MENU
icon label
image label
blacklogo

5 Hal Paling Penting dalam Hidup yang Akan Anda Sesali Jika Tidak Mengejarnya

AUG 20, 2021@19:30 WIB | 186 Views

Adalah hal umum untuk Anda memikirkan hal-hal terpenting dalam hidup.

Kita semua berusaha menyelaraskan diri dengan hal-hal yang benar-benar penting dan yang pada akhirnya akan menambah kebahagiaan dan kepuasan kita. Bagaimana kita mengatur diri kita untuk menciptakan kehidupan yang dijalani dengan baik versus kehidupan yang setengah-setengah seringkali lebih banyak tentang penyesalan yang kita miliki atas hal-hal yang gagal kita lakukan daripada hal-hal yang sebenarnya kita lakukan.

Kita lebih menyesal tidak menjadi diri ideal kita, atau orang yang benar-benar kita inginkan. Anda akan menyesal menjalani kehidupan yang tidak terpenuhi. Anda menyesal hidup dalam ketakutan dan tidak memiliki keberanian untuk fokus pada hal-hal dan orang-orang yang paling penting.

Apa yang penting dalam hidup, sebenarnya? Dengan mengingat pertanyaan itu, kita akan melihat hal-hal yang kebanyakan orang sesali karena tidak mengejarnya dan bagaimana menjalani kehidupan yang didasarkan pada apa yang benar-benar penting.

Hal Yang Paling Kita Sesali

Penelitian telah menemukan bahwa orang lebih dihantui oleh penyesalan karena gagal memenuhi harapan, tujuan, dan aspirasi mereka daripada penyesalan karena gagal memenuhi tugas, kewajiban, dan tanggung jawab mereka.

“I knew that if I failed I wouldn’t regret that, but I knew the one thing I might regret is not trying.” -Jeff Bezos

Mari kita renungkan beberapa pertanyaan:

- Apa yang saat ini paling Anda sesali dalam hidup Anda?

- Apa yang paling tidak ingin Anda sesali tentang hidup Anda ketika waktu Anda habis?

Orang-orang lebih menyesali kelambanan mereka daripada tindakan mereka dalam jangka panjang. Tidak jatuh cinta, tidak bergaul dengan teman baik, dan tidak mengusahakan tubuh yang sehat hanyalah beberapa tema umum. Mungkin Anda tidak pernah mulai menulis buku meskipun Anda suka menulis. Mungkin Anda belum mendirikan bisnis impian Anda sendiri karena Anda takut dengan apa yang akan dipikirkan orang jika Anda benar-benar mencobanya.

Masalahnya, mengambil tindakan adalah langkah pertama untuk memastikan Anda terhindar dari penyesalan. Keyakinan datang dengan mengambil tindakan. Membuat komitmen untuk menindaklanjuti dan kemudian memiliki keberanian untuk melakukannya membangun momentum.

Jika kita tidak mengejar hal-hal ini tanpa rasa takut, kita mulai menyalahkan diri sendiri karena tidak mengambil tindakan dan penyesalan bertambah.

Baca juga: 7 Langkah yang Harus Anda Lakukan Saat Merasa Terjebak dalam Hidup (Part 1)

1. Menjadi Versi Terbaik Diri Sendiri

Kita sering membiarkan keraguan dan ketakutan menahan kita dari menjalani kehidupan yang memiliki tujuan dan gairah. Ini menghentikan kita untuk terus tumbuh dan menjadi versi diri kita yang lebih baik. Kita lupa memupuk kesehatan dan hubungan yang baik dengan anggota keluarga atau mempraktikkan perawatan diri untuk kesehatan mental yang lebih baik.

Kita memiliki sejumlah hal yang ingin kita lakukan dalam hidup, namun banyak dari hal-hal ini tidak pernah terlihat. Kita khawatir bahwa tidak memiliki informasi yang tepat untuk membuat keputusan yang tepat. Takut dengan perubahan yang bisa terjadi dalam hidup, jadi mengambil jalan yang aman.

“Twenty years from now you will be more disappointed by the things that you didn’t do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover.” –Mark Twain

Hal ini menyebabkan penyesalan, menyalahkan diri sendiri, dan keraguan diri. Namun, ada di dalam diri kita untuk menciptakan kehidupan menakjubkan yang kita inginkan. Itu berarti tidak mengkhawatirkan apa yang orang lain pikirkan atau bagaimana kita akan dihakimi.

Hadir sepenuhnya, kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang tepat yang menyemangati Anda, bersenang-senang, dan mengambil lebih banyak risiko. Tidak peduli berapa kali Anda jatuh Anda bangkit kembali dan terus bergerak maju.

2. Mengejar Impianmu

Jika Anda tidak memiliki kejelasan tentang tujuan, impian, dan tujuan Anda yang lebih besar, sangat mudah untuk tersedot ke dalam rutinitas yang tidak memuaskan yang terdiri dari berjam-jam di tempat kerja, hubungan yang hambar, dan kebiasaan yang tidak sehat.

