MENU
icon label
image label
blacklogo

Hobi Foto? Maksimalkan Kamera iPhone Anda dengan Tips Ini

JUL 13, 2020@15:00 WIB | 154 Views

Aplikasi kamera bawaan iPhone adalah urusan yang relatif sederhana. Akan tetapi, masih banyak fitur tersembunyi dan trik fotografi yang perlu diketahui untuk mendapatkan hasil maksimal dari iPhone Anda. Semua tips dan trik fotografi ini dapat digunakan dengan aplikasi kamera asli iPhone, sehingga tidak perlu menginstal aplikasi baru atau berbayar.

IPhone 11, iPhone 11 Pro atau 11 Pro Max memiliki kamera super yang membawa Anda pada kemampuan zoom yang ditingkatkan, fitur baru yang disebut Deep Fusion dan mode malam yang cocok pengambilan foto di lingkungan gelap. Ketiga iPhone rilisan tahun 2019 tersebut juga memperoleh kamera belakang tambahan, menjadikan iPhone 11 memiliki dua kamera, dan koleksi iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max menjadi tiga kamera.

Perbaikan produk ternyata tidak berhenti pada perangkat keras saja. Kemampuan perangkat lunak yang baru, membuat foto-foto iPhone 11 cukup tajam untuk bersaing dengan produk sejajar dari produsen lain. Bahkan foto-foto yang diambil dari lingkungan bercahaya rendah, berhasil membuat kita terpesona.

Perbedaan mendasar pertama antara kamera Iphone 11 dan pendahulu, adalah pengaturan cepat yang tidak muncul di jendela kamera. Apple memang memindahkan pengaturan seperti timer dan filter karena tidak sering digunakan, sehingga layar tampak bersih. Akan tetapi, Anda pasti membutuhkannya apabila ingin mengambil foto grup.

Sebenarnya fitur ini dapat Anda munculkan dalam sekejap. Dengan cara mengetuk panah yang ada di bagian atas layar, jika Anda memegang iPhone secara vertikal. Panah akan mengubah arah dan menampilkan berbagai pengaturan cepat seperti flash, rasio aspek, timer dan filter. Lalu Anda tinggal menekan tombol sekali lagi untuk menyembunyikannya.

Hal kedua yang perlu Anda ketahui adalah ketiga model iPhone 11 sudah dilengkapi kamera sudut ultrawide. Menariknya, ada fitur tersembunyi yang bisa dilakukan yaitu dapat digunakan untuk memperkecil foto setelah memotret. Jadi jika Anda mengambil foto grup tetapi tidak semua orang masuk dalam bingkai, Anda dapat masuk ke aplikasi Foto dan menggunakan fungsi krop untuk memperkecil, sehingga area yang ditampilkan lebih luas.

Sekilas ini memang mirip dengan fitur Deep Fusion, yang baru diperkenalkan. Jika Anda mengaktifkannya, ponsel akan terus mengambil foto yang dapat Anda perkecil setelah memotret. Anda hanya perlu memastikan bahwa foto diambil dengan kamera 1x standar agar Deep Fusion berfungsi.

Tips berikutnya adalah menggunakan fitur Mode Malam yang ditingkatkan di iPhone 11. Setiap kali iPhone Anda merasa cahaya tidak memadai,  maka ikon Night Mode akan muncul di sebelah tombol panah. Apabila sudah berwarna kuning, itu berarti Mode Malam aktif. Tombol ini juga akan menampilkan waktu, yang menunjukkan berapa lama Anda harus diam setelah menekan tombol rana.

Dengan mengetahui tiga tips di atas, tentu Anda dapat memaksimalkan hasil jepretan menggunakan perangkat Iphone 11. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
kamera iphone,
#
tips fotografi,
#
iphone,
#
iphone 11