MENU
icon label
image label
blacklogo

Sencrop Merupakan Platform Data Untuk Membantu Petani Mengelola Lahan

FEB 02, 2019@12:00 WIB | 163 Views

Temui Sencrop, perusahaan startup asal Perancis yang ingin memberdayakan petani dengan menggunakan sensor, platform data dan pasar layanan. Perusahaan baru-baru ini mengumpulkan putaran pendanaan sebesar $ 10 juta.

Putaran Seri A dipimpin oleh Bpifrance bersama dengan NCI Waterstart, Nord Capital, dan The Yield Lab yang juga ikut berpartisipasi. Investor yang sudah ada Demeter dan Breega Capital juga diinvestasikan kembali.

Bagi anda seorang petani dan sedang memulai dalam hal meningkatkan data, Sencrop ingin menjadi toko serba ada untuk semua kebutuhan digital anda. Perusahaan ini menjual stasiun yang terkoneksi yang mampu mengukur suhu, kelembaban, curah hujan, kecepatan angin, dll.

Setiap stasiun dibanderol berkisar antara € 300 dan € 500 (antara $ 340 dan $ 570) dan anda bisa miliki sebanyak yang diinginkan. Menariknya, karena mudah anda bisa menginstal stasiunnya sendiri.

Setelah itu, anda membayar biaya berlangganan untuk mengakses platform. Harganya sekitar € 150 hingga € 300per tahun ($ 170 hingga $ 340). Selain pembacaan sensor langsung, Sencrop dapat membantu anda memprediksi langkah selanjutnya.

"Di sisi lain platform, ada orang-orang yang menyiarkan layanan kepada petani," kata co-founder dan CEO Michael Bruniaux kepada TechCrunch. "Misalnya, kita dapat memprediksi penyakit dan petani tahu apakah mereka membutuhkan produk atau tidak untuk mencegah penyakit."

Anda bisa membayangkan pasar penuh di masa mendatang. Misalnya, ini bisa menjadi cara yang baik untuk berlangganan produk asuransi, memesan bibit atau menghubungi perusahaan dan koperasi dan perusahaan yang bersedia membeli hasil panen anda.

Memang, 5.000 petani, pembuat anggur dan arborists sudah menggunakan platform ini untuk memantau lahan mereka. Sebagian besar dari mereka saat ini berbasis di Eropa.

Sencrop perlahan membangun komunitas petani dengan menggabungkan semua titik data. Misalnya, jika orang lain yang tinggal tidak jauh dari anda juga menggunakan Sencrop, anda akan mendapatkan perkiraan dan wawasan darinya.

Perusahaan ini pertama kali memulai perjalanan karirnya dengan tanaman kentang, kebun anggur dan sereal. Tetapi sekarang, anda dapat menemukan semua jenis profil di Sencrop. Beberapa petani memiliki sebidang tanah kecil dengan luas kurang dari 100 hektar sementara yang lain memiliki lahan yang sangat luas.

Dengan putaran pendanaan ini, Sencrop ingin meningkatkan skala komunitas dan memperluas ke pasar yang lebih baru.[tje/tmBX]

Tags :

#
sencorp,
#
bertani,
#
startup