MENU
icon label
image label
blacklogo

Sony Hadirkan Konsol Genggam Project Q Untuk Streaming Game PS5

MAY 25, 2023@18:00 WIB | 382 Views

Baru-baru ini, Sony menghadirkan sebuah konsol genggam yang ditujukan untuk streaming game PS5 yang diberi nama Project Q. Konsol ini ditujukan dalam acara tahunan Playstation Showcase dan masih dalam status perkenalan alias belum dijual ke publik.

Dilansir The Verge, Kamis (25/5/2023), dengan konsol ini, pengguna bisa streaming berbagai game-game non VR yang tersedia di PS5. Caranya adalah dengan memanfaatkan Remote Play yang memanfaatkan Wi-Fi dan diatur dari konsol PS5 pengguna.

Dalam presentasinya, CEO Sony Interactive Entertainment, Jim Ryan menyebut konsol ini akan terhubung dengan kontroler Dual Sense secara wireless. “Layar pada konsol genggam Project Q ini memiliki ukuran 8 inch yang bisa digunakan untuk streaming berbagai game yang dimainkan di PS5”, paparnya.

Secara spesifikasi, Project Q menggunakan layar dengan panel PCD yang memiliki resolusi hingga 1080p alias FHD. Konsol ini bisa memainkan game yang punya frame rate 60fps. Project Q juga masih menghadirkan beberapa fitur di stik Dual Sense seperti  Adaptive Trigger serta Haptic Feedback.

Dalam presentasi tersebut, Sony menyebut bahwa bagi yang ingin menggunakan perangkat ini hanya bisa dilakukan di game yang sudah pengguna beli atau download. Sony juga menjelaskan bahwa perangkat ini hanya sebagai pendamping alias bukan dimainkan di perangkat Project Q seperti yang dipakai Steam Deck dan Nintendo Switch.

Sony juga menambahkan bahwa Project Q tidak bisa digunakan untuk streaming game yang berbasis Cloud. Tapi dengan maraknya penggunaan Cloud untuk streaming game, bukan tidak mungkin pihak Sony akan mendukung penggunaan cloud untuk streaming game di konsol Project Q ini.

Dan juga, untuk saat ini Sony belum mengumumkan harga resmi serta penjualan resmi dari Project Q ini. Namun sebelum pengguna bisa membeli dan menggunakan Project Q ini, pengguna bisa streaming game PS5 dengan memanfaatkan fitur Remote Play yang bisa dimainkan di perangkat Android, Iphone, Mac, serta WIndows. [edo/timBX]

Tags :

#
sony,
#
project q,
#
ps5,
#
playstation 5