MENU
icon label
image label
blacklogo

Bagaimana Memulai Sebuah Podcasting

NOV 06, 2020@09:00 WIB | 108 Views

Pertama-tama karena kita sudah masuk pada zamamn era modern maka tidak heran apabila kit bisa dengan mudah ini untuk memberi tahu dunia tentang apa yang Anda pikirkan. Berikut adalah hal-hal yang harus Anda lakukan dengan benar jika Anda ingin memulai Podcasting.

Sebenarnya, sudah terlalu banyak podcast.

Untuk setiap acara yang mengasyikkan di aplikasi podcasting favorit Anda, ada 60 tema lainnya yang hampir sama. Tapi jangan biarkan hal itu mematahkan semangat Anda. Podcast Anda akan berbeda. Itu karena Anda memahami satu prinsip yang sangat mendasar: Anda harus menarik. Dan untuk melakukan itu, Anda harus tahu apa yang ingin Anda bicarakan, mengapa Anda ingin membicarakannya, dan bagaimana Anda membicarakannya.

Ini penting untuk lebih dari sekadar mempunyai suatu gaya  ini juga menentukan cara Anda merekam. Sebuah pertunjukan yang dibangun melalui chemistry antara host dan cohost, dan beberapa peralatan studio. Acara dengan skrip dan satu host memerlukan pengeditan yang ketat, menekankan perangkat lunak. Kami membahas semuanya di sini.

Membangun Studio Anda

Mikrofon: Semua mikrofon melakukan hal yang sama: menerjemahkan getaran suara Anda menjadi sinyal listrik. Kondensor dan mikrofon dinamis melakukan ini dengan dua cara berbeda, memberikan hasil yang berbeda. Kondensor kurang kokoh tetapi lebih sensitif dan membutuhkan lebih sedikit amplifikasi — bagus untuk studio rumah. Mikrofon dinamis lebih tahan lama dan dikenal memiliki suara yang lebih hangat, memberikan lebih banyak "suara radio" tradisional. Bagaimana mikrofon Anda terhubung ke komputer Anda juga penting.

Apa pun jenisnya, mikrofon terbaik hanya menggunakan kabel XLR, konektor analog yang memberikan ketelitian tertinggi. Mikrofon ini memerlukan pra-amplifikasi dan tidak akan terhubung langsung ke komputer Anda. Mikrofon USB biasanya memiliki pra-amplifikasi dan dihubungkan langsung ke komputer, tetapi kualitas suaranya sedikit lebih buruk.

Menghubungkan ke komputer Anda: Kecuali jika Anda hanya menggunakan satu mikrofon USB, Anda memerlukan perangkat yang dapat mengarahkan semua perlengkapan Anda ke komputer. Ada berbagai opsi, tetapi antarmuka USB seperti Focusrite Scarlett 6i6 memiliki beberapa input XLR dan menyediakan pra-amplifikasi.

Papan pencampuran seperti Mackie ProFX8 memberi Anda banyak kendali atas suara Anda selama perekaman langsung, dan mengakomodasi pengaturan yang lebih canggih, tetapi membutuhkan lebih banyak pengetahuan teknologi untuk digunakan.

Peretasan akustik: Tujuan saat merekam adalah untuk mencegah suara memantul dari permukaan yang keras — dinding, meja, koleksi piala bowling Anda — dan masuk ke mikrofon. Beberapa trik dapat membantu:

Selimut tebal dan rapat yang diletakkan di belakang Anda sama efektifnya dengan busa akustik (benda yang tampak seperti kotak telur). Dalam keadaan darurat, duduklah di depan lemari pakaian yang penuh.

Lindungi mikrofon dengan kotak isolasi, berbentuk kubus busa dengan sisi terbuka untuk Anda ajak bicara. Anda dapat membeli satu atau, lebih baik lagi, membuatnya sendiri.

Skenario terburuk, lakukan apa yang telah dilakukan reporter di lapangan selama bertahun-tahun: Rekam di tempat tidur Anda, di bawah selimut. Berkeringat tetapi sangat efektif.

