MENU
icon label
image label
blacklogo

5 NFT Termahal Yang Pernah Terjual

FEB 14, 2022@15:55 WIB | 342 Views

Saat ini, non-fungible token (NFT) sudah menjadi tren yang cukup menarik perhatian, salah satunya, karena karya seni Beeple yang terjual dengan harga selangit, sekitar USD 69,3 juta pada tahun 2021. Karya seni NFT memiliki beberapa atribut yang sama dengan karya seni fisik dalam hal kreativitas dan juga estetika. Namun, perbedaan utamanya adalah NFT hanyalah sebuah kode untuk karya seni digital yang hanya ada di internet. Kini harga penjualan karya seni NFT terus meroket, membuktikan bahwa pasar seni yang berupa NFT baru saja mulai berkembang dan sepertinya akan terus berkembang di tahun-tahun mendatang. Dari dunia NFT tentunya akan ada banyak pertanyaan, salah satunya adalah NFT mana yang memiliki harga termahal?, maka dari itu simak deretan NFT dengan harga termahal di bawah ini.

5. CryptoPunk #7523 ($11.75 Juta)

Banyak orang masih percaya bahwa CryptoPunks tidak lebih dari kumpulan gambar biasa, tetapi konsep di balik proyek ini sebenarnya lebih mengesankan. Sekilas CryptoPunks hanyalah serangkaian gambar karakter digital 8-bit yang tidak memiliki kegunaan di dunia nyata. Tetapi pada 10 Juni 2021, salah satu NFT dari CryptoPunk, yaitu CryptoPunk #7523 laku terjual seharga $11,75 juta di lelang yang diadakan Sotheby, hal ini menjadikannya sebagai koleksi CryptoPunk termahal kedua dari semua koleksi. #7523 adalah salah satu dari sembilan koleksi seri Alien.

Karakter 8-bit tersebut ditampilkan memliki kulit berwarna hijau kebiruan, mengenakan topi rajutan, dan juga anting. Ini juga satu-satunya karakter Alien dan salah satu dari 175 dalam koleksi yang digambarkan memakai masker medis. Menurut Reuters,Sotheby mengungkapkan bahwa token itu dibeli oleh pengusaha asal Israel, Shalom Meckenzie (pemegang saham terbesar perusahaan olahraga digital DraftKings).

4. CryptoPunk #5822 ($23.7 Juta)

CryptoPunks adala salah satu proyek NFT paling awal, CryptoPunk diluncurkan pada tahun 2017. Gambar karakter 8-bit ini adalah karya dari Larva Labs, studio terkenal yang didirikan oleh pengembang asal Kanada, Matt Hall dan John Watkinson. CryptoPunks pada dasarnya adalah kumpulan 10.000 token yang disebut 'punk' oleh pencipta dan para kolektor mereka. Sering dianggap sebagai koleksi OG NFT. Yang menjadikan koleksi ini mahal adalah, tidak ada dua 'punk' yang sama, yang membuat setiap koleksi CryptoPunk menjadi item eksklusif.

Dalam penjualan besar pada 13 Februari 2022, CryptoPunk #5822 berhasil dijual seharga 8000 ETH, yang dikonversi menjadi sekitar $23,7 juta pada saat penjualan. Ini menjadikannya sebagai penjualan koleksi CryptoPunk paling mahal yang pernah ada. Cryptopunk adalah bagian dari koleksi seri Alien dan memiliki kulit hijau kebiruan. Karakter 8-bit ini hanya menggunakan satu atribut dalam gambarnya, yaitu sebuah bandana berwarna biru. Menurut kabar yang beredar, pembelinya adalah CEO perusahaan infrastruktur blockchain bernama Chain, Deepak Thapliyal. Deepak mem-posting sebuah tweet yang memamerkan gambar CryptoPunk #5822.

3. Human One ($28.9 Juta)

Everydays: The First 5,000 Days bukanlah satu-satunya karya seni digital dari Beeple yang masuk menjadi berita utama. Salah satu karya besar lainnya yang disebut Human One, laku terjual seharga $28,9 juta di sebuah lelang yang diselenggarakan oleh , ternyata harga tersebut dua kali lipat dari harga yang diharapkan.

Human One merupakan Potret bergerak yang menjadi sebuah penggambaran untuk merepresentasikan manusia pertama yang lahir di metaverse. Ini adalah patung video 3D setinggi 7 kaki yang menampilkan seseorang yang mengenakan helm luar angkasa berjalan melintasi lanskap berbeda di dalam kotak berukuran 122x122 cm.

2. Everydays: The First 5.000 Days ($69 Juta)

Lebih dikenal sebagai Beeple, seniman digital bernama Mike Winkelmann menjadi seseorang yang cukup disegani di NFT universe saat ini. Status tersebut didapatkan sebagian besar dari karya yang berjudul, Everdays: The First 5000 Days. NFT ini terjual dengan harga yang fantatis, yaitu $69 juta. Ini adalah NFT yang menampilkan sebuah kolase yang dibuat selama 13 tahun, Winkelmann mulai mengerjakannya pada tahun 2007, kemudian selesai pada tahun 2020.

Karya seni digital yang dilelang oleh rumah lelang, Christie, dibeli oleh miliarder kripto, MetaKovan, yang menyebut Beeple sebagai "seniman digital OG". Penjualan tersebut membuat nama Beeple menjadi pusat perhatian, sekarang seniman digital tersebut telah bekerja dengan brand-brand dan selebriti ternama, seperti Nike, Louis Vuitton, dan juga Katy Perry.

1. The Merge ($91.8 Juta)

NFT termahal di dunia jatuh kepada karya seni digital bernama The Merge, The Merge merupakan karya seni digital yang unik di dunia NFT, karena alih-alih menjadi satu gambar, The Merge adalah sesuatu yang mungkin bisa disebut sebagai "seni yang terfragmentasi". Dibuat oleh seniman terkenal yang menggunakan nama samaran Pak, The Merge dijual di pasar NFT, Nifty Gateway, antara 2 dan 4 Desember 2021. The Merge berhasil memecahkan rekor penjual NFT, karena laku terjual seharga $91.8 juta.

Alih-alih satu pemilik, The Merge ternyata dimiliki oleh 28.983 kolektor. Ini karena karya seni tersebut dijual dalam satuan yang dikenal dengan sebutan "mass". Jadi sebenarnya, para kolektor bersama-sama membeli total 266.445 "mass" pada saat penjualan berakhir di tanggal 4 Desember. Setiap "mass" dihargai sekitar $575 saat penjualan dimulai, kemudian harga token naik sebesar USD 25 setiap enam jam. [era/timBX] berbagai sumber. 

Tags :

#
nft,
#
cryptopunk,
#
human one,
#
the merge,
#
everydays: the first 5000 days