MENU
icon label
image label
blacklogo

Startup Kaesang Lolos pada Angkatan 4 GK-PNP

MAY 04, 2019@11:32 WIB | 162 Views

Akselerator GK-Plug and Play (GK-PnP) Indonesia membuka peluang lagi bagi perusahaan rintisan teknologi yang ingin brgabung ke dalamnya. GK Plug and Play Indonesia sendiri merupakan unit bisnis Plug and Play yang ada di Indonesia.

Sebagaimana diketahui bahwa Plug and Play merupakan akselerator perusahaan rintisan basis teknologi yang kantor pusatnya berada di Silicon Valley, AS.  Akselerator memiliki berbagai jaringan yang mencakup investor, korporasi, dan partner dan bidang lainnya.

Menurut Wesley, GK-PnP Indonesia sudah berhasil membina 20 startup di Indonesia melalui program akselerasi yang diselenggarakan dua angkatan per tahunnya. Sudah meloloskan selama 3 angkatan, di angkatan ke empat GK PnP menghasilkan 16 perusahaan rintisan yang lolos.

Satu dari enam belas perusahaan yang berhasil luus dari program GK PnP adalah TernaKopi yang merupakan milik Kaesang Pangarep. Sebagaimana telah diketahui banyak orang bahwa putera kedua Bapak Presiden Joko Widodo ini adalah pengusaha di bidang kuliner, khusunya pisang dan kopi.

Perusahaan yang lulus program akselerasi angkatan 4 terdiri dari perusahaan dalam dan luar negeri. Bidang usahanya meliputi internet of things (IoT) dan mobilitas, makanan dan agrikultur, teknologi fnansial dan asuransi.

Pada angkatan ke-4 ini, terdapat sebanyak 10 startup binaan dalam negeri yang diantaranya adalah ATM Sehat, Piniship, Ternak Kopi, Rara Delivery,  Bizhare, Logicnesia, Redkendi, Bandingin, Lacak.io dan juga PayOK. Sedangkat, sebanyak 6 startup berasal dari luar negeri diantaranya yaitu Intello PolicyPal asal Singapura, Labs asal Amerika Serikat, Magpie asal Filipina, Aquifi asal Amerika Serikat, dan Coinhako asal Singapura.

Seluruh perusahan rintisan teknologi yang dibina oleh GnK PnP telah lulus melalui tahapan program akselerasi selama jangka waktu 3 bulan. Melalui program akselerasi ini, perusahaan  tersebut nantinya akan melaksanakan sejumlah program serta mendapatkan fasilitas.

Fasilitas yang diberikan GK PnP berupa akses bagi pemodal ventura, program mentoring, media, perlengkapan keperluan usaha, co-working space, pengenalan investasi awal dan koneksi juga peluang untuk bekerjasama dengan enam perusahaan yang merupakan mitra dari ekosistem GK PnP.

Ke-16 perusahaan rintisan tersebut  juga telah mendapatkan pendanaan senilai lebih dari 20 juta dolar Amerika. Hal ini menunjukkan adanya perkembangan yang cukup pesat dibanding tahun lalu yang hanya mendapatkan 5 juta dolar Amerika juga. Saat ini sudah ada lebih dari 25 kolaborasi antara perusahan dan corperate melalui binaan dari GK PnP.

Tags :

#
gk-pnp,
#
startup,
#
usaha rintisan,
#
blacktech