Perlengkapan untuk tamu:

Audio untuk tamu harus terdengar sebaik milik Anda. Berikut adalah opsi penyiapan Anda, dari yang terbaik hingga yang terburuk.

  • The Proper Set Up: Mereka duduk di studio Anda dengan mikrofon mereka sendiri, merekam trek audio mereka sendiri.
  • The Shared Set Up: Mereka duduk di studio Anda, berbagi mikrofon Anda. Berhati-hatilah untuk tidak membicarakan satu sama lain.
  • The Double Ender: Mereka berbicara dengan Anda melalui telepon, tetapi memiliki mikrofon sendiri di tempat, dan mengirimkan rekamannya kepada Anda saat wawancara selesai.
  • The Skyper: Anda menelepon mereka di Skype, dan menggunakan ecamm Call Recorder untuk Skype ($ 30) untuk merekam audio dari panggilan tersebut.

Merekam Pertunjukan Anda

Level rekaman:

Perekaman yang terlalu keras akan menghilangkan detail seperti halnya terlalu banyak cahaya yang menyapu foto. Merekam terlalu pelan menghasilkan kebalikannya. Saat Anda menaikkan volume untuk mengimbanginya, Anda akan mendengar suara yang tidak diinginkan. Jadi pastikan untuk memeriksa meteran puncak dan kenyaringan tersebut.

Pengukur puncak adalah sistem pengukuran yang paling umum. Ini mengukur sinyal audio dalam desibel relatif terhadap skala penuh (dbFs). nol adalah maksimum (itulah sebabnya semua angka negatif). praktik standar adalah merekam antara minus 15 dan minus 12 dbFs.

Pengukur kenyaringan adalah standar yang muncul, dirancang untuk memperhitungkan cara kerja telinga Anda dengan lebih baik: pada volume yang sama, suara yang lebih dalam kurang menyakitkan telinga Anda daripada suara bernada tinggi. gunakan pembacaan jangka pendek pada meteran dan bidik minus 24 LUFS (unit kenyaringan relatif terhadap skala penuh).

P-Pops, sibilants, dan getaran berlebihan lainnya: Beberapa bunyi huruf, seperti semburan p dan b yang disebut plosif dan bunyi berlebih yang disebut sibilants, tidak dapat dikeluarkan dari campuran dengan mudah. Jadi dapatkan persneling untuk membatasi getaran. Dudukan guncangan menangguhkan mikrofon pada pegas penyerap goncangan, dan filter pop bergaya lingkaran membunuh semburan udara dari mulut Anda sebelum direkam.

Kebisingan latar belakang:

Suara sekitar, seperti Harley yang disempurnakan di jalan, dapat mengalihkan perhatian dari rekaman Anda dan sulit untuk diedit. Paling baik merekam pada malam hari, saat polusi suara lebih sedikit. Jika Anda harus memilih salah satu, suara terus menerus kurang kentara dan lebih mudah dihilangkan dibandingkan suara yang kadang muncul kadang hilang.

Merekam di luar:

Jika Anda ingin merekam di luar studio, Anda memerlukan perekam portabel yang bagus. Harganya bisa mahal, tetapi merupakan investasi yang bagus. Ada banyak pilihan seperti Zoom H6 ($ 400 sekitar 6 Juta Rupiah) —yang memiliki empat input XLR, dan dapat diperluas hingga enam — dapat digunakan sebagai antarmuka USB. Perekam portabel juga dapat mencadangkan pengaturan studio utama Anda.

Tip Wawancara dari Marc Maron

Marc Maron telah menjadi bintang podcast karena melakukan wawancara intim selebriti di acaranya, WTF, yang berlangsung di garasi rumahnya. Begini caranya:

“Saya hampir selalu diintimidasi oleh tamu kecuali jika saya benar-benar mengenal mereka. Tidak ada salahnya diintimidasi. Anda hanya harus jujur ​pada perasaan Anda.

