MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Melihat Seberapa Besar RAM di Android

JAN 29, 2021@11:30 WIB | 205 Views

RAM pada ponsel Anda bekerja dengan cara yang hampir sama seperti komputer, seberapa cepat ponsel bekerja, berapa lama aplikasi diluncurkan, semua itu ditentukan pada RAM.

Meski begitu, smartphone Android biasanya tidak menampilkan berapa banyak RAM yang mereka miliki, setidaknya tidak dengan cara yang jelas. Tentu, Anda dapat memeriksa spesifikasi ponsel Anda secara online, tetapi Anda juga bisa memeriksanya dalam ponsel Anda secara langsung.

Periksa berapa RAM pada Android Anda. Ada dua metode yang bisa Anda gunakan untuk melihat berapa banyak RAM pada android Anda, yaitu:

Metode 1

1. Buka settings

2. Scroll ke bawah dan pilih About Phone

3. Scroll ke bawah dan di bawah nomor, ketuk layar lima kali secara berurutan

4. Akan muncul pesan “You are now a developer”

5. Balik pada menu settings dan pilih system

6. Tap pada Developer Options

7. Bagian bawah memory, akan menunjukkan berapa banyak RAM yang ponsel Anda miliki dan berapa banyak yang sudah digunakan

Metode 2

1. Download aplikasi Simple System Monitor pada Play store

2. Buka aplikasi

3. Tap pada RAM tab

4. Pada bagian bahwa akan menunjukkan berapa banyak RAM yang ponsel Anda miliki dan berapa banyak yang sudah digunakan

Bersihkan RAM Android

Jika Anda merasa bahwa ponsel Anda semakin lama semakin lambat, ini bisa jadi diakibatkan karena RAM telah mencapai batas pemakaiannya. Salah satu cara untuk membantu kembali bekerja dengan baik adalah dengan menghapus aplikasi yang memakan banyak ruang RAM.

Tidak Baik Menghapus RAM

Memang terdengar baik untuk menghapus atau membersihkan RAM pada ponsel Anda karena akan membantu memberikan ruang pada memori dan membuat kinerja ponsel Anda baik, tapi pada kenyataannya tidak semuanya benar. Dengan membersihkan RAM dan aplikasi yang baru digunakan, berarti aplikasi tersebut harus diluncurkan kembali dari awal. Ini akan membuat aplikasi membutuhkan waktu lebih lama untuk memuat.

Jadi meskipun membersihkan RAM memang menjadi salah satu cara agar ponsel Anda bekerja lebih baik, tapi ini bukanlah hal yang bisa dilakukan setiap saat. [geo/asl/timBX]

Tags :

#
ram,
#
ram android,
#
cara melihat ukuran ram,
#
tips