MENU
icon label
image label
blacklogo

Mau Pindah dari Chrome ke Browser Firefox dan Safari? Simak Cara Berikut

JUL 01, 2019@12:12 WIB | 71 Views

Meskipun ada beberapa peningkatan baru pada privasi pengguna, browser Chrome Google yang populer baru-baru ini masih dianggap memiliki masalah ketika menyangkut masalah privasi. Bahasan kali ini menunjukkan bahwa jika Anda khawatir tentang keamanan data Anda, maka Anda harus mencoba peramban alternatif, seperti Firefox atau Safari. Atau Anda hanya sekedar ingin mencoba-coba untuk pindah ke browser lain selain Chrome.

Tentu saja, siapa pun yang telah menggunakan browser untuk jangka waktu yang lama akan membangun perpustakaan yang penuh dengan bookmark, preferensi, dan kata sandi yang disimpan. Jika Anda pindah ke browser baru, Anda tidak akan harus mengorbankan bookmark Anda dan bisa juga dengan mudah mengimpornya dari Chrome ke browser baru Anda. Berikut cara pindah dari Chrome ke browser Firefox dan Safari;

Cara Pindah Ke Firefox

Setelah Anda menginstal Firefox, klik ikon “Library” di sebelah kanan bilah address (alamat web), dan kemudian klik “Bookmarks” pada menu drop-down menu.

Klik “Show All Bookmarks” di bagian bawah menu drop-down menu.

Klik “Import Data from Another Browser…” (Jika Anda pindah dari browser selain Safari atau Chrome, Anda dapat mengekspor data, maka Anda terlebih dahulu mengimpornya sebagai data file HTML dan kemudian mengimpornya ke Firefox dengan memilih “Import Bookmarks from HTML…”

Di kotak “Import Settings and Data”, pilihlah menu “Chrome” (kecuali bila Anda pindah dari Safari ...). Anda akan diingatkan untuk menutup browser lain.

Jika Anda memiliki lebih dari satu profil Google yang dibangun atau dibuat dengan browser Chrome, maka Anda akan ditanya yang mana yang ingin Anda pindahkan.

Di sini, Anda dapat memindahkan cookie, riwayat penelusuran, dan/atau bookmark Anda. Hapus centang data apa pun yang ingin Anda tinggalkan dan klik “Continue”.

Jika semuanya berjalan dengan baik, Anda akan mendapatkan sebuah kotak dialog yang memberi tahu Anda bahwa "Impor Selesai" atau “Import Complete”.

Kliklah ikon “Library” dan pilih “Bookmarks”

Dalam kasus kami, semua bookmark dan file bookmark kami berhasil diimpor, dan semua ditempatkan dalam satu folder bernama “From Google Chrome” pada bilah bookmark.

Cara Pindah Ke Safari

Safari tidak menunggu untuk bertanya apakah Anda ingin bookmark Anda, berbeda dengan Firefox. Saat pertama kali Anda membuka Safari, secara otomatis ia mengimpor bookmark dan riwayat Anda dari Chrome atau Firefox. Bookmark dan folder bookmark Anda muncul di halaman “Favorites”. Bila Anda pergi ke “Bookmarks” di bilah menu, mereka muncul di folder yang berlabel “Imported”.

Tidak ingin bookmark lama Anda? Itu mudah. Di bagian bawah halaman Favorites atau Top Sites, Anda akan melihat catatan yang menanyakan apakah Anda ingin menyimpan bookmark yang diimpor; pilihlah opsi "Keep" atau "Don't Keep". Dan itu berhasil. Ketika saya mengklik "Don't Keep" semua bookmark lama saya menghilang dari halaman Favorit.

Jika Anda berubah pikiran di masa mendatang, cukup mudah untuk mengimpor bookmark secara manual:

Buka bilah menu dan klik “File” > “Import From” > “Google Chrome”. Anda juga dapat mengklik "Bookmarks File HTML" jika Anda pindah dari browser yang berbeda.

Pilihlah untuk mengimpor bookmark, riwayat, atau keduanya. Kemudian klik "Imported". Maka, Safari secara otomatis mengimpor bookmark Anda, lalu bertanya apakah Anda ingin menyimpannya. Dan itu dia! Halaman Favorites sekali lagi memiliki bookmark impor saya bersama dengan folder mereka, dan menu drop-down "Bookmarks" menunjukkan folder "Imported" yang sama seperti sebelumnya.

Demikianlah cara-cara pindah ddari Chrome ke browser Firefox dan Safari. Mudah, bukan? Selamat mencoba saja!

Tags :

#
chrome,
#
firefox,
#
safari,
#
cara pindah browser