MENU
icon label
image label
blacklogo

Anda Merasa Hidup Begitu Sulit? Simak 3 Tips Ampuh Ini!

JUN 04, 2021@08:00 WIB | 108 Views

Hidup bisa jadi sangat sulit dan tidak terduga. Anda berjalan dengan susah payah menaiki tangga yang curam dan licin dan dada Anda terasa sesak. Anda menggerutu dalam hati "coba lagi" saat Anda jatuh bebas kembali ke bawah.

Sungguh, ada periode dalam hidup yang membuat pria merasa hancur. Berikut adalah tiga opsi yang jika ditanggapi dengan serius, dapat memberikan hasil untuk tahun-tahun mendatang.

Putar Tombol Pengatur Stres

Ada dua jenis stres yang terjadi dalam tubuh kita: stres akut dan stres kronis.

Stres akut dipicu oleh peristiwa atau situasi kecil yang kita temui setiap hari. Kita menilai suatu masalah, dan tubuh kita melepaskan hormon stres yang membantu kita dalam menanganinya.

Stres kronis adalah hasil dari paparan berkelanjutan terhadap situasi yang berulang kali menempatkan kita dalam keadaan waspada. Ini bisa terjadi bahkan ketika kita harus tenang, fokus, dan menjalani hari kita. Stres memicu respons "lawan-atau-lari" dalam tubuh kita, yang mempersiapkan kita untuk menangani masalah. Ini berguna jika Anda akan menyampaikan presentasi terpenting dalam hidup Anda

Salah satu kunci manajemen stres adalah dengan meningkatkan variabilitas detak jantung (HRV), kunci biometrik stres, sehingga Anda dapat merasa lebih tenang, seimbang, dan melakukan yang terbaik. Anda harus bisa mengatur dengan baik pernapasan Anda, saat Anda merasa terdesak cobalah pikirkan sesuatu yang membuat Anda lebih tenang.

Atur pernapasan Anda dengan baik, dengan perlahan. Ini dapat membuat pernapasan Anda lebih baik dan lancar dan meningkatkan detak jantung Anda.

Melakukan Pernapasan “Wim Hof”

Anda mungkin berpikir "Siapa itu Wim?" atau "Wim, apa?" Ini bukan hanya teknik pernapasan — tetapi pria yang sebenarnya. Wim Hof, biasa dipanggil “The Iceman”, adalah seorang atlet Belanda dan pemberani yang membuat gelombang di dunia kesehatan, kebugaran, dan pencapaian manusia.

Wim memegang 21 Rekor Dunia Guinness, termasuk berenang di bawah danau beku, mendaki Gunung Kilimanjaro dengan celana pendek, dan duduk di pemandian air es selama hampir 2 jam, muncul sepenuhnya tanpa hambatan.

Pendekatan tiga pilar Wim Hof terdiri dari: paparan dingin, pernapasan, dan komitmen/pola pikir. Dua studi di Radboud University di Belanda membantu melegitimasi metode ini. Dalam satu penelitian, Wim membuktikan bahwa ia mampu secara sukarela mempengaruhi sistem saraf otonomnya, jika tidak dianggap mustahil. Situs resmi telah merilis daftar manfaat yang luas termasuk: "menghilangkan stres", "meningkatkan tidur", "meningkatkan sistem kekebalan tubuh", dan "mengurangi beberapa gejala depresi".

Untuk lebih simplenya, Anda dapat mempelajari metode pernapasannya. mulai menerapkannya setiap hari, dan berlatih mandi air dingin singkat. Singkatnya, Anda akan mengambil napas dalam-dalam dengan cepat, tetapi alih-alih mengembuskan napas sepenuhnya, Anda cukup melepaskan napas di bagian atas dan membiarkan udara keluar secara alami. Kemudian ulangi.

Setelah 30 atau lebih dari napas yang terisi ini, buang napas sepenuhnya dan tahan sampai Anda merasa perlu bernapas lagi. Setelah Anda merasa perlu bernapas, tarik napas dalam-dalam sekali lagi, tahan selama 10 detik, dan keluarkan.

Anda akan tercengang melihat berapa lama Anda dapat menahan napas secara alami sebelum Anda merasa perlu menarik napas lagi. Pada hari-hari yang sangat buruk, berbaring telentang dengan musik yang menenangkan, dan cobalah 3-4 menit pernapasan ini. Ini akan lebih dari reset. Anda mungkin sedikit mengalami kesemutan di tangan dan lengan Anda, dan mudah-mudahan, mendapatkan gelombang ketenangan yang menenangkan Anda.

Bernapas saja mungkin tidak mengurangi stres, tetapi saya menemukan sekumpulan tindakan kecil dengan cepat menjadi sesuatu yang gamblang. Selain itu, bernapas itu gratis.

Berjalan-jalan dan Melihat Sesuatu

Jika Anda bisa melupakan betapa sederhananya hal ini, Anda akan menikmati manfaat besar dari hal ini. Pikirkan tentang perubahan yang terjadi ketika Anda melepaskan diri dari posisi duduk, melangkah melewati pintu, dan pergi ke luar ruangan.

Anda pergi dari tempat kerja Anda, dan melangkahkan kaki keluar untuk menghirup udara segar dan melihat langit di atas Anda. Tubuh Anda tiba-tiba bergerak maju dalam ritme.

Sebuah artikel Harvard Health berjudul “Berolahraga untuk Bersantai” mencatat, “bahkan berjalan kaki 20 menit saja dapat menjernihkan pikiran dan mengurangi stres”.

Dalam artikel tersebut juga menyebutkan bahwa “latihan aerobik secara teratur akan membawa perubahan yang luar biasa pada tubuh Anda, metabolisme Anda, jantung Anda, dan semangat Anda. Ini memiliki kapasitas unik untuk menggembirakan dan rileks, untuk memberikan stimulasi dan ketenangan, untuk melawan depresi dan menghilangkan stres”.

Jalan-jalan adalah kebalikan dari kalender yang penuh dengan pengingat dan tenggat pekerjaan. Jeda pada email yang penuh dengan proyek dan permintaan. Istirahat dari ponsel Jalan-jalan hanyalah jalan-jalan. Anda hanya berjalan dan melihat-lihat sekitar, dan tubuh Anda mendapat banyak manfaat.

Pilih Satu, Atau Lakukan Ketiganya

Ambil pilihanmu. Ada banyak cara untuk menenangkan pikiran yang panik. Tentu saja, selalu terserah Anda untuk mengambil tindakan atas nama diri Anda sendiri. Salah satu dari ini bekerja untuk Anda? Pilih ketiiganya dan berjalan-jalan. Lihat bagaimana perasaan Anda saat itu.

Jika Anda bisa melakukan salah satu dari ketiga pilihan itu maka bagus untuk Anda, namun apabila Anda bisa melakukan ketiganya. Maka lakukanlah dengan benar dan baik. Anda akan merasakan perubahan kemudian, perlahan-lahan. [shf/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
tips,
#
tips hidup,
#
tips sukses