Tidak ada pertumbuhan, perubahan, atau transformasi dalam hal ini. Alih-alih mengejar impian Anda dan tumbuh setiap hari, Anda malah terjebak. Ketika Anda memiliki arah yang jelas untuk hidup Anda dan prioritas Anda berada di atas pikiran, Anda lebih jelas tentang langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk bergerak maju.

Anda menjalani kehidupan dengan tindakan yang penuh tujuan dan penuh gairah. Anda sepenuhnya mempercayai diri sendiri, sehingga Anda bersedia mengambil lebih banyak risiko dalam mengejar impian Anda. Mulailah menetapkan tujuan Anda hari ini.

Baca juga: 7 Langkah yang Harus Anda Lakukan Saat Merasa Terjebak dalam Hidup (Part 2)

3. Tidak Menjalani Hidup Orang Lain

Membandingkan diri Anda dengan orang lain dan menjalani kehidupan orang lain hanya dapat menyebabkan kepahitan, keraguan diri, kelambanan, dan sakit hati.

“Be yourself; everyone else is already taken.” –Oscar Wilde

Kita harus membuat perubahan dalam hidup kita karena kita menginginkannya, bukan karena tindakan atau reaksi orang lain. Jauhi lingkungan negatif dan orang-orang negatif yang dapat meracuni kemajuan Anda, mengikis kepercayaan diri Anda, dan menyebabkan keraguan diri masuk. Kelilingi diri Anda, sebaliknya, dengan banyak orang yang menginspirasi Anda.

Banyak dari kita terjebak dalam menjalani kehidupan yang menurut kita harus dijalani oleh seorang putra atau putri yang baik, atau apa yang diharapkan orang tua dari kita. Kita sering membuat keputusan penting dalam hidup dan bisnis karena kita pikir itulah yang akan membuat orang tua kita bahagia. Kami percaya kebahagiaan kami diperoleh melalui kebahagiaan mereka.

Baru kemudian, ketika kita menjadi tidak puas dengan hidup kita, kita mulai mempertanyakan kehidupan siapa yang sebenarnya kita jalani dan apakah kita benar-benar fokus pada hal-hal penting dalam hidup.

4. Mulai Hari Esok

Kita selalu berpikir memiliki lebih banyak waktu daripada yang kitalakukan. Pada kenyataannya, kita tidak tahu apa yang akan terjadi besok, jadi hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mulai membuat perubahan hari ini.

Menghabiskan hanya lima menit sekarang melakukan sesuatu yang signifikan, pada saat ini, dapat membantu Anda bergerak satu langkah lebih dekat ke impian Anda. Itu bisa berupa keputusan yang Anda buat, percakapan yang Anda lakukan, sesuatu yang Anda baca, dll. Intinya adalah fokus pada saat ini.

Misalnya, jika Anda ingin lebih banyak bepergian, Anda dapat membuat rencana untuk menghemat uang setiap bulan untuk liburan besar. Dalam beberapa minggu ke depan, cari kemungkinan tujuan dan buat rencana perjalanan setelah Anda memilih salah satu. Dengan setiap langkah kecil, Anda akan semakin dekat untuk mencapai tujuan Anda, jadi mulailah hari ini, meskipun hanya dengan membuat rencana atau garis waktu.

Baca juga: 5 Tips Yang Dapat Membuat Hidup Anda Kembali Seimbang

5. Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga dan Teman

Salah satu investasi terbesar yang dapat Anda lakukan dalam hidup Anda adalah membebaskan lebih banyak waktu Anda untuk dihabiskan bersama orang-orang yang paling berarti.

Ini sering lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Bagaimana Anda menyeimbangkan komitmen kerja Anda dengan berada di rumah untuk makan malam bersama keluarga atau menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak-anak Anda?

Jam kerja yang panjang dapat menyebabkan kekhawatiran dan stres. Anda khawatir tentang "tidak meluangkan waktu di tempat kerja" dan menciptakan masalah dengan atasan dan rekan kerja Anda, tetapi pada saat yang sama keluarga Anda juga mengandalkan Anda untuk berada di sana. Penting untuk mengendalikan jadwal Anda untuk memastikan Anda ada di sana untuk setiap hari dan saat-saat yang penting di hati dan pikiran orang-orang terdekat Anda.

Satu penelitian terhadap 309.000 orang menemukan bahwa kurangnya hubungan yang kuat meningkatkan risiko kematian dini dari semua penyebab hingga 50%. Ini mungkin karena hubungan sosial membantu kita mengurangi hormon stres dan meningkatkan hormon perasaan baik yang membuat kita bahagia dan sehat.

Hal terpenting dalam hidup seringkali adalah orang terpenting dalam hidup Anda, jadi jadikan prioritas untuk menghabiskan waktu bersama mereka.[shf/timBX] 

Tags :

#
tips,
#
tips untuk pria,
#
5 hal paling penting dalam hidup