MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Mengosongkan Penyimpanan di iPhone atau iPad

AUG 14, 2020@18:30 WIB | 243 Views

Saat mendapatkan iPhone atau iPad baru, Anda memiliki semua ruang penyimpanan di perangkat yang dapat digunakan. Namun, selama berbulan-bulan dan bertahun-tahun menggunakan perangkat ini, ruang penyimpanan mulai berkurang. Terlebih jika Anda memasang banyak aplikasi, menambahkan media seperti foto, video, dan musik, dan akhirnya mencapai titik di mana Anda mulai kehabisan ruang.

Jika Anda kehabisan ruang dan tidak tahu apa yang harus dilakukan, lihat kiat di bawah ini yang akan menunjukkan berbagai cara membersihkan sampah yang tidak diinginkan pada ponsel atau tablet Anda untuk mengosongkan lebih banyak ruang penyimpanan.

Periksa Penggunaan Anda

Pertama-tama, untuk menentukan cara terbaik mengosongkan ruang di iPhone atau iPad Anda, Anda perlu memeriksa apa yang sedang digunakan, dan aplikasi atau layanan apa yang menggunakan paling banyak ruang di perangkat Anda.

- Buka menu Pengaturan

- Buka Umum> Penyimpanan iPhone

Dari sini, Anda akan melihat pengelompokan tentang bagaimana ruang penyimpanan di iPhone atau iPad digunakan, yang terbagi menjadi aplikasi, file sistem, file media, foto, pesan, dan sebagainya. Ini juga akan menunjukkan daftar aplikasi yang diinstal di perangkat Anda, di mana aplikasi yang menggunakan penyimpanan paling banyak akan tercantum di bagian atas dan diurutkan berikutnya.

Hapus Aplikasi yang Tidak Anda Butuhkan

Seiring waktu, akan terakumulasi aplikasi yang tidak lagi dibutuhkan. Misalnya, Anda dapat mengunduh aplikasi untuk digunakan pada acara tertentu dan tidak lagi menggunakannya, dan sekarang hanya menghabiskan ruang. Jika Anda ingin mengosongkan, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mulai membersihkan aplikasi tersebut.

- Buka menu Pengaturan

- Buka Umum> Penyimpanan iPhone

- Ketuk aplikasi yang ingin Anda hapus

- Pilih Offload App atau Hapus Aplikasi

Sekarang ada dua opsi untuk Anda pilih. Dengan memilih Aplikasi Offload, ini berarti Anda hanya akan menghapus aplikasi tetapi menyimpan data apa pun yang dimiliki aplikasi di ponsel Anda. Artinya, saat Anda mengunduh ulang aplikasi, semua data yang terkait dengan aplikasi tersebut akan dipulihkan.

Jika Anda memilih Menghapus Aplikasi, aplikasi dan semua data terkaitnya akan dihapus sepenuhnya. Jika Anda sama sekali tidak berencana untuk menggunakan aplikasi lagi, atau jika Anda tidak terlalu peduli, maka Hapus Aplikasi mungkin keuntungan besar untuk mengosongkan ruang penyimpanan.

Hapus Notifikasi Aplikasi Bawaan iPhone dan iPad

Dulu, Apple tidak mengizinkan pengguna menghapus aplikasi asli di iPhone dan iPad. Ini berarti aplikasi yang mungkin tidak pernah digunakan hanya akan menghabiskan ruang. Tetapi dengan iOS 10, Apple telah mengizinkan pengguna untuk menghapus (beberapa) aplikasi stok.

- Buka menu Pengaturan

- Buka Umum> Penyimpanan iPhone

- Ketuk aplikasi yang ingin Anda hapus

- Pilih Offload App atau Hapus Aplikasi

Jika Anda telah menghapus aplikasi saham di iPhone atau iPad, memulihkannya mudah. Cukup buka menu App Store, cari nama aplikasinya, dan instal ulang. Untuk kredit Apple, sebagian besar aplikasi saham yang disertakan dengan iPhone dan iPad memiliki jejak yang cukup kecil sehingga menghapusnya akan menghasilkan hasil yang marjinal.

Bongkar Secara Otomatis Aplikasi yang Tak Digunakan

Secara manual Anda bisa memilih menghapus aplikasi dalam langkah-langkah di atas, tetapi jika Anda tak mau repot dan lebih suka iPhone atau iPad Anda melakukannya secara otomatis, salah satu fitur iOS yang lebih baru memiliki kemampuan untuk membongkar aplikasi yang tidak digunakan. Artinya, seiring waktu, iOS akan mempelajari aplikasi mana yang tidak Anda gunakan untuk jangka panjang.

Tentu saja aplikasi untuk mengosongkan penyimpanan di iPhone atau iPad Anda, membebaskan ruang dalam prosesnya. Semua data terkait aplikasi akan tetap disimpan di iPhone atau iPad Anda, dan Anda akan melihat aplikasi yang telah dibongkar yang ditandai dengan ikon awan kecil di samping namanya. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengetuknya dan itu akan mengunduh sendiri lagi.

