MENU
icon label
image label
blacklogo

Simak Bocoran Google Pixel 5 dan Pixel 4a 5G

OCT 05, 2020@13:30 WIB | 107 Views

Sudah sebulan sejak Google mengumumkan produk ponsel pintar dengan harga terjangkau, Pixel 4a. Belum lama ini, pabrikan kembali membocorkan mengenai perilisan produk baru yakni Google Pixel 5 dan Google Pixel 4A versi 5G.

Untuk Google Pixel 5, perusahaan mengklaim hanya akan memproduksinya sebanyak 800 ribu unit saja. Ditambah dengan dua model di bawahnya, yakni Google Pixel 4a dan Pixel 4A (5G), total produksinya hanya sekitar 3 juta unit. Jauh lebih rendah dari produksi ponsel tahun lalu yang mencapai 7,2 juta unit.

Jelas bahwa kemerosotan angka produksi merupakan efek dari pandemi covid-19. Google bahkan tak mampu memenuhi target penjualan, yang diharapkan menembus angka 10 juta unit. Alih-alih menaruh minat pada perbaruan perangkat elektronik, masyarakat berbondong-bondong membekali diri dengan produk alat kesehatan, webcam dan sepeda.

Disebut-sebut sebagai ponsel teranyar dari perusahaan, Google Pixel 5 resmi diluncurkan pada 1 Oktober lalu. Ponsel ini dirilis dalam sebuah acara virtual bertajuk "Launch Night In" yang ditayangkan secara langsung di YouTube pada Kamis (1/10/20).

Perilisan resmi ini pun segera mengkonfirmasi rumor yang selama ini beredar. Salah satu peningkatan mencolok adalah konektivitas yang mendukung jaringan 5G. Meski demikian, Google tidak membenamkan chipset kelas atas dan melengkapi produknya dengan System-on-Chip (SoC) kelas menengah, Qualcomm Snapdragon 765G. SoC ini dipadankan dengan RAM 8GB dan memori penyimpanan 128GB.

Beralih ke aspek fotografi, Pixel 5 mendapat kamera ganda dengan resolusi 12MP untuk kamera utama dan 16MP untuk kamera sekunder yang mendukung ultrawide. Di bagian depan ponsel, terdapat kamera selfie 8MP, layar bermateri OLED berukuran 6inci  dengan resolusi full HD Plus, dan refresh rate 90 Hz.

Adapun Google Pixel 4a versi 5G datang sebagai produk peningkatan dari Pixel 4a, berkat embel-embel dukungan konektivitas 5G. Selain itu, perbedaan lainnya terletak pada ukuran layar yang lebih luas dari 5.8 inci menjadi 6.2 inci, dengan resolusi Full HD Plus.

Sebagai otaknya, Pixel 4a mendapat chipset yang sama dengan Pixel 5, yakni Qualcomm Snapdragon 765G. Hanya saja, kapasitas RAM-nya lebih kecil dengan 6GB dan memori 128 GB. Beralih ke kamera, Pixel 4a (5G) mendapatkan kamera ganda sama seperti Google 5A. Kamera utama berukuran 12 MP dan kamera sekunder 16MP yang memiliki fungsi ultrawide.

Untuk harga, Google Pixel 5A dibanderol dengan $799 dolar AS atau Rp11,8 juta rupiah. Sementara Google Pixel 4a (5G) dipasarkan dengan $499 dolar AS atau sekitar Rp7,4 juta rupiah. Jadi, Anda lebih tertarik produk yang mana? [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
google pixel 5,
#
google pixel 4a,
#
spesifikasi google pixel 4a,
#
spesifikasi google pixel 5