MENU
icon label
image label
blacklogo

Diramaikan 40 Brand Local, Wadah Cross Culture antara Komunitas dengan Local Pop Up

OCT 25, 2019@15:00 WIB | 448 Views

Meneruskan kesuksesan Custom Collaboration sebelumnya di tahun 2018 lalu, maka kini Custom Collaboration 2019 hadir kembali dan diharapkan dapat menjadi acara regular di tiap tahunnya. Custom Collaboration 2019 ini sendiri merupakan sebuah acara yang diprakarsai oleh Heret Frasthio, seorang Fotografer dan brand owner dari Elders Company.

Awal mula lahirnya Custom Collaboration ini yaitu ketika Heret dengan Gentlemen’s Pact (pop-up store yang didirikan dari suatu movement atau pergerakan yang memberikan dukungan serta apresiasi penuh terhadap berbagai brand/merek lokal di Indonesia) mencoba melanjutkan misinya untuk terus memberikan dampak lebih besar kepada industri lokal kreatif di Indonesia.

Tidak hanya terbatas untuk brand/merek lokal saja tetapi juga untuk para artisan dan komunitas kreatif lainnya. Untuk tema yang diangkat dalam Custom Collaboration 2019 kali ini yaitu bertujuan untuk menyatukan berbagai macam brand/merek lokal serta artisan/seniman yang berada di skema yang berbeda- beda seperti denim, leather, Custom Painting, Graffiti, bahkan komunitas skate dan masih banyak lainnya.

Melihat potensi dari banyaknya komunitas dan merek lokal yang saling berkolaborasi, maka hal ini menjadi salah satu inspirasi dan tujuan Custom Collaboration 2019 diadakan dan untuk terus mengembangkan serta memajukan industri lokal. Custom Collaboration 2019 akan diadakan di Lippo Mall Kemang Viilage Jakarta pada tanggal 24 - 27 Oktober 2019. Acara yang akan berlangsung selama 4 hari ini menargetkan kurang lebih 15.000 pengunjung yang dapat menikmati acara ini.

Untuk menambah keseruan dan keunikan dari acara Custom Collaboration 2019 ini, maka kegiatan acara tahun ini akan diisi oleh beberapa konten program yang menarik seperti local pop up store, art exhibition, talk show & movie screening yang digabungkan ke dalam satu wadah yang sama untuk saling mengenal dan berkolaborasi satu sama lain. Salah satu content yang cukup diminati dan baru diadakan di Custom Collaboration 2019 ini adalah workshop dan kompetisi fotografi yang di support oleh OPPO yang bekerjasama dengan OPPO Beyond.

Menghadirkan kolaborasi dari beberapa culture yang berbeda diantaranya Elders Company - Motorcycle culture, Never Too Lavish – Customizer & Street Art Culture, Twilo Skate Corner – Skateboard & Street Art Culture, Low Rider Tebet - Low Ride Culture, Urbain – Indonesia Streetwear Brand, Adit and The Bandits – Shoes Customizer membuat acara ini sarat dengan keunikan yang dapat menarik pengunjung. Dan dengan adanya kolaborator yang menginisasi untuk terciptanya cross culture ini diharapkan komunitas kreatif dan merek lokal yang ada di Indonesia akan terus berkembang lebih baik dan lebih besar untuk mendapatkan perhatian lebih dari masyarakat baik lokal maupun luar negeri.

Sebagai highlight acara di tahun ini, Custom Collaboration 2019 akan lebih banyak mengangkat lokal artisan di Indonesia untuk menunjukkan karyanya yang dituangkan ke dalam beberapa media kreasi berbeda seperti Helm, Jaket Denim, Kanvas dan Patung. Tidak hanya berasal dari Jakarta, tetapi juga dari luar kota seperti artisan dari Yogyakarta, Bandung, Magelang, Kalimantan, Bali dan lainnya. Terhitung total terdapat 48 artisan lokal yang akan memamerkan karyanya di acara ini dan beberapa diantaranya akan melakukan sesi live painting selama 4 hari acara berlangsung. Dalam acara ini juga terdapat lokal pop up store dimana terdapat lebih dari 40 merek lokal yang menyediakan berbagai jenis produk seperti Sneakers, Boots, Leather Goods, Denim, Motorcycle Apparel dan lainnya untuk dapat berinteraksi dan bertransaksi langsung dengan para pengunjung.

Selain Jakarta, Pop up store untuk 40 merek lokal ini juga berasal dari berbagai kota di Indonesia seperti Medan, Makassar, Bandung, Surabaya dan bahkan Bali. 40 pop up store merek lokal ini terpilih dihadirkan dari 5 kota diatas setelah melakukan kegiatan road show Custom Collaboration 2019 di kota-kota tersebut sebelumnya. Untuk kegiatan roadshow yang dilakukan di 5 kota sebelumnya, Custom Collaboration 2019 mengundang kurang lebih 20 tenant dan artisan untuk melakukan pop up store dan live painting.

Kegiatan ini mendapatkan animo yang sangat positif oleh pengunjung dalam setiap roadshow dan dapat membangun rasa bangga terhadap produk lokal di kalangan masyarakat. Selain itu ada yang baru dari acara Custom Collaboration tahun 2019 ini dengan menghadirkan komunitas basket dengan mengundang indostreetball squad yang akan memberikan coaching clinic mengenai olahraga basket dalam acara ini.

Ditambah dengan adanya kehadiran beberapa brand yang turut mensupport terciptanya beberapa kolaborasi di Custom Collaboration tahun ini seperti Astra Honda Motor dengan Genio Custom Playground yang sebelumnya sudah menjalankan roadshow ke beberapa kota di Indonesia seperti Medan, Makassar, Bandung, Surabaya dan Bali dimana dari hasil roadshow tersebut akan membawa beberapa artisan serta merek lokal dari masing-masing kota untuk turut mengisi dan berkolaborasi di acara Custom Collaboration 2019 di Jakarta.

Sedangkan untuk Men’s Biore sudah terhitung kedua kalinya mensupport acara Custom Collaboration. Tahun ini Men’s Biore mempertemukan Elders Company dengan Urbain.inc untuk melakukan kolaborasi dengan tema #madeinIndonesia. Yang unik ada di Custom Collaboration 2019 ini yaitu kolaborasi artisan Indonesia seperti Never Too Lavish dan Darbotz hasil program dari Teh Gelas yang membuat mural botol kemasannya setinggi 3 meter di tengah-tengah area acara. Dengan pesan kuat #TerusBergerakMaju, maka Telkomsel bersama dengan key opinion leader Custom Collaboration ingin menginspirasi para pegiat kreatif Indonesia untuk terus berkarya.

Tidak ketinggalan, dalam hal entertainment, Custom Collaboration 2019 juga akan memanjakan pengunjung dengan penampilan dari DJ Adhisants @lofiindeh Twilo Sound System dan Pemuda Sinarmas. Dengan mendatangkan beberapa merek lokal yang ada di luar Jakarta, maka diharapkan akan mengangkat nilai dari para artisan merek lokal yang selama ini kurang mendapatkan perhatian dan pengakuan terutama untuk karya-karyanya yang sebenarnya tidak kalah dengan produk luar negeri.[Ahs/timBX]

Tags :

#
custom collaboration 2019,
#
cross culture,
#
sneakers,
#
motorcycle apparel,
#
leather goods,
#
never too lavish,
#
elders company,
#
mens biore,
#
astra honda motor,
#
teh gelas