- Buka menu Pengaturan

- Pilih iTunes & App Stores

- Nyalakan Offload Aplikasi yang Tidak Digunakan

Unggah Foto ke Cloud

Mengingat banyak foto diambil menggunakan ponsel setiap hari, semuanya bertambah dengan sangat cepat. Salah satu cara untuk mengosongkan ruang di perangkat Anda adalah dengan mengunggah foto dan file media ini ke cloud, yang untungnya Apple telah dibangun ke dalam iOS dengan integrasi iCloud.

Tetapi apakah ini menghapus foto dari iPhone Anda? Tidak, karena cara kerjanya adalah Apple akan menampilkan versi yang lebih kecil dari foto-foto di iPhone Anda yang dapat Anda lihat sekilas, dan hanya akan mengunduhnya ketika Anda mengetuknya untuk membukanya. Dengan cara ini Anda mengetahui foto apa saja yang ada di sana, tetapi Anda tidak perlu mendownload atau melihatnya dalam resolusi penuh kecuali Anda menginginkannya.

- Buka menu Pengaturan

- Pilih Foto

- Nyalakan Foto iCloud dan pilih Optimalkan Penyimpanan iPhone

Karena itu, bergantung pada jumlah foto yang Anda miliki, Anda mungkin perlu membeli penyimpanan iCloud tambahan. Pelajari cara mengelola penyimpanan iCloud Anda dengan panduan kami di sini. Atau, jika Anda lebih suka tidak menggunakan iCloud, Google Foto adalah pilihan yang layak dipertimbangkan, dan juga gratis dan tidak terbatas untuk foto di bawah resolusi tertentu.

Sesuaikan Pengaturan Kamera Anda

Sementara iPhone semakin mampu mengambil foto dan video berkualitas lebih tinggi, itu juga berarti bahwa gambar dan video yang dihasilkan akan memakan lebih banyak ruang. Ini dapat dengan mudah diubah dengan menyesuaikan pengaturan kamera Anda.

Matikan Smart HDR

Mengambil foto dalam HDR akan menghasilkan gambar yang terlihat lebih jenuh dan kaya warna. Ini terlihat fantastis, tetapi karena cara pengambilan gambar HDR (biasanya beberapa gambar dengan eksposur berbeda), ini bisa memakan lebih banyak ruang daripada yang Anda pikirkan.

- Buka menu Pengaturan

- Pilih Kamera

- Matikan Smart HDR

- Matikan Pertahankan Foto Normal

Turunkan Kualitas Pengambilan Video

Dengan iPhone terbaru, sekarang mampu merekam video 4K pada 60fps. Seperti yang dicatat Apple, semakin tinggi framerate dan resolusinya, semakin banyak penyimpanan yang dihabiskannya, di mana video berdurasi satu menit direkam dalam 4K pada 60fps berukuran 400MB, versus 720p HD pada 30fps, yaitu pada 40MB per menit.

Bergantung pada kebutuhan Anda, Anda dapat menyesuaikan pengaturan yang sesuai. Jika Anda tidak perlu memiliki video dengan kualitas terbaik, turunkan kualitasnya ke ukuran yang dapat Anda nikmati, tanpa menghabiskan terlalu banyak penyimpanan.

- Buka menu Pengaturan

- Pilih Kamera

- Pilih Rekam Video

- Ketuk salah satu pengaturan pengambilan video yang Anda sukai

Hapus Podcast Lama yang tidak Anda dengarkan Lagi

Beberapa dari Anda suka mengunduh dan menyimpan podcast. Seiring waktu, seperti foto, ini akan bertambah. Secara umum, podcast ini dapat dialirkan secara online dan Anda selalu dapat mengunjunginya kembali, jadi tidak selalu perlu mengunduhnya ke perangkat Anda.

Namun, jika Anda menyimpannya di iPhone atau iPad, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menghapus podcast lama yang tidak Anda dengarkan lagi untuk mengosongkan ruang di perangkat.

- Buka menu aplikasi Podcast

- Buka tab Perpustakaan di bagian bawah aplikasi

- Ketuk Episode yang Diunduh

- Geser ke kiri podcast yang ingin Anda hapus

- Tap Hapus

Pertimbangkan Menggunakan Layanan Streaming Musik

Mirip dengan podcast, menyimpan musik di perangkat Anda akan menghabiskan banyak ruang, terutama jika Anda memiliki perpustakaan yang sangat besar. Di sinilah layanan streaming musik dapat berguna, di mana Anda dapat memutar lagu apa pun yang Anda inginkan tanpa menghabiskan ruang di perangkat Anda. Dengan beberapa layanan streaming musik, seperti Apple Music, Anda bahkan memiliki kemampuan untuk mengunggah lagu Anda sendiri agar tersedia sebagai streaming.

Pastikan untuk memeriksa panduan tentang cara menambahkan lagu ke Apple Music jika Anda baru mengenalnya. Sebagai alternatif, Anda juga dapat mempertimbangkan layanan streaming lain seperti Spotify, Amazon Music, YouTube Music, dan sebagainya, hanya untuk beberapa nama. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
cara mengosongkan penyimpanan iphone,
#
cara mengosongkan penyimpanan ipad,
#
tips iphone,
#
tips ipad,
#
iphone