MENU
icon label
image label
blacklogo

10 Rahasia Agar Hidup Anda Lebih Bahagia yang Tidak Akan Lekang Oleh Waktu (Part 1)

AUG 24, 2021@19:00 WIB | 185 Views

Kita semua akrab dengan istilah pengejaran kebahagiaan.

Pertanyaannya adalah, bagaimana tepatnya Anda mengejar kehidupan yang bahagia? Apalagi untuk keseharian? Apa itu kebahagiaan pertama? Bagaimana Anda mengintegrasikannya dalam kesibukan sehari-hari Anda?

Tempat yang baik untuk memulai adalah dengan mendefinisikan apa arti istilah "kebahagiaan" bagi Anda. Ada banyak, dan kita berbicara banyak, definisi kata yang berbeda. Itu bisa datang dari tindakan, dari apa yang Anda pikirkan, dari rasa syukur, dan sebagainya.

Berikut adalah 10 rahasia untuk secara aktif mengejar kebahagiaan dalam hidup Anda. Namun, terlepas dari "peretasan kebahagiaan" spesifik yang Anda pilih untuk dicoba, ingatlah bahwa semua ini hanya berfungsi jika Anda terbuka untuk mereka yang bekerja di tempat pertama. Dengan kata lain, pilihlah kebahagiaan itu.

1. Gunakan Kekuatan Komunitas

Konsep komunitas yang berkaitan dengan kebahagiaan sudah setua waktu. Manusia selalu menemukan kenyamanan dalam kebersamaan dengan orang lain. Tetapi kebenaran terdalam tentang kebahagiaan adalah bahwa ini bukan tentang apa yang kita dapatkan dari komunitas; tapi tentang apa yang kita berikan ke dalamnya. Komunitas adalah konsep yang hanya berfungsi jika keseluruhan diperhitungkan, bukan setiap individu dalam isolasi.

Apa artinya ini bagi kebahagiaan kita sehari-hari? Sangat penting bagi kami untuk menemukan area di komunitas kami di mana kami dapat terhubung dan terlibat. Ada begitu banyak cara untuk menjadi sukarelawan dalam struktur masyarakat kita yang lebih besar. Namun, Anda melakukannya, terhubung ke dunia di sekitar Anda dan membantu di mana pun Anda bisa adalah salah satu cara paling ampuh untuk menyalakan api kebahagiaan dan kepuasan dalam diri seseorang.

Baca juga: 5 Tips Yang Dapat Membuat Hidup Anda Kembali Seimbang

2. Bersyukurlah

Rasa syukur sulit didapat tanpa sedikit usaha. Dan itu seharusnya tidak mengejutkan. Bukankah selalu begitu dengan hal-hal yang penting? Tapi percayalah, perjuangan untuk bersyukur sepadan dengan usaha.

Penelitian telah menunjukkan "hubungan yang kuat" antara rasa syukur dan kesejahteraan seseorang (misalnya kebahagiaan mereka). Tindakan sederhana untuk memiliki sikap bersyukur dapat membantu memerangi hal-hal buruk seperti stres dan depresi, membantu kita menghargai hubungan yang sering tidak kita hargai, dan bahkan memberikan hadiah kecil yang tersembunyi seperti tidur yang lebih nyenyak.

Jadi, bagaimana cara kita mengumpulkan rasa syukur? Salah satu cara termudah untuk melatih rasa syukur adalah dengan meluangkan waktu untuk menuliskan hal-hal yang Anda syukuri.

Jika Anda mencari perubahan nyata, tantang diri Anda untuk duduk sekali sehari dan menulis daftar tiga hingga lima hal yang Anda syukuri. Tulisan tangan jauh lebih pribadi dan dapat membantu kita memikirkan lebih lama setiap subjek daripada hanya mengetiknya.

Jangan khawatir jika sulit untuk memulai. Ketika kita berjuang untuk bersyukur, mungkin sulit untuk melihat semua alasan mengapa kita harus bahagia. Namun, kemungkinannya, begitu Anda menyelesaikannya, Anda akan menulis lebih dari lima hal per-hari.