Ketika saya mewawancarai Mick Jagger, saya tahu itu akan dibatasi. Sulit untuk memikirkan apa yang harus ditanyakan kepada seseorang ketika Anda hanya punya waktu sepuluh menit. Jika Anda terlalu terpaku pada hanya mengajukan pertanyaan, Anda hanya akan mendapatkan jawaban. Untuk saling bertukar cakap dan merasa terlibat — itu berbeda.

Jadi saya membuatnya tentang saya. Saya berbagi bahwa saya tidak pernah melihat Rolling Stones selama 30 tahun, ketika Screamin 'Jay Hawkins dibuka, dan Mick ingat pertunjukan itu. Dia berkata, "Kamu tahu, kamu harus benar-benar melihat kami lebih dari setiap tiga puluh tahun!" Dan mengundang saya ke pertunjukan di tur mereka saat ini.

Itu adalah momen yang berhubungan langsung dengan saya, dan itu asli.

Mengedit Suara

Stasiun kerja audio digital:

Semua pengeditan Anda akan dilakukan di dalam stasiun kerja audio digital. DAW memungkinkan Anda menghadirkan trek audio, membersihkan suaranya, dan memotong serta mengaturnya kembali menjadi pertunjukan yang kohesif. Bergantung pada yang Anda gunakan, kemampuannya bisa jauh lebih luas.

(Masukan Gambar GarageBand)

GarageBand

Melakukan semua yang Anda butuhkan, dan gratis di setiap Mac.

(Masukan Gambar Hindenburg)

Hindenburg Journalist

Set fitur disesuaikan secara khusus untuk radio atau podcasting.

(Masukan Gambar adobe audition)

Adobe Audition

Rumit untuk dipelajari tetapi sangat kuat.

Jangan lupakan headphone: Anda tidak dapat mengedit dengan baik jika Anda tidak dapat mendengar dengan baik, jadi dapatkan sepasang headphone pemantauan kualitas studio (para profesional menyebutnya kaleng). Standar industri ini adalah Sony MDR-7506 ($ 85 sekitar 1,3 Juta Rupiah). Mereka tidak terlalu mahal, terdengar bagus, dan cukup nyaman.

Jangan hapus setiap vokalisasi yang tidak sempurna. Tidak ada orang yang berbicara dengan sempurna. Dikelilingi oleh komputer, "ums" menunjukkan bahwa kita masih manusia. Keheningan panjang menandakan kebenaran yang sulit dipahami. Dan jika Anda tertawa saat mengedit, biarkan tamu itu tertawa selama Anda melakukannya.

Memposting Podcast Anda

Pilih host:

Hampir setiap podcast disebarluaskan melalui iTunes, tetapi itu benar-benar hanya penunjuk yang memberi tahu komputer audiens ke mana untuk mengunduh file podcast. Terserah Anda untuk mencari tahu di mana menyimpannya. Anda punya tiga opsi:

  • Squarespace

Menggunakan platform untuk membangun situs web, seperti Squarespace, dapat berfungsi. Ini tidak khusus untuk podcaster, tetapi itu akan menghosting file Anda dan tidak terlalu mahal.

  • Libsyn

Layanan hosting yang dirancang untuk membuat podcasting tidak merepotkan. Libsyn memfasilitasi penyerahan pertunjukan dan menawarkan metrik. Layanan dasar memang murah, tetapi peningkatan skala bisa mahal

  • Amazon S3

Jika Anda benar-benar menginginkan ruang penyimpanan dan Anda tidak tinggal di server farm, Anda pasti menginginkan real estat di cloud. Amazon adalah salah satu penyedia ruang cloud komersial terbesar.

Mengukur metrik:

Podcasting memiliki satu metrik yang lebih penting daripada yang lain yakni unduhan. Kedengarannya sederhana, tetapi karena cara komputer mengunduh file audio, itu tidak selalu langsung. Anda ingin mendapatkan nomor Anda dari sumber yang dapat dipercaya. Jika Anda tidak menggunakan layanan hosting yang menawarkan metrik podcast, Podtrac bisa mendapatkannya untuk Anda dengan biaya hanya beberapa penyesuaian pada proses hosting Anda.

Tags :

#
blacktips,
#
podcast,
#
cara memulai podcasting