MENU
icon label
image label
blacklogo

10 Rahasia Agar Hidup Anda Lebih Bahagia yang Tidak Akan Lekang Oleh Waktu (Part 2)

AUG 25, 2021@19:00 WIB | 158 Views

Jika Anda memecah rahasia kenapa hidup Anda bisa bahahia secara ilmiah, Anda mungkin menemukan beberapa wahyu yang menarik.

Tahukah Anda bahwa orang yang sudah menikah 10 persen lebih bahagia daripada orang yang belum menikah? Bagaimana dengan fakta bahwa kebahagiaan dimaksimalkan? Mungkin definisi paling sederhana dari semuanya adalah kenyataan bahwa kebahagiaan, pada akarnya, adalah pilihan. Ini bisa ditindaklanjuti.

Itu adalah sesuatu yang bisa kita kejar karena kita memilihnya. Ini secara alami menyiratkan bahwa kebahagiaan adalah sesuatu yang terletak pada kekuatan kita sendiri. Itu bukan sesuatu yang terjadi pada kita. Dan itulah mengapa kita di sini, kan? Mari kita uraikan beberapa cara utama agar kita dapat secara aktif mengejar kebahagiaan, dari mengikuti hasrat kita hingga melepaskan harapan dan segala sesuatu di antaranya.

Berikut adalah lanjutan 5 rahasia agar hidup Anda bisa lebih bahagia lagi kedepannya.

6. Kurangi Harapan Anda

Disadari atau tidak, sejumlah tindakan konyol kita dilakukan dengan mempertimbangkan ekspektasi yang ditetapkan. Jika kita memasukkan sejumlah darah, keringat, atau air mata ke dalam sesuatu, kita biasanya berharap untuk melihat hasil yang cukup spesifik dari upaya tersebut. Melepaskan dari harapan-harapan ini tanpa melepaskan diri dari orang atau peristiwa sepenuhnya adalah proses yang sulit untuk dikuasai. Tapi itu bukan tidak mungkin.

Bahkan, beberapa orang mengajarkan bahwa gagasan “ketidakmelekatan” sering kali disalahpahami. Daripada memutuskan hubungan atau melepaskan, kita harus membawa diri kita untuk mencintai dengan lebih utuh. Hal ini dapat dilakukan, seperti yang dikatakan Thich Nhat Hanh, dengan sengaja mencintai orang lain dengan “melihat dan mendengarkan secara mendalam sehingga kita tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan untuk membuat orang lain bahagia.”

Cinta yang disengaja ini dimaksudkan untuk menemukan apa yang dibutuhkan orang lain, bukan apa yang ingin kita berikan kepada mereka. Jadi, lain kali Anda pergi untuk membantu seseorang yang Anda cintai, jangan lakukan dengan memberi mereka apa yang Anda pikir mereka butuhkan (sesuatu yang sering kali datang dengan dosis ekspektasi yang besar dan kuat). Carilah kebutuhan asli orang lain dan cobalah untuk memenuhinya. Kebahagiaan yang dihasilkan ini sepadan dengan usaha.

Baca juga: 10 Rahasia Agar Hidup Anda Lebih Bahagia yang Tidak Akan Lekang Oleh Waktu (Part 1)

7. Bermain Seperti Anak Kecil Lagi

Ini adalah kekeliruan bahwa kesenangan berakhir di masa kecil kita. Namun, memang benar bahwa orang dewasa dari segala usia memiliki banyak tanggung jawab, perhatian, dan kekhawatiran yang harus diperhatikan. Tapi ada perbedaan antara mengurus tanggung jawab kita dan membiarkan tanggung jawab itu menghambat kemampuan kita untuk bersenang-senang.

Kepolosan sederhana dari seorang anak yang sedang bermain sungguh ajaib. Dari mobil kotak korek api dan wayang kulit hingga menari seperti Anda belum pernah menari sebelumnya, kesenangan yang sederhana dan murni dapat menjadi sumber kebahagiaan yang luar biasa sejak tahun-tahun pertama kita keluar dari rahim hingga masa remaja kita.

