MENU
icon label
image label
blacklogo

Simak! Agar Autofill di Browser Tak Mencuri Data Pribadimu

AUG 13, 2019@14:38 WIB | 131 Views

Sebagian besar mesin penjelajah (browser) dengan mudah menawarkan untuk menyimpan data pengguna secara otomatis (autofill). Pengguna memilih metode tersebut karena mungkin lebih praktis daripada harus kembali mengisi ulang data yang sama dan kekhawatiran akan lupanya kata sandi. Namun ternyata, pengisian data otomatis ini dapat disalahgunakan oleh pelaku kejahatan siber, jika komputer terinfeksi 'pencuri' melalui malware yang dapat mencuri informasi bahkan dari browser sekalipun.

Autofill menjadi salah satu fitur yang ditawarkan oleh sebagian besar peramban (browser). Dengan fitur ini, browser dapat menyimpan dan mengisikan secara otomatis sejumlah data seperti nama dan kata sandi akun, nomor kartu kredit, dan sebagainya. Temuan Kaspersky menunjukkan, fitur autofill dapat menjadi jalan masuk bagi peretas, jika komputer terinfeksi oleh malware yang dapat mencuri informasi dari browser.

Paruh pertama 2019, Kaspersky mendeteksi lebih dari 940 ribu aksi seperti ini. Dibandingkan dengan periode yang sama pada 2018, angka ini meningkat sepertiga kali. Kaspersky juga menekankan bahwa para peretas tidak hanya tertarik pada fitur autofill di browser, tetapi juga mereka berupaya mencari dompet mata uang kripto dan data akun permainan. Selain itu, mereka juga tertarik untuk mencuri file dari desktop pengguna.

Berikut ini merupakan tips-tips bagaimana melindungi data pribadi dari hacker. Jika malware menembus sistem komputer kamu, maka data yang tersimpan pada browser sangat berisiko. Begitu pula finansial dan reputasi kamu. Karena itu, jangan percaya begitu saja informasi penting seperti detail kartu bank tersimpan di browser kamu.

1. Masukanlah data secara manual, meski membutuhkan waktu lebih lama, maka akan jauh lebih aman.

2. Apabila kamu menggunakan browser Firefox, kamu dapat melindungi data pribadi yang disimpan di browser dengan kata sandi utama. Untuk melakukannya, klik pada tiga bilah di sudut kanan atas browser dan pilih Opsi, buka tab Privasi & Keamanan, gulir ke bawah untuk Login dan Kata Sandi, kemudian pilih kotak Gunakan kata sandi utama (use a master password box).

3. Cara terbaik untuk melindungi data pribadi adalah mencegah malware masuk ke komputer kamu sedari awal. Lakukan instalisasi adalah solusi keamanan handal yang mampu mencegah infeksi pada komputer.[ech/hsn/timBX]

Tags :

#
blacktips,
#
data pribadi,
#
keamanan,
#
browser