MENU
icon label
image label
blacklogo

Empat Sepeda Lipat Keren to Ride the Hype

JUL 29, 2020@20:34 WIB | 152 Views

Di masa pandemi ini banyak hobi yang terlupakan kembali hype, mulai dari mainan RC hingga yang paling ramai saat ini adalah sepeda. Sempat naik beberapa tahun lalu karena kampanye Bike to Work, kini trend tersebut kembali diawali dengan kebangkitan sepeda lipat.

Bagi kaum urban, sepeda lipat adalah alternatif yang ringkas jika kita ingin commuting ride karena bentuknya yang dapat dilipat dan biasanya berbahan lebih ringan dari sepeda konvensional. Nah, bagi BlackPals yang mau main sepeda lipat tapi masih mencari referensi, tim BlackXperience mengumpulkan empat sepeda lipat yang mungkin bisa jadi bahan pertimbangan.

Empat sepeda ini yaitu, BNB Nich Pro 9.1, Element Ecosmo Z9 Bike to Work Series, Element Ecosmo Police, dan sebuah lagi sepeda lipat custom dengan frame, Fnhon. Masing-masing sepeda memiliki spesifikasi yang berbeda dan duduk di price range yang berbeda pula.

BNB Nich Pro 9.1
Berjenis two fold, sepeda ini memiliki frame berbahan alloy dengan garpu depan dan belakang rigid. Shifter sepeda ini menggunakan Sensah MX 9 lengkap dengan rear derailleur Sensah Ignite 9 Speed. Crankset atau poros engkol Nich Pro menggunakan produksi in house BNB berbahan alloy dengan diameter 17mm 52T sedangkan cassette belakang 13-32T.


Nich Pro dibekali braking set hidrolik Xspark Rotor dengan cakram depan belakang berukuran 170 mm. Untuk handle bar bahan yang digunakan steel berukuran 610 mm. Menambah kenyamanan, BNB menerapkan saddle yang cukup chunky yang ditopang seat post teleskopik 540 mm. Velg yang digunakan berukuran 20 inci double wall dengan ban profil 1.50.

Element Ecosmo Z9
Element adalah salah satu produsen sepeda lipat yang cukup memiliki banyak pilihan dan salah satu yang duduk di kelas menengah adalah seri Ecosmo Z9. Seli yang datang ke tim BlackXperience kebetulan adalah seri limited Back to Work jadi memiliki kombinasi warna hitam dan kuning khas BTW. Bahan rangkanya alloy memilki desain sharp dan dibekali fork rigid. Dari crankset ia menggunakan Prowheel 39-52T dan cassette 11-30T.


Sedangkan untuk pemindah gigi Z9 menggunakan Xspark dengan FD 9 Speed Shimano Sora dan RD 2 Speed R3 L-Twoo. Di sisi pengereman Element mempercayakan pada sistem hidrolik Shimano. Sedangkan untuk stang, stem, saddle dan seatpost menggunakan produk Elemen sendiri. Velg diameter 20 inci 28 spokes sepeda ini pun dibalut ban dengan profil 1.50. Ia juga dilengkapi standar adjustable, magnet lipat dan front block.

Element Ecosmo Police
Masih sama dengan sepeda lipat pada umumnya, Ecosmo Police dengan fork rigid depan dan belakang. Frame-nya dibuat berbahan alloy termasuk seat post, hub, stem, handle bar dan pedal. Karena hanya memiliki 11 percepatan di roda belakang, di RD ia menggunakan Shimano 105 11 Speed dengan Thumbshifter Sensah 2X11 11 Speed.


Crankset Police menggunakan Luce 170mm 56T dan cassette 11-28T siap melibas jalanan. Velg-nya ia menggunakan Luce 24 spoke dan dibalut ban Deli berukuran 20 x 1.5. Sedangkan untuk pengereman depan dan belakang, keduanya menggunakan Hydraulic Disc Brake Tektro Rotor 160mm.

Folding Bike Custom
Nah, terakhir kita kedatangan sepeda lipat custom yang berbasis rangka Fnhon tipe Storm. Untuk seatpost dan handlebar post, Litepro Plus dipilih dengan profil yang kokoh namun tetap ringan. Untuk thumb shifter ia menggunakan Shimano Acera 9 x 2 speed. Shifter ini dipadukan dengan crankset Shimano Claris dan FD Shimano Sora serta RD Shimano Altus.


Di sisi pengereman, sepeda custom ini dibekali rem kabel biasa dari Shimano dengan disc brake berukuran 150mm untuk depan dan belakang. Rims-nya berbahan alloy berukuran 20 inci dengan ban profil 1.75. [leo/timBX]

Tags :

#
cool black things,
#
sepeda lipat,
#
bnb,
#
element