MENU
icon label
image label
blacklogo

Ubah Default Browser Selain Safari di iPhone dan iPad

DEC 22, 2020@17:30 WIB | 386 Views

Banyak fitur dan manfaat baru yang diberikan oleh iOS 14 dan iPadOS14. Satu diantaranya adalah mengubah default browser dengan browser pihak ketiga.

Setiap orang memiliki browser pilihan sendiri untuk digunakan. Ada yang lebih menggunakan Google Chrome, Firefox ataupun Safari. Jika di komputer lebih mudah mengubah default browser untuk digunakan, tapi jika Anda menggunakan iPhone atau iPad, akan sedikit rumit.

Sebelum iOS 14, Apple tidak mengizinkan pengguna untuk mengganti default browser selain Safari, dimana jika Anda mendownload browser lain seperti Chrome atau Firefox, aplikasi yang membuka tautan di browser secara otomatis akan menggunakan Safari sebagai default. Browser lain hanyalah sebuah pilihan.

Tapi itu dulu. Sekarang, Apple sudah mengizinkan pengguna untuk mengganti default browser pada iPhone dan iPad. Untuk mengubahnya sangat simpel, ini caranya.

Pertama, buka Settings, jika Anda tidak mendapatkannya di homepage, gunakan Spotlight Search.

Pada menu Settings, temukan aplikasi browser yang ingin Anda gunakan sebagai default. Misalnya Settings > Chrome untuk mengatur Google Chrome sebagai default browser.

Jika browser tersebut sudah diperbaharui untuk mendukung peralihan default Apple, Anda akan menemukan opsi “ Default Browser Apple” pada pengaturan. Ketuk bagian tersebut.

Setelah itu, Anda akan melihat list setiap aplikasi browser yang sudah diinstal pada perangkat Anda. Ketuk nama browser yang ingin Anda gunakan sebagai default.

Saat itu juga, kapanpun Anda ingin membuka sebuah tautan di browser, secara otomatis akan terbuka di browser pilihan Anda. Lakukan hal yang sama jika Anda ingin kembali menggantinya dengan Safari. [geo/asl/timBX]

Tags :

#
ios 14,
#
pengaturan default browser iphone,
#
iphone,
#
tips gadget