MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Nonaktifkan Data Lokasi Foto di iPhone iOS13

DEC 08, 2020@13:35 WIB | 177 Views

Saat Anda mengambil foto di iPhone atau iPad, iOS secara otomatis menggunakan GPS untuk merekam lokasi pengambilan yang tepat. Ini menawarkan kenyamanan besar, karena memungkinkan Anda untuk membuat katalog gambar dengan lokasi yang tepat. Ini juga membantu dalam memilah pemotretan dan membantu melacak keluarga dan teman selama bertahun-tahun. Sebagian besar metadata lokasi foto diterima. Namun terkadang tidak.

Ketika berbagi foto dengan koordinat geolokasi yang ditandai di data EXIF, orang lain dapat menggunakan aplikasi untuk mencari tahu di mana jepretan itu diambil. Saat memposting foto ke media sosial, Anda mungkin tidak ingin memposting foto terlalu dekat dengan rumah atau bahkan di rumah sendiri, tanpa tahu cara untuk menghapus informasi tersebut dan melindungi privasi. Maka, kita perlu menghapus data geolokasi dari foto di perangkat iOS 13.

Dengan iOS 13, Apple menggandakan komitmennya terhadap teknologi keamanan dan anti-pelacakan. Ini tampak dari keberadaan fitur baru untuk menghapus informasi lokasi foto dari setiap jepretan, sebelum membagikannya dengan seseorang atau di media sosial.

Sekarang Anda dapat menghapus lokasi dari foto, video, atau beberapa gambar dan film yang ingin Anda kirim melalui Mail, Messages, Facebook, Twitter, Messenger, atau aplikasi lainnya. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir tentang orang asing yang mengetahui lokasi Anda dari jepretan iPhone Anda. Berikut cara melakukannya.

- Rekam foto atau video seperti biasa dengan aplikasi Kamera.

- Temukan foto atau video di galeri dan ketuk tombol Bagikan.

- Saat akan berbagi di aplikasi Foto, amati tombol Opsi baru di iOS 13. Ketuk Opsi dan di panel berikutnya, matikan Lokasi.

- Kemudian kirim foto melalui platform manapun yang Anda sukai.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, sekarang tidak ada cara bagi orang lain untuk menguraikan lokasi tempat pengambilan foto tersebut. Perhatikan bahwa pengaturan ini tidak tersimpan otomatis, jadi harus disetel ulang setiap pengiriman.

Ingat bahwa Anda hanya dapat menghapus lokasi di dalam aplikasi Foto iPhone, jadi pastikan untuk membagikan foto langsung dari aplikasi. Fitur privasi iOS 13 yang berguna ini dirancang hanya untuk foto dan video yang Anda bagikan dengan orang lain.

Foto yang berada di perangkat Anda menyimpan semua informasi lokasinya. Jadi hanya yang dikirim melalui teks, email, atau media sosial yang akan menghapus data lokasi. Metadata lainnya yang terkait dengan gambar Anda, seperti waktu, jenis perangkat, kecepatan rana, dan bukaan, tetap ada pada bidikan. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
iphone ios13,
#
cara nonaktifkan data lokasi foto,
#
cara menonaktifkan gps,
#
tips iphone