MENU
icon label
image label
blacklogo

Begini Cara Cegah Aplikasi Android Intip Data Pribadi

JUL 20, 2019@09:06 WIB | 84 Views

Para peneliti telah menemukan bahwa lebih dari 1.000 aplikasi Android memanen data Anda, bahkan ketika Anda mengatakan tidak. Hal ini lebih membuka mata pada saat perusahaan seperti Facebook, Google dan Amazon seperti berada di bawah mikroskop untuk kebijakan privasi dan keamanan mereka. Penelitian telah menunjukkan bahwa aplikasi tanpa izin dapat membonceng aplikasi lain yang telah Anda beri izin. Menurut temuan para peneliti, aplikasi ini bahkan dapat mengumpulkan data dari koneksi Wi-Fi Anda.

Google menangani masalah privasi di Android Q, pembaruan OS untuk ponsel Android, yang akan hadir akhir tahun ini. Jika Anda merasa tidak berdaya bahwa menolak izin aplikasi ke data Anda, masih ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mempersulit aplikasi melihat informasi yang tidak Anda inginkan.

Hanya beri izin aplikasi untuk mengakses data yang masuk akal

Aplikasi yang Anda unduh dapat meminta izin untuk mengakses kalender, kamera, kontak, lokasi, mikrofon, telepon, SMS, penyimpanan, dan sensor Anda. Beberapa izin diperlukan agar aplikasi berfungsi. Jika itu adalah aplikasi pemetaan, maka tentu saja, data lokasi dilengkapi dengan wilayah tersebut.

Masalahnya muncul ketika aplikasi meminta izin ke bagian ponsel Anda yang tidak ingin Anda berikan, atau mereka tidak perlu. Misalnya, jika Anda memberi aplikasi akses ke mikrofon Anda, ada kemungkinan mereka mendengarkan pembicaraan Anda, jadi waspadalah dengan akses yang Anda berikan. Dengan menolak izin, Anda dapat mencegah aplikasi melihat data Anda sejak awal. Jika ternyata aplikasi tidak akan berfungsi kecuali Anda memberinya akses, Anda masih dapat memutuskan untuk memberikan izin. Tetapi dengan membiasakan diri memeriksa izin aplikasi Anda akan membuat Anda lebih mengetahui apa yang dilakukan aplikasi dengan telepon Anda.

Aktifkan atau nonaktifkan izin aplikasi satu per satu

Jika Anda meng-install aplikasi dengan semua izin dinonaktifkan, Anda masih dapat mengaktifkan yang Anda inginkan secara individual dalam pengaturan.

1. Buka aplikasi Pengaturan ponsel Android Anda.

2. Ketuk Aplikasi atau Manajer Aplikasi.

3. Pilih aplikasi yang ingin Anda ubah dengan mengetuk Izin.

4. Dari sini, Anda dapat memilih Izin untuk menghidupkan dan mematikan, seperti mikrofon dan kamera Anda.

Pindai virus dan kelemahan lainnya

Google Play Protect memindai semua aplikasi Anda untuk mengidentifikasi apa saja yang berpotensi berbahaya. Bahkan aplikasi yang paling tepercaya dapat mengembangkan kelemahan yang bisa dieksploitasi oleh peretas, jadi sebaiknya Anda memindai aplikasi di ponsel secara berkala untuk memastikan aplikasi Anda aman.

1. Buka aplikasi Pengaturan ponsel Android Anda.

2. Ketuk Keamanan (Security).

3. Pilih Google Play Protect. Dari sini, Anda akan melihat semua aplikasi yang telah dipindai dan jika ada yang dicurigai. Jika demikian, Anda harus mengambil langkah-langkah untuk segera berhenti menggunakan aplikasi tersebut dan mengeluarkannya dari ponsel Anda.

Matikan pengaturan lokasi Anda

Sejumlah besar pelacakan berasal dari pengaturan lokasi Anda, jadi sebaiknya matikan pengaturan ini.

1. Buka aplikasi Pengaturan ponsel Android Anda.

2. Ketuk Lokasi.

3. Pilih Pengaturan Lokasi Google.

4. Geser sakelar pematian untuk Pelaporan Lokasi dan Riwayat Lokasi.

5. Anda dapat melangkah lebih jauh dengan menghapus semua riwayat lokasi Anda.

6. Jika Anda perlu lokasi diaktifkan, Anda dapat mengaktifkannya secara manual, dan mematikannya lagi setelah selesai.

Tags :

#
data pribadi,
#
keamanan data pribadi,
#
aplikasi android