MENU
icon label
image label
blacklogo

Inilah Menu McDonald’s Termahal di Dunia

OCT 19, 2021@18:30 WIB | 276 Views

Daftar ini dirilis oleh Expensivity dalam sebuah tulisan berdasarkan data berjudul Burger Economics.

Expensivity melampirkan berbagai data terkait harga-harga menu McDonald’s di seluruh dunia. Mulai dari sisi harga Happy Meal, Big Mac, kentang ukuran besar, hingga menu paling mahal yang ada di dunia.

Semua harga ini sudah dikonversi ke USD dan didapatkanlah ternyata menu termahal ada di Lebanon. Sebuah menu burger bernama Grand Chicken Special hanya bisa didapatkan dengan merogoh kocek $27.19 atau sekitar Rp 380 ribu. Menurut Expensivity, harga ini melambung akibat inflasi di negara tersebut.

 Di posisi kedua ada menu burger di Prancis dan Monaco bernama Signature Charolais & Sauce Aux 2 Moutardes. Menu ini terbuat dari daging sapi Charolais, mustard Dijon dan l’Ancienne, keju cheddar merah, dan dijamin 100% Prancis. Harganya dipatok sebesar $14.38 atau sekitar Rp 200 ribu lebih.

Menu Big Tasty Smokey Double Bacon dari Swiss dan Liechtenstein menduduki posisi ketiga termahal dengan harga $13.56 (sekitar Rp 190 ribu).  Dan menu burger di Israel, Mega Tokyo berada di posisi keempat. Burger berisi jamur goreng di saus barbeque Asia ini diberi harga $13.48 (sekitar Rp 189 ribu).

Menu Dobbel Big Tasty Bacon dari Norwegia berada di posis kelima dengan harga $13.36 atau sekitar Rp 181 ribu. Diikuti oleh menu McDonald’s asal Belanda bernama Double Quarter Pounder Voordeelmenu seharga $12.54 (sekitar Rp 176 ribu).

Signature Surf’n’Turf asal Jerman berada posisi ketujuh degan harga $12.18 atau sekitar Rp 171 ribu. Di bawahnya ada menu Venezuela Doble McTocineta Cheddar dengan harga $10.00, setara sekitar Rp 140 ribu.

Sebuah menu unik berada di posisi kesembilan, Homestyle x Henrik Jyrk Tokyo Teriyaki asal Denmark. Menu ini dibuat dengan tema Jepang oleh koki terkenal Henrik Jyrk dengan onion ring, daging steak sapi, dan saus teriyaki dalam roti Brioche. Menurut Expensivity, harganya $9.55 (sekitar Rp 134 ribu) dengan 802 kalori di dalamnya.

Menu terakhir yang melengkapi 10 besar menu termahal McDonald’s di seluruh dunia adalah sebuah burger asal Luzembourg bernama Big Tasty Bacon dengan harga $9.17 atau sekitar Rp 129 ribu.

Baca juga: Deretan Tequilas Terbaik untuk Margarita Tahun 2021

Menu Indonesia

Di Indonesia sendiri, menu paling mahalnya adalah burger McSpicy Yakiniku Burger dengan harga Rp 40 ribu atau $3.10 di data Expensivity. Harga ini tergolong murah dibandingkan menu termahal asal negara lainnya.

Melihat data perbandingan lainnya, harga McDonald’s di Indonesia memang lebih murah. Misalnya dari harga menu kentang besar di Indonesia sebesar $1.55, cuma sedikit lebih mahal dibandingkan Filipina yang memiliki harga termurah $0.48.

Kentang termahal ada di Lebanon dengan harga $13.27. Harga ini melonjak terlau tinggi dibadingkan negara lain yang mematok harga antara $2 hingga $4 lebih. Melihat menu Big Mac sendiri, harga termurah ada di Rusia ($1.94) sedangkan di Indonesia $2.41. Selain Lebanon dengan harga mahalnya sendiri ($21.89), Belanda dan Venezuela mematok harga $10.89 dan $9 untuk menu burger besar satu ini.

Perbandingan-perbandingan ini menunjukkan harga McDonald’s Indonesia termasuk yang murah secara internasional. Satu lagi sisi menarik data yang ditampilkan Expensivity adalah tingkat keterjangkauan harga McDonald’s dibandingkan dengan median pendapatan penduduk. Angka ini didapatkan dengan menghitung biaya 100 menu orang dewasa per persen median pendapatan. Satu menu orang dewasa terdiri dari Big Mac, kentang besar, dan minuman Coca Cola besar.

Di Lebanon, dibutuhkan 74.65% dari rata-rata pendapatan tahunan untuk membeli 100 menu orang dewasa. Di posisi kedua dan ketiga dengan tingkat keterjangkauan terendah adalah negara Nicaragua (52.98%) dan Pakistan (51.15%).

Di Monaco dan Liechtenstein, dengan 0.69% dan 0.77%, memiliki tingkat keterjangkauan tertinggi dengan rata-rata pendapatan mendekati $200 ribu. Di Indonesia sendiri, tingkat keterjangkauan menu-menu McDonald’s adalah sebesar 14.72%.  Itulah tadi data-data menarik yang dibagikan oleh Expensivity tentang harga-harga McDonald’s di seluruh dunia. Untuk melihat data menarik lainnya, cek di Expensivity.[eve/shf/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
menu mcd,
#
mcdonalds,
#
menu termahal di dunia,
#
menu mcdonalds termahal di dunia

RELATED ARTICLE