3. Menjadi Relawan

Sangat mudah untuk memutar mata ketika kita mendengar tentang menjadi sukarelawan. Lagi pula, bukankah itu hanya menyedot lebih banyak waktu kita yang berharga? Jawabannya adalah tidak.

Kesukarelawanan tidak hanya memenuhi panggilan komunitas yang telah kita sentuh, tetapi juga membuka pintu bagi kita untuk mempelajari keterampilan baru. Ini sering kali merupakan motivasi yang sama kuatnya dengan gaji dan dapat memberikan manfaat lebih lama bagi kehidupan dan kebahagiaan kita, membuka pintu baru dan memungkinkan kita untuk berjejaring dengan individu lain yang berpikiran sama.

Meskipun kita telah membahas pentingnya bergabung dengan komunitas kita, dalam hal menjadi sukarelawan, pertimbangkan dengan serius di mana Anda mencoba bergabung dalam kesenangan. Cobalah untuk menemukan usaha nirlaba terdekat yang secara langsung sejalan dengan hasrat Anda sendiri, memberi Anda kesempatan untuk mencurahkan diri Anda ke dalam sesuatu yang benar-benar Anda pedulikan.

Jika Anda tidak dapat melakukannya, carilah sesuatu yang akan menantang Anda, membantu menyempurnakan kepribadian dan keahlian Anda dalam prosesnya.

Baca juga: 5 Hal Paling Penting dalam Hidup yang Akan Anda Sesali Jika Tidak Mengejarnya

4. Habiskan Waktu Bersama Teman dan Keluarga

Jangan pernah meremehkan kekuatan teman dan keluarga. Ini adalah orang-orang yang dapat Anda andalkan untuk berada di sisi Anda melalui suka dan duka, di saat suka dan duka, di saat sedih dan bahagia. Seorang teman mewakili hubungan yang patut diperhatikan dan yang, jika dipelihara, dapat menghasilkan kebahagiaan sejati dalam hidup kita.

Keluarga mengambil konsep persahabatan yang sama dan menaikkannya. Ikatan antar anggota keluarga sangat kuat. Ketika tegang atau patah, itu bisa menjadi penyebab besar kesusahan dan depresi dalam hidup kita. Luangkan waktu untuk menjangkau orang yang Anda cintai dengan cara yang berarti. Ini sesederhana itu.

Anda tidak perlu membelikan mereka barang-barang atau melampaui dan melampaui sikap normal dan penuh kasih. Pelukan sederhana, ciuman, panggilan telepon, teks, catatan, atau pengakuan lain bahwa Anda memikirkannya dapat melakukan keajaiban dalam menyatukan keluarga dan teman, menumbuhkan kebahagiaan yang kita semua bagikan dalam prosesnya.

5. Kurangi Ketergantungan Anda dengan Teknologi

Studi demi studi menunjukkan bahwa kebahagiaan bukanlah sesuatu yang dapat Anda beli atau temukan secara online. Faktanya, perhatian kita yang terus-menerus pada perangkat dan “gaya hidup online” kita tidak menghasilkan apa pun selain kebahagiaan. Sebaliknya, penting bagi kita untuk meluangkan waktu untuk mematikan perangkat tersebut, keluar dari akun media sosial tersebut, dan fokus pada orang-orang terkasih yang berada tepat di depan kita.

Jika Anda seperti kebanyakan dari kita yang berjuang untuk menyeimbangkan teknologi dalam hidup kita, mungkin ide yang baik untuk memiliki hari "istirahat" ketika Anda tidak menggunakan layar apa pun. Anda bahkan dapat menetapkan jam pagi dan malam bahwa Anda menolak untuk menyentuh perangkat Anda.

Itu hanya setengah dari pertempuran. Setelah teknologi dimatikan, saat itulah Anda dapat mulai melakukan upaya yang berarti untuk terhubung dan terikat dengan teman dan keluarga, sukarelawan, dan sebagainya.[shf/timBX]

Tags :

#
tips,
#
tips untuk pria,
#
tips agar hidup anda lebih bahagia,
#
rahasia agar hidup anda bahagia