Tantang diri Anda untuk menemukan satu aktivitas kekanak-kanakan untuk diikuti. Cobalah untuk melepaskan hambatan Anda dan masuk ke dalamnya. Biarkan diri Anda bersenang-senang. Kemungkinannya adalah, Anda akan segera tersenyum.

8. Jadikan Olahraga sebagai Permainan

Semua orang dan ibu mereka tahu bahwa olahraga baik untuk menangkis depresi, yang secara alami juga menjadikannya cara yang baik untuk membantu meningkatkan kebahagiaan. Tapi, sejujurnya, mungkin sulit untuk memotivasi diri kita sendiri untuk bangun dari sofa dan berjalan-jalan.

Salah satu cara kita dapat membantu mengubah seluruh bagian olahraga dan kesehatan dari rutinitas harian kita menjadi sesuatu yang lebih menarik perhatian adalah dengan mengubahnya menjadi permainan. Terus? Intinya adalah ada banyak cara berbeda untuk melacak kemajuan Anda, menetapkan tantangan untuk diri sendiri, dan melihat apa yang dilakukan orang lain untuk bergerak.

9. Jangan Pernah Berhenti Belajar

Mengejar hobi adalah pilihan yang sangat baik yang memungkinkan kita untuk mengejar hasrat kita dan mempelajari hal-hal baru pada saat yang bersamaan.

Beberapa hobi, seperti panjat tebing, bersepeda gunung, dan yoga, bahkan dapat menangani dua burung dengan satu batu, memberikan pengalaman belajar dan membantu Anda menjadi bugar pada saat yang bersamaan. Tentu saja, ada banyak pilihan lain juga, tergantung pada minat pribadi Anda.

Luangkan waktu sekarang untuk membuat daftar hal-hal yang Anda sukai. Bukan hobi itu sendiri, ingatlah, tetapi hal-hal aktual yang menarik minat Anda, terutama yang tidak pernah bisa Anda kejar. Sekarang ambil daftar itu dan lihat hobi apa yang sesuai dengan minat Anda. Setelah Anda mendapatkan kecocokan, selami dan mulailah menantang diri Anda untuk mempelajari sesuatu yang baru.

Baca juga: 5 Hal Paling Penting dalam Hidup yang Akan Anda Sesali Jika Tidak Mengejarnya

10. Mencari Bantuan Profesional (Kapanpun Diperlukan)

Terkadang kebahagiaan benar-benar sulit dipahami, tidak peduli metode apa yang kita terapkan. Jika Anda benar-benar merasa sulit untuk mengguncang pola pikir Anda yang lamban dan tidak bahagia, Anda mungkin menghadapi sesuatu yang lebih serius. Tidak ada yang aneh tentang ini. Diperkirakan lebih dari satu dari setiap empat orang dewasa di Amerika Serikat menderita depresi, belum lagi masalah kesehatan mental lainnya.

 Jika hal ini terjadi pada Anda, mungkin ide yang baik untuk mencari bantuan profesional. Penting untuk dipahami bahwa ini bukan pengakuan kekalahan, melainkan langkah bijak yang bertujuan untuk menemukan kebahagiaan sejati dalam jangka panjang.

Menjangkau bantuan profesional dapat menjadi langkah pertama yang penting dalam menemukan kebahagiaan sejati.

Kesimpulan Keseluruhan

Ingat, bahagia adalah pilihan. Penting agar kita tidak hanya membaca daftar seperti ini dan melanjutkan tanpa melakukan sesuatu.

Jika Anda siap untuk mengejar kebahagiaan dalam hidup Anda sendiri, lakukan sekarang. Pilih satu atau dua elemen dari daftar dan mulai terapkan hari ini. Saat Anda menguasai setiap hal, kembalilah dan temukan hal lain untuk diterapkan. Sebelum Anda menyadarinya, Anda akan tersenyum lebar.[shf/timBX]

Tags :

#
tips,
#
tips untuk pria,
#
tips kehidupan,
#
rahasia agar hidup anda lebih bahagia