitu jugalah dengan dana cadangan dalam hal bisnis.

Dana cadangan bisa disebut juga sebagai modal cadangan. Kegunaannya terutama adalah untuk menjaga kondisi keuangan perusahaan selalu sehat. Mengapa begitu? Pada dasarnya tidak ada yang bisa memprediksikan 100 persen kemungkinan yang bisa terjadi di bisnis. Nah keberadaan dana cadangan bisa jadi penyambung nyawa perusahaan untuk mengantisipasi hal terburuk yang kapan saja bisa terjadi.

Demikianlah blackpals 5 hal yang bisa menjadi faktor penyebab sebuah bisnis gagal berkembang dan bahkan runtuh. Semoga bermanfaat.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
business,
#
entrepreneur,
